Analisis Kesulitan Mahasiswa Pendidikan Matematika dalam Menyelesaikan Soal Limit Trigonometri

Authors

  • Yosepha Patricia Wua Laja Universitas Timor

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i1.685

Keywords:

Analisis Deskriptif, Kesulitan Mahasiswa, Limit Trigonometri, Descriptive Analysis, Student Difficulty, Limit Trigonometry

Abstract

Limit trigonometri menjadi salah satu materi penting pada mata kuliah Kalkulus. Namun mahasiswa mengakui bahwa sub-bab materi ini sangatlah sulit, sekalipun mereka sudah mempelajarinya di bangku sekolah menengah. Solusi yang ditawarkan adalah menganalisis kesulitan apa saja yang dialami mahasiswa. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kesulitan-kesulitan mahasiswa dalam menyelesaikan soal limit trigonometri dan penyebab kesulitannya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yaitu mahasiswa pendidikan matematika yang berjumlah 30 mahasiswa, kemudian dianalisis tiga jawaban mahasiswa yang mewakili kesalahan yang paling banyak dilakukan oleh mahasiswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes sebanyak dua nomor tentang limit trigonometri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan yang ditemui pada penelitian ini adalah kesalahan konsep, kesalahan operasi dan kesalahan prinsip.

Limit trigonometry is one of the important materials in Calculus courses. However, students admit that this sub-chapter of material is very difficult, even though they have studied it in high school. The solution offered is to analyze what difficulties are experienced by students. Therefore, the purpose of this study is to describe the difficulties of students in solving trigonometric limits and the causes of the difficulties. The research method used in this research is descriptive qualitative research. The research subjects were 30 students of mathematics education, then analyzed the three student answers that represented the most mistakes made by students. The research instrument used was a two-number test question about the limits of trigonometry. The results showed that the errors encountered in this study were conceptual errors, operating errors, and principal errors.

References

Abidin, Z. (2012). Analisis Kesalahan Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah IAIN Ar-Raniry dalam Mata Kuliah Trigonometri dan Kalkulus 1 Zainal. Jurnal Ilmiah Didaktika, XIII(1), 183–196.

Adhim, B. F., & Amin, S. M. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Limit Fungsi Trigonometri. MATHEdunesa, 8(2), 169–173.

Afriansyah, E. A. (2021). Realistic Mathematics Education Berbasis Emergent Modeling untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis serta Curiosity Mahasiswa Calon Guru (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Amiluddin, R., & Sugiman, S. (2016). Pengaruh Problem Posing dan PBL terhadap Prestasi Belajar, dan Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 100.

Ardiawan, Y. (2019). Pengaruh Kemampuan Berhitung dan Menyederhanakan Bentuk Aljabar terhadap Kemampuan Menyelesaikan Masalah Trigonometri. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 17(2), 121.

Basri, H., Kurnadi, B., Tafriliyanto, C. F., & Bayu, P. (2021). Investigasi Kemampuan Numerasi Mahasiswa Calon Guru Matematika. Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(2), 72–79.

Björklund, C., & Ahlskog-Björkman, E. (2018). From activity to transdisciplinarity and back again–preschool teachers’ reasoning about pedagogical goals. International journal of early years education, 26(1), 90-103.

Cumhur, F., & Guven, B. (2022). The effect of lesson study on questioning skills: improving students’ answers. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 1-27.

Dirgantoro, K. P. S. (2019). Analisis Kesulitan Mahasiswa PGSD pada Mata Kuliah Geometri. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(1), 13.

Fatimah, M., Asran, M., & Tampubolon, B. (2017). Penggunaan Media Manipulatif dalam Pembelajaran Penafsiran dan Pembulatan Bilangan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(2).

Prabandari, I. A. D. (2018). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Limit Fungsi Siswa Kelas XII IPA SMA Negeri 2 Mataram. Universitas Mataram.

Puspitasari, N. (2018). Kemampuan Mengajukan Masalah Direlasikan dengan Kemampuan Berpikir Logis Matematik. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 121-132.

Hong, D. S., & Choi, K. M. (2019). Challenges of maintaining cognitive demand during the limit lessons: understanding one mathematician’s class practices. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 50(6), 856-882.

Jajuli, D. (2020). Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik melalui Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dalam Mata Pelajaran Matematika Sub Tema Menentukan Limit Fungsi Trigonometri. Jurnal Penelitian Guru, 03(02), 302–310.

Kaunang, D. F. (2018). Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education dalam Pembelajaran Matematika Materi Persamaan Garis Lurus di SMP Kristen Tomohon. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 307-314.

Khaerunnisa, E., & Novaliyosi, N. (2018). Identifikasi Kecakapan Matematis Konteks Budaya Banten Pada Mahasiswa Di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 11(2).

Khairani, B. P., & Kartini, K. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Kelas XI SMA Pada Materi Matriks. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 505-514.

Khasanah, B. A., Nurohim, I., Taufiqoh, Z., Waluyo, S. (2020). LT Game 20 sebagai Media Pembelajaran Interaktif pada Materi Limit Trigonometri. E-DuMath, 6(2), 56–65.

Kurniawan, F. P., & Hariyanto, V. L. (2017). Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik di Jurusan Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Seyegan. E-Journal Pend. Teknik Sipil dan Perencanaan, 5(5), 1–7.

Laja, Y. P. W. (2020). Keefektifan Inquiry dan Learning Cycle 7e Ditinjau dari Hasil Belajar, Kemampuan Penalaran, dan Keterampilan Kolaboratif. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 1026–1035.

Leikin, R., Zazkis, R., & Meller, M. (2018). Research mathematicians as teacher educators: Focusing on mathematics for secondary mathematics teachers. Journal of Mathematics Teacher Education, 21(5), 451-473.

Miles, M. B. & Huberman, M. (1992). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.

Mulyawati, R., & Fitriani, N. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri Siswa Kelas XI Semester 1 SMA PGRI 1 Purwakarta. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(5), 517–528.

Nugraha, N., Kadarisma, G., & Setiawan, W. (2015). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Bentuk Aljabar pada Siswa SMP Kelas VII. Journal On Education, 01(02), 323–334.

Nurkamilah, P., & Afriansyah, E. A. (2021). Analisis Miskonsepsi Siswa pada Bilangan Berpangkat. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 49-60.

Putra, Z. H., Hermita, N., & Alim, J. A. (2021). Analisis Pengetahuan Matematika, Didaktika, dan Teknologi Calon Guru Sekolah Dasar Menggunakan Rasch Model. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 345-356.

Rahmawati, A. (2017). Analisis Kesalahan Mahasiswa Pendidikan Matematika dalam Menyelesaikan Soal Pertidaksamaan pada Mata Kuliah Kalkulus I. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 81–90.

Rufiatun, S. (2013). Identifikasi Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Limit Fungsi Trigonometri di Kelas XI IPA MA Darul Ulum Kotabaru Tahun Pelajaran 2012/2013.

Sudirman. (2013). The Profile of Students Mistakes in Answering Function Limit Questions and Alternative Solution to Overcome the Problems. Jurnal Daya Matematis, 1(2), 247–257.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumargiyani, & Nafi, B. (2020). Analisis Kesulitas Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Kalkulus Diferensial. PRISMA, Vol 3, 591–598.

Suryana, Rosmaya, E., Sudarsono, N., & Sundawan, M. D. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Limit Fungsi Trigonometri. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 5(2), 152–161.

Taufiq, I., & Agustito, D. (2021). Uji Kelayakan Modul Trigonometri Berbasis Ajaran Tamansiswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 281-290.

Verschaffel, L., Schukajlow, S., Star, J., & Van Dooren, W. (2020). Word problems in mathematics education: A survey. ZDM, 52(1), 1-16.

Downloads

Published

2022-01-30

How to Cite

Laja, Y. P. W. (2022). Analisis Kesulitan Mahasiswa Pendidikan Matematika dalam Menyelesaikan Soal Limit Trigonometri. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 37–48. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i1.685

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 33 34 35 36 37 38 39 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.