Meningkatkan Hasil Belajar Siswa tentang Perkalian dan Pembagian Bilangan Cacah melalui Alat Peraga

Authors

  • Sri Suwarsih SD Negeri Cipedak 06 Pagi Kecamatan Jagakarsa Jakarta Selatan

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i3.525

Keywords:

hasil belajar, bilangan cacah, alat peraga, learning outcomes, enumeration numbers, teaching aids

Abstract

Berdasarkan pengalaman peneliti siswa kelas II, lemah dalam perkalian dan pembagian agar siswa kelas SD Negeri Cipedak 06 Pagi Kecamatan Jagakarsa Jakarta Selatan tidak mengalami kelemahan serupa maka perubahan pendekatan pembelajaran dengan menggunakan alat peraga. Hasil belajar digunakan guru untuk dijadikan ukuran atau criteria dalam mencapai suatu tujuan pembelajaran. Hal ini dapat tercapai apabila siswa sudah memahami belajar dengan diiringi oleh perubahan tingkah laku yang lebih baik lagi. Akan tetapi, hasil belajar matematika siswa pada umumnya belum menunjukkan hasil yang sesuai dengan yang diharapkan. Untuk itu, perlu ada kreativitas dari guru untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan mudah dimengerti oleh siswa. Salah satunya pembelajaran dengan menggunakan alat peraga. Alat peraga merupakan salah satu media yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dan dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemampuan siswa sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar pada diri siswa. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang pembelajaranya mengunakan alat peraga. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri Cipedak 06 Pagi Kecamatan Jagakarsa Jakarta Selatan. Jumlah siswa 29 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrument pengumpulan data. 
Berdasarkan dari jurnal harian siswa, sebagin besar siswa memberikan respon yang positif terhadap pembelajaran dengan mengunakan alat peraga. Based on the experience of the researchers of class II students, weak in multiplication and division so the students of Cipedak 06 Pagi Public Elementary School in Jagakarsa District, South Jakarta did not experience similar weaknesses, so the approach to learning by using props changed. Learning outcomes are used by teachers to be used as a measure or criterion for achieving an educational goal. This can be achieved if students have understood learning accompanied by better behavioral changes. However, students' mathematics learning outcomes in general have not shown results that are as expected. For that, there needs to be creativity from the teacher to create learning that is fun and easily understood by students. One of them is learning using teaching aids. Props are all things that can be used to channel messages and stimulate students' thoughts, feelings, attention, and abilities to encourage the learning process in students. This study uses a Classroom Action Research method in which learners use teaching aids. The subjects of this study were second-grade students of Cipedak 06 Pagi Elementary School, Jagakarsa District, South Jakarta. Number of students 29 people. The instrument used in this study is a data collection instrument. Based on students' daily journals,
most students give a positive response to learning using teaching aids. 

References

Afiah, E. (2010). Meningkatkan pemahaman siswa Kelas III SD dalam mata pelajaran Matematika Melalui Metode STAD. Syarat memperoleh

gelar sarjana pada FKIP Universitas Pakuan Bogor: tidak diterbitkan.

Afriansyah, E. A. (2012). Implementasi PMRI dalam Materi Sifat Komutatif dan Asosiatif pada Bilangan Bulat untuk Level Siswa SD/MI. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 67–72.

Anggraini, V., Jufri, L. H., dan Juliati, W. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Menggunakan Strategi Pembelajaran Make a Match dan Index Card Match pada Siswa Kelas VIII SMPN 1 Koto XI Tarusan Tahun Pelajaran 2016/2017. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 201–206.

Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Florayu, B., Isnaini, M., dan Testiana, G. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Komik terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Palembang. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 45–51.

Hamalik, O. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara. Hal. 157-159.

Julita. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemecahan dan Hasil Belajar Matematika melalui Problem Based-Learning. Mosharafa: Jurnal

Pendidikan Matematika, 7(1), 143–154.

Madio, S. S. (2012). Model Pembelajaran Generatif dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 29–34.

Nst, M. N. dan Rahmi, R. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah disertai Teknik Berikan Uangnya terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 16 Padang. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 273–278.

Nugraha, A. dan Sundayana, R. (2014). Penggunaan Alat Peraga sebagai Upaya untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dalam Memahami Konsep Bentuk Aljabar pada Siswa Kelas VIII di SMPN 2 Pasirwangi. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(3), 133–142.

Putri, K. C. dan Sutriyono. Pengaruh Metode Pembelajaran STAD terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas VIII. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 295–306.

Razak, F. dan Kamaruddin, R. (2018). Pengaruh Sikap Ilmiah Siswa terhadap Hasil Belajar Materi Bangun Ruang Siswa Kelas VIII SMP Negeri

Minasatene. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 133–142.

Sari, E. F. P. (2016). Penerapan Model Active Knowledge Sharing dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII di SMPN 18 Palembang. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 335–342.

Sari, S. P. dan Madio, S. S. (2013). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 37–54.

Tarusu, D. T. (2018). Kemampuan Pedagogik Matematika SD pada Mahasiswa PGSD FIP UNIMA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 263–272.

Warti, E. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SD Angkasa 10 Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 177–185.

Downloads

Published

2018-09-30

How to Cite

Suwarsih, S. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa tentang Perkalian dan Pembagian Bilangan Cacah melalui Alat Peraga. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 433–444. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i3.525

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.