Eksplorasi Penalaran Logis Calon Guru Matematika Melalui Pengintegrasian Pendekatan STEM dalam Menyelesaikan Soal

Authors

  • Edy Setiyo Utomo STKIP PGRI Jombang
  • Fatchiyah Rahman STKIP PGRI Jombang
  • Ama Noor Fikrati STKIP PGRI Jombang

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.588

Keywords:

logis, penalaran, STEM, logical, reasoning

Abstract

Rendahnya kemampuan penalaran menjadi penyebab rendahnya prestasi matematika. Diperlukan solusi, diantaranya STEM. Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi penalaran logis calon guru matematika melalui pengintegrasian pendekatan STEM dalam menyelesaikan soal matematika. Jenis penelitian yaitu kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian adalah seorang mahasiswa calon guru matematika yang dipilih secara purposive sampling. Instrumen penelitian meliputi utama dan pendukung yaitu TPL dan pedoman wawancara. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, interpretasi data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan subjek melakukan eksplorasi software Geogebra untuk mengidentifikasi informasi yang diperlukan sesuai pengetahuan yang dimiliki. Subjek juga melakukan beberapa teknik mengoperasikan aplikasi Geogebra, seperti dilatasi dan refleksi. Selanjutnya subjek menekankan beberapa titik-titik koordinat selama membuat grafik fungsi yang ditunjukkan software Geogebra untuk membuktikan jawabannya melalui subtistusi setiap titik-titiknya. Subjek meyakini kebenaran hasil yang ditunjukkan pada Geogebra. Pengintegrasian teknologi dalam setiap matakuliah diperlukan agar mahasiswa dapat mengembangkan penalaran logis dalam menyelesaikan masalah matematika.

The low reasoning ability is the reason for low mathematical achievement. A solution is needed, including STEM. This research has aimed to explore the logical reasoning of mathematics teacher candidate through integrating the STEM approach in solving a math problem in a task. This research uses descriptive qualitative. The subject of this research is the students of the mathematics education program of STKIP PGRI Jombang. These research instruments involve main and supportive that consist of TPL and interview. In analyzing data, it consists of reduction data, presentation data, interpretation data, and conclusion. The result of this research shows that the subject does exploration through "Geogebra" to identify the information which is appropriate with its knowledge. The subject also does several techniques in operating "Geogebra", such as dilated and reflection. Moreover, the subject emphasizes several coordinate points while making a graphic of function which is shown in "Geogebra", because it is suitable for things that have already done in a worksheet. Integrating technology in each course is needed so that students can develop logical reasoning in solving mathematical problems.

References

Afriansyah, E. A. (2016). The Use of Realistic Approach to Enhance Students' Mathematical Problem Solving Skills. International Conference on Elementary and Teacher Education ICETE.

Alam, Z. I., & Razak, F. (2018). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Berbasis Metode Penemuan Terbimbing Untuk Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Segeri. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1). 1-12. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1

Asrawati, N. (2012). Eksplorasi Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematika Setelah Diterapkan Strategi Think-Talk-Write Setting Kooperatif Berdasarkan Gender PadaSiswaKelas X SMK Kartika XX-1 Wirabuana Makassar. Tesis. Makassar: Program Pascasarjana UNM

Mangelep, N. O. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Pada Pokok Bahasan Lingkaran Menggunakan Pendekatan Pmri Dan Aplikasi Geogebra. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 193-200. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i2.306

Mardiani, D. (2019). Model Accelerated Learnign Cycle Dalam Pembelajaran Pertidaksamaan Linier Dan Nilai Mutlak. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3). 483-492. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.537

Nopiyani, D., Turmudi, & Prabawanto, S. (2016). Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik Berbantuan GeoGebra untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 45-52. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.259

Gonzalez, H. B. dan Kuenzi, J. J. (2012). Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Education: A Primer. Congressional Research Service, 1-27 hlm. [Online], (https://fas.org/sgp/crs/misc/R42642.pdf), diakses 15 Juni 2019.

Permanasari, A. (2016). STEM Education: Inovasi dalam Pembelajaran Sains. Seminar Nasional Pendidikan Sains: Peningkatan Kualitas Pembelajaran Sains dan Kompetensi Guru Melalui Penelitian dan Pengembangan dalam Menghadapi Tantangan Abad-21, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, 24-31 hlm. (Online), (http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snps/ article/view/9810), diakses 15 Juni 2019.

Puspitasari & Ratu, N. (2019). Deskripsi Pemahaman Konsep Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA pada Konten Space and Shape. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1). 155-166. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i1.431

Septiani, A. (2016). Penerapan Asesmen Kinerja dalam Pendekatan STEM (Sains, Teknologi, Engineering, Matematika) untuk Mengungkap Keterampilan Proses Sains. Seminar Nasional Pendidikan dan Saintek Isu-isu Kontemporer Sains, Lingkungan, dan Inovasi Pembelajarannya, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, 654-659 hlm. (Online), (https://publikasiilmiah.ums.ac.id /bitstream/handle/11617/7985/96.pdf?sequence=1), diakses 16 Juni 2019.

TIMSS. (2015). International Result in Since. International Study Center, 1-256 hlm

Rahadyan, A., Hartuti, P., M., & Awaludin, A., A., R. (2018). Penggunaan aplikasi geogebra dalam pembelajaran matematika di sekolah menengah pertama. Jurnal PKM: Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1). 11-19. DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v1i01.2357

Ramdhani, S. (2017). Kemampuan Penalaran Analogis Santri Dalam Geometri: Penelitian Kualitatif Di Sebuah Pondok Pesantren. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 385-396. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i3.327

Utami, N., T., Jatmiko, A., & Suherman. (2018). Pengembangan Modul Matematika dengan Pendekatan Science, Technology, Engineering, And Mathematics (STEM) pada Materi Segiempat. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2). 165-172. DOI: https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2388

Utomo, E.S., Rahman, F. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check Terhadap Hasil Belajar Siswa. Diambil kembali http://seminar.uny.ac.id/semnasmatematika/sites/seminar.uny.ac.id.semnasmatematika/files/PM-7.pdf.

Winarni, J., Zubaidah, S., & Koes, S. (2016). STEM: Apa, Mengapa, Dan Bagaimana. Prosiding Semnas Pend IPA Pascasarjana UM. http://pasca.um.ac.id/wp-content/uploads/2017/02/Juniaty-Winarni-976-984.pdf

Downloads

Published

2020-01-30

How to Cite

Utomo, E. S., Rahman, F., & Fikrati, A. N. (2020). Eksplorasi Penalaran Logis Calon Guru Matematika Melalui Pengintegrasian Pendekatan STEM dalam Menyelesaikan Soal. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 13–22. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.588

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.