Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Scientific yang Berorientasi pada Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa

Authors

  • Iik Nurhikmayati Universitas Majalengka
  • M. Gilar Jatisunda Universitas Majalengka

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i1.534

Keywords:

bahan ajar, kemampuan berpikir kritis matematis, scientific

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan bahan ajar matematika berbasis scientific untuk siswa SMP yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif yang berorientasi pada kemampuan berpikir kritis matematis. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development, R&D) menurut Borg & Gall yang terdiri atas tiga langkah utama yaitu studi pendahuluan, desain produk serta pengembangan dan evaluasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Palasah dengan Instrumen berupa instrumen tes kemampuan berpikir kritis, lembar validasi para ahli, lembar penilaian kepraktisan dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar matematika berbasis scientific yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif ditinjau dari kemampuan berpikir kritis matematis. Uji perbedaan keefektifan ini menggunakan uji multivariat Hotteling’s Trace dan uji perbandingan keefektifan menggunakan uji statistik univariat between group yang menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis scientific yang digunakan kelas uji coba lebih efektif dibandingkan bahan ajar buku paket biasa yang digunakan pada kelas kontrol.

References

Azwar, S. (2015). Tes Prestasi: fungsi pengembangan pengukuran prestasi belajar (edisi kedua). Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Anitasari, E. (2015). Efektivitas pembelajaran matematika dengan pendekatan scientific berbasis teori kecerdasan majemuk ditinjau dari kemampuan berpikir kritis matematis dan kemandirian belajar siswa smp kelas VIII. Thesis UNY

Borg, W. R & Gall, M. D. (1983). Educational Research: An Intriduction (4th ed). New York City: Longman.

Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar.

Fisher, A. (2009). Berpikir Kritis: Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga.

Hope, Gerde. K dkk. (2013). Using the Scientific Method to Guide Learning: An Integrated Approach to Early Childhood Curriculum. Early Childhood Educ Journal (Vol 41 No 5)

Jumaisyaroh, T. E.E. (2014). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa SMP Melalui pembelajaran Berbasis Masalah. JURNAL KREANO, ISSN: 2086-2334 Diterbitkan Oleh Jurusan Matematika FMIPA UNNES Volume 5 Nomor 2 Bulan Desember Tahun 2014

Kemendikbud. (2013). Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standarsan Proses. Jakarta: Kemendikbud.

Maryati, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Materi Statistika Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 467-476.

Niveen, N. (1999). Computer support for curriculum developers: A study on the potential of computer support in the domain of formative evaluation. Doctoral dissertation, University of Twente, Enschede, The Netherlands.

Ramziah, S. (2016). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas X2 SMAN 1 Gedung Meneng Menggunakan Bahan Ajar Matriks Berbasis Pendekatan Saintifik. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 138-147.

Razak, F. & Kamaruddin, R. (2018). Pengaruh Sikap Ilmiah Siswa terhadap Hasil Belajar Materi Bangun Ruang Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Minasatene. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 138-147.

Santrock, John W. (2007). Perkembangan Anak. Jakarta. Erlangga.

Soeprapto. (2001). Membuat Manusia Berpikir Kreatif dan Inovatif. Bandung: Nuansa

Syahbana, A. (2012). Peningkatan Kekmampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning. Jurnal Edumatica(Online), 2(1).

Downloads

Published

2019-01-31

How to Cite

Nurhikmayati, I., & Jatisunda, M. G. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Scientific yang Berorientasi pada Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 49–60. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i1.534

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 29 30 31 32 33 34 

You may also start an advanced similarity search for this article.