Pengembangan Komik Petualangan Zahlen Sebagai Media Pembelajaran Matematika Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar

Authors

  • Pernando Cahyo Putro Universitas Kristen Satya Wacana
  • Danang Setyadi Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i1.693

Keywords:

Bangun Ruang Sisi Datar, Komik Petualangan Zahlen, Matematika, Pengembangan, Polyhedron, Zahlen's Adventure Comic, Mathematic, Development

Abstract

Materi bangun ruang sisi datar berkaitan erat dengan kehidupan sehari-hari, tetapi masih terdapat siswa yang kesulitan karena kurang memahami konsepnya. Dibutuhkan media yang dapat memvisualisasikan konsep bangun ruang sisi datar. Penelitian bertujuan mengembangakan media pembelajaran berupa komik Petualangan Zahlen yang valid, praktis dan efektif untuk peningkatan hasil belajar. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMP sebanyak 10 peserta didik. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket daftar isian dan tes untuk menguji kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Hasil uji kevalidan menunjukkan persentase sebesar 90,14% (lebih dari 90%) yang artinya sangat Valid dan persentase kepraktisan sebesar 96,2% (lebih dari 90%) yang artinya sangat praktis, sedangkan pengujian paired t-test memperoleh perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan posttest. Sehingga disimpulkan bahwa komik Petualangan Zahlen sudah valid, praktis, dan efektif untuk digunakan.

The subject of Polyhedron is often used in everyday life, but there are still students that had some difficulties understanding it due to the lack of understanding of the concept. We need a media that can visualize the concept of Polyhedron. This research aims to develop a learning media in the form of the “Petualangan Zahlen” Comic that is valid, practical, and effective in improving students' learning results. The type of study is research development using the development model of ADDIE. The subject is 10 students of 8th-grade junior high school. Data collection techniques used are questionnaires and tests to examine the validity, practicality, and effectiveness. The validity test results obtained the percentage of 90,14% (more than 90%) which was Valid, and the percentage of practicality amounted to 96.2% (more than 90%), which indicates its practicality, whereas t-test paired testing obtained a significant difference between the pre-test and post-test. It is concluded that Zahlen's Adventure Comic is valid, practical, and effective to be used.

References

Afriansyah, E. A., & Arwadi, F. (2021). Learning Trajectory of Quadrilateral Applying Realistic Mathematics Education: Origami-Based Tasks. Mathematics Teaching-Research Journal, 13(4), 42-78.

Aswardi, Mukhaiyar, R., Elfizon, & Nellitawati. (2019). Pengembangan Trainer Programable Logic Gontroller Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional, V(1), 51–56.

Ati, R. S., Trisoni, R., & Kurnia, L. (2014). Pengembangan Media Komik Matematika Berbasis Pendidikan Karakter Pada Materi Bangun Datar. Edusainstika Jurnal Pendidikan MIPA, 1.

Daryanto. (2016). Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Gava Media.

Dini, E. A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Matematika Berbasis Edutainment Pada Bangun Ruang Sisi Datar. UIN Raden Fatah Palembang.

Dwi, A. (2015). Aplikasi Komik sebagai Media. Muaddib, 05(01), 1.

Fatra, M. (2008). Penggunaan KOMAT (Komik Matematika) Pada Pembelajaran Matematika di MI. Jurnal Algoritma, 3(1), 58–73.

Florayu, B., Isnaini, M., & Testiana, G. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Komik Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Palembang. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 45–56.

Hodiyanto, H., Darma, Y., & Putra, S. R. S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash Bermuatan Problem Posing terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 323–334.

Indaryati, I., & Jailani, J. (2015). Pengembangan Media Komik Pembelajaran Matematika Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas V. Jurnal Prima Edukasia, 3(1), 84–96.

Kurniasih, R. (2017). Penerapan Strategi Pembelajaran Fase Belajar Model Van Hiele Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar di SMP Islam Al-Azhaar Tulungagung. Jurnal Silogisme, 2(2), 61–68.

Linggi, A. D. (2016). Sebagai Media Pembelajaran Teks Observasi Untuk Siswa Kelas Vii Smp Pangudi Luhur 1 Yogyakarta Untuk Siswa Kelas Vii. Universitas Sanata Dharma.

Meilinda, N. V, Nuraisyah, L. F., & Senjayawati, E. (2019). Implementasi Media Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Macromedia Flash 8 Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Journal on Education, 01(03), 515–524.

Mutia. (2017). Analisis kesulitan siswa SMP dalam memahami konsep kubus balok dan alternatif pemecahannya. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 10(1), 83–102.

Negara, H. S. (2013). Penggunan Komik Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Upaya Meningkatkan Minat Matematika Siswa Sekolah Dasar (SD/MI). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Oktaviana, A. N., & Trimulyono, G. (2018). Kelayakan Teoritis Media Video Mind Mapping untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas X pada Materi Fungi. BioEdu Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 7(2), 187–193.

Puspitorini, R., Prodjosantoso, A. K., Subali, B., & Jumadi, J. (2014). Penggunaan Media Komik Dalam Pembelajaran Ipa Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Kognitif Dan Afektif. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3), 413–420.

Rahmiati, Musdi, E., & Fauzi, A. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 267–272.

Rohmah, I. U. (2014). Meningkatkan pemahaman konsep volume dan luas permukaan bangun ruang sisi datar menggunakan kotak musium. In Makalah di presentasikan pada Seminar Problematika Pembelajaran Matematika, Institut Agama Islam Negeri, Tulung Agung.

Sadiman. (2007). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. PT RajaGrafindo Persada.

Sudjana, N., & Rivai, A. (1990). Media Pengajaran. Sinar Baru.

Syahreza Fahlevi, M., Sylviana Zanthy, L., Siliwangi Bandung, I., Terusan Jenderal Sudirman, J., & Barat, J. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Uraian Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(4), 313–322.

Syukri, R., Winarni, S., & Hidayat, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Matematika Berbasis Problem Based Learning dengan Manga Studio V05 dan Geogebra. EDUMATICA: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 81–91.

Wandani, N. M., & Nasution, S. H. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif dengan Autoplay Media Studio pada Materi Kedudukan Relatif Dua Lingkaran. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 1(2), 90–95.

Witanta, V. A., Baiduri, B., & Inganah, S. (2019). Pengembangan Komik Sebagai Media Pembelajaran Matematikapada Materi Perbandingan Kelas Vii Smp. Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 1–12.

Downloads

Published

2022-01-30

How to Cite

Putro, P. C., & Setyadi, D. (2022). Pengembangan Komik Petualangan Zahlen Sebagai Media Pembelajaran Matematika Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 131–142. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i1.693

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 33 34 35 36 37 38 39 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.