Profil Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP dengan Graded Response Models

Authors

  • Gita Alexandra Universitas Kristen Satya Wacana
  • Novisita Ratu Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.480

Keywords:

berpikir kritis, graded response models

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan elemen penting yang harus dimiliki siswa di sekolah. Namun kenyataannya kemampuan berpikir kritis yang dimiliki siswa saat ini berada pada kategori rendah. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk melatih berpikir kritis adalah dengan membiasakan siswa berlatih soal untuk mengembangkan pemikirannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP dengan Graded Response Models (GRM). Kriteria berpikir kritis yang dijadikan acuan dalam penelitian ini adalah FRISCO (focus, reason, inference, situation, clarity dan overview). Subjek penelitian adalah 3 orang siswa SMP Pangudi Luhur Salatiga. Ketiga subjek diambil berdasarkan tiga kategori, yaitu siswa dengan kategori kemampuan  tinggi yaitu subjek A, berkemampuan sedang yaitu subjek B dan berkemampuan rendah yaitu subjek C. Hasil estimasi parameter kemampuan berpikir kritis matematis siswa menunjukan bahwa subjek A memenuhi kriteria (focus, reason, clarity dan overview). Subjek B memenuhi kriteria (reason dan clarity). Subjek C memenuhi kriteria (situation). Berdasarkan perhitungan estimasi parameter butir soal dengan GRM, ketiga subjek memiliki kemampuan berpikir kritis rata-rata dengan nilai kemampuan antara 1,00 sampai -1,00.

References

Anasha, Z. (2013). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Siswa Dengan Menggunakan Graded Response Models. PROSIDING UNY.

Desmita. (2009). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Hendriani. (2016). Pengembangan Tes Berpikir Kriris Dengan Pendekatan Item Response Theory. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan

Khasanah, N. (2015). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VA. Jurnal UIN Surabaya

Novitasari. (2012). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Berbantu Alat Peraga. E-jurnal UMS.

Sari, T. N. (2017). Profil Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Siswa Ditinjau Dari Kemampuan Spasial Dengan Menggunakan Graded Response Models. Ejournal UIN Sunan Ampel.

Septarini. (2016). Pengembangan Tes Berpikir Kritis Dengan Pendekatan Item Response Theory. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan

Downloads

Published

2018-01-31

How to Cite

Alexandra, G., & Ratu, N. (2018). Profil Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP dengan Graded Response Models. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 103–112. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.480

Issue

Section

Articles