Pengaruh Penggunaan Lembar Aktivitas Siswa Berbasis Metode Penemuan Terbimbing terhadap Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i1.538Keywords:
lembar aktivitas siswa, penemuan terbimbing, representasi matematisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penggunaan Lembar Aktivitas Siswa (LAS) berbasis metode penemuan terbimbing terhadap kemampuan representasi matematis siswa SMP. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan Pretest Posttest Control Group Design. Penelitian ini dilakukan di SMPN 3 Rambah pada siswa kelas VII. Data yang dikumpulkan adalah data peningkatan kemampuan representasi matematis siswa. Instrumen yang digunakan adalah soal essay yang disusun berdasarkan indikator kemampuan representasi matematis. Hasil analisis data menggunakan uji Mann Whitney diperoleh nilai Zhitung yaitu 2,13 dan nilai Ztabel yaitu 1,96. Hal ini berarti Zhitung > Ztabel dengan demikian sesuai kriteria penguhian hipotesis, Ho ditolak. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan LAS berbasis metode penemuan terbimbing terhadap peningkatan kemampuan representasi matematis siswa SMP.
References
Achera, L.J, Belecina, R.R dan Garvida, M.D. (2015). The Effect of Group Guided Discovery Approach on The Performance of Students in Geometry. International Journal of Multidiciplinary Research and Modern Eductaion (IJMRME) 1(2),331-342
Alam, Z.I. dan Razak, F. (2018). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Berbasis Metode Penemuan Terbimbing untuk Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Segeri. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 1-11
Annajmi, dan Azra, A. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Metode Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematik Siswa Kelas VII SMP Islam Kepenuhan Kabupaten Rokan Hulu. Jurnal Eksakta Pendidikan, 1(1), 39-46
Annajmi. (2016). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematik Siswa SMP Melalui Metode Penemuan Terbimbing Berbantuan Software Geogebra di SMPN 25 Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Edu Research 5 (2), 67 – 74
Dahar, R.W. (2011). Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga
Goldin, (2002). Representation in Mathematical Learning and Problem Solving. Handbook of International Research in Mathematics Education. London: Lawrence Erlbaum Associates, Year Book.
Hake, R. R. (1999). Interactive-Engagement vs Traditional Methoeds: A Six-Thousand-Student Survey of Mechanics Test Data for Introductoru Physics Courses. American Journal of Physics.
Kurniawati, V dan Rizkianto, I. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Guided Inquiry dan Learning Trajectory Berorientasi pada Kemampuan Pemecahan Masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 369-380
Lisnani, dan Asmaruddin, S.N. (2018). Desain Buku Aajar Matematika Bilingual Materi Bangun Datar Menggunakan Pendekatan PMRI Berkonteks Kebudayaan Lokal. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 345-356
Mahmudah, C. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Statistika SMP dengan Pendekatan Saintifik. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. (3)2, 173-183.
Meltzer, D.E. (2002). The Relationship Between Mathematics Preparation and Conceptual Learning Gain in Physics: A Possible “hidden variable” in Diagnostic Pretest Scores. American Association of Physics Teachers. Am.J.Phys. 70 (12)
National Council of Teachers of Mathematics. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. United State: Nasional Council of Teachers of Mathematics, Inc.
Prasad, K.S, (2011). Learning Mathematics by Discovery. Academic Voices A Multidisciplinary Journal 1 (1)
Purba, D. G. I, Surya, E, Manullang, M, Asmin. (2018). The Effect of Students Worksheet in the Model of Discovery Learning Againts the Students Ability of Reasoning and Mathematical Communication in the Faculty of Mathematics and Natural Science of State University of Medan. International Journal of Science: Basic and Aplied Research (IJSBAR) 37(3), 70-82
Rosidi, I. (2016). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Berorientasi Pembelajaran Penemuan Terbimbing (Guided Discovery Learning) untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Pena Sains 3(1)
Sundayana, R. (2013). Media Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta
Wulandari, I G.A.P.A, Sadijah, C. Asari, A.R, dan Rahardjo, S. (2018). Modified Guided Discovery Model: A conceptual Framework for Designing Learning Model Using Guided Discovery to Promote Students Analytical Thinking Skills. 2nd International Conference on Statistics, Mathematics, teaching dan Research, Journal of Physics: Conf.Series.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.