Kemampuan Mahasiswa Memahami Persamaan Diferensial Bernauli melalui Model Pembelajaran Game Menempel Nama

Authors

  • Dian Mardiani Institut Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.479

Keywords:

game, menempel nama, persamaan diferensial Bernauli

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil pengamatan penulis tentang bagaimana game menempel nama diterapkan di perkuliahan Persamaan Diferensial pada tema Persamaan Diferensial Bernauli? Ini merupakan penelitian deskriptif. Observasi dilakukan di salah satu kelas mata kuliah Persamaan Diferensial di STKIP Garut. Instrument penelitian yang digunakan berupa lembar observasi untuk mengeksplorasi bagaimana metode game menempel nama digunakan dalam suatu perkuliahan persamaan diferensial. Berdasar hasil observasi diperoleh game ini membuat peserta didik lebih bergairah mendrill kemampuannya dalam menentukan solusi suatu persamaan diferensial Bernauli secara mandiri. Drill berulang untuk mahir menggunakan prosedur tertentu tak terasa membosankan bagi peserta didik, dengan harapan namanya dapat tertempel lebih banyak dari teman lainnya. Dengan game ini, diperoleh produk berupa buku lipat warna warni berisikan soalyang beragam dan penyelesaiannya yang dapat digunakan sebagai bank soal.

References

Hamalik, O. (2003). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Mardiani, Dian. (2001). Karakteristik Gaya Belajar Matematika Siswa Berprestasi pada Sekolah Menengah Umum di Kec. Depok Kab. Sleman DIY Tahun Ajaran 2000/2001. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Mujahidin, Firdos. (2017). Strategi Mengelola Pembelajaran Bermutu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Riswanto, Ari. (2016) “Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization terhadap motivasi belajar mahasiswa”. Mosharafa, volume 5, nomor 3, September.

Sadiman, Arief SA dkk. (1993). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Saepuloh, R, A. (2013). Penerapan pembelajaran sinektik untuk meningkatkan kemampuan representasi dan komunikasi matematis siswa SMP. UPI. Tersedia http://repository.upi.edu/517/4/T MTK_1102555_CHAPTER 1. pdf[online, diakses tgl 17 November 2016].

Sundayana, Rostina. (2013). Media Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.

Suyadi. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tim MKPBM Jurusan Pendidikan Matematika. (2001). Strategi Pembelajaran Matematika Kontenporer. Bandung: UPI.

Wahyudi, Sigit. (1995). Peranan Tutorial dan Kemandirian dalam Belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Kuliah Ilmu Alamiah Dasar Mahasiswa Terbuka di Unit Program Belajar Jarak Jauh Yogyakarta. Skripsi. IKIP Yogyakarta.

Downloads

Published

2018-01-31

How to Cite

Mardiani, D. (2018). Kemampuan Mahasiswa Memahami Persamaan Diferensial Bernauli melalui Model Pembelajaran Game Menempel Nama. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 95–102. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.479

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.