Profil Penyelesaian Soal Trigonometri Ditinjau dari Kemampuan Matematika

Authors

  • Vina Budiarti STKIP PGRI Sidoarjo
  • Lestariningsih STKIP PGRI Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i2.508

Keywords:

profil, kemampuan matematika, penyelesaian soal, persamaan trigonometri, profile, problem solving, trigonometry equation, mathematical ability

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mendiskripsikan profil penyelesaian soal persamaan trigonometri siswa SMA kelas XI ditinjau dari kemampuan matematika. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Wonoayu. Subjek penelitian ini adalah 3 siswa kelas XI, yaitu: 1 siswa berkemampuan matematika tinggi, 1 siswa berkemampuan matematika sedang, dan 1 siswa berkemampuan matematika rendah. Instrumen pendukung yang digunakan dalam penelitian terdiri dari: 1. Tes kemampuan matematika untuk pemilihan subjek; 2. Tes menyelesaikan soal; 3. Wawancara yang diajukan pada masing-masing kategori siswa untuk mengetahui keabsahan dari jawaban yang telah dikerjakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: profil penyelesaian soal persamaan trigonometri siswa SMA kelas XI di SMA Negeri 1 Wonoayu ditinjau dari kemampuan matematikanya, siswa yang memiliki kemampuan matematika tinggi mampu menyelesaikan soal dengan memenuhi semua indikator secara keseluruhan, siswa yang memiliki kemampuan matematika sedang belum mampu menyelesaikan soal dengan memenuhi semua indikator secara keseluruhan (siswa berkemampuan matematika sedang mampu memenuhi 5 indikator saja), siswa yang memiliki kemampuan matematika rendah tidak mampu menyelesaikan soal dengan memenuhi semua indikator secara keseluruhan.

The purpose of this study was to describe the profile of problem-solving in trigonometry equations of high school students of class XI-based mathematics ability. This type of research is qualitative research. This research was conducted at SMA Negeri 1 Wonoayu. The subjects of this study are 3 students of class XI, namely: a student with high mathematics ability, a student with moderate mathematics ability, and a student with low mathematics ability. The main instrument is the researchers and the supporting instruments used in the study consist of: 1. Mathematics ability test; 2. solving problem test; 3. Interview guideline. The results showed that the profile of problem-solving trigonometry equations of high school students of class XI in SMA Negeri 1 Wonoayu viewed from the mathematical ability, a student who has high mathematics ability to solve the problem by fulfilling all the indicators as a whole, students who has moderate mathematics ability is not yet able to solve the problem by meeting all indicators overall (math-capable students can meet only 5 indicators), student who has low mathematics ability is not able to solve the problem by meeting all indicators overall.

References

Alwi, (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

Andreas, D. (2013). Proses Berpikir Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Turunan Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Independent dan Field Dependent. Jurnal. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pattimura.

Huljannah, dkk. (2015). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Persamaan dan Identitas Trigonometri Berdasarkan Kriteria Watson Di Kelas X SMA Al-Azhar Palu.

Krulik, Stephen and Rudnick, Jesse A. (1995). The New Source Book For Teaching Reasoning And Problem Solving In Elementary Scholl Massachusetts Allyn & Balcon.

Mahardiningrum, A.S. & Ratu, N. (2018). Profil Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Pangudi Luhur Salatiga ditinjau dari Berpikir Kritis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), halaman 75-84.

Mas’ula. (2015). Profil Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Operasi Aljabar Kelas VIII-A SMP Harapan Tulangan. Skripsi. Sidoarjo : STKIP PGRI Sidoarjo.

Miles, M. B., Huberman, A.M., & Saldana, J. (2014). Qualitative data analysis: a methods sourcebook. Washington DC: SAGE Publications, Inc.

NCTM. (1989). Curriculum and Evaluation Standards for School Mathematics. Reston, VA: Authur.

Pramithasari, V.W. (2013). Kemampuan Komunikasi Siswa dalam Menyelesaikan soal Matematika pada Sub Materi Belah Ketupat di Kelas VII Berdasarkan Perbedaan Gaya Kognitif.Skripsi. Sidoarjo: STKIP PGRI Sidoarjo.

Polya, G. (1973). How To Solve It A new Aspect Of Mathematical Method. By Princeton University Press.

Rahma, U. (2014). Profil Pemahaman Relasional Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Kemampuan Matematika. Skripsi. Sidoarjo: STKIP PGRI Sidoarjo.

Solaikah, dkk. (2013). Identifikasi Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Aritmatika Sosial Ditinjau dari Perbedaan Kemampuan Matematika. Jurnal. Sidoarjo: STKIP PGRI Sidoarjo.

Sumarmo, U. (2003). Daya dan Disposisi Matematik: Apa, Mengapa dan Bagaimana Dikembangkan pada Siswa Sekolah Dasar dan Menengah. Makalah disajikan pada Seminar Sehari di Jurusan Matematika ITB, Oktober 2003.

Susiani, D. (2009). Profil Fisik Atlet Taekwondo Sleman pada Porprof DIY. Skripsi. Yogyakarta: FIK UNY.

Wulandari, N.A.D. (2015). Eksplorasi Metakognisi Melalui Strategi Self Questioning dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Tingkat Kemampuan Matematika. Skripsi, tidak dipublikasikan. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Yulandari, T. I. (2012). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Materi Trigonometri untuk Siswa SMA Kelas X dengan Metode Penemuan Terbimbing. Jurnal Online Universitas Negeri Malang (Online). Vol.1, No.2, 10 halaman.

Downloads

Published

2018-05-30

How to Cite

Budiarti, V., & Lestariningsih. (2018). Profil Penyelesaian Soal Trigonometri Ditinjau dari Kemampuan Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 273–284. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i2.508

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 41 42 43 44 45 46 47 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.