Analysis of Middle School Students' Mathematical Representation Ability on Triangle Material Based on Learning Style

Authors

  • Sekar Ayu Rahmayani Universitas Jember
  • Susanto Universitas Jember
  • Abi Suwito Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v12i2.783

Keywords:

Gaya Belajar, Kemampuan Representasi, Segitiga, Learning Style, Representational Ability, Triangle

Abstract

Perlu adanya penelitian yang dapat mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa ditinjau dari gaya belajar mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah 20 siswa kelas VII-D SMPN 4 Jember. Pengambilan sampel subjek dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data melalui angket gaya belajar, tes kemampuan representasi matematis dan wawancara. Analisis data dilakukan dalam tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Siswa yang memiliki gaya belajar visual dominan pada kemampuan representasi visual, dan siswa yang memiliki gaya belajar auditori dominan pada kemampuan representasi verbal. Sedangkan pada siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik terlihat dominan pada kemampuan simbolik. Sehingga pembelajaran matematika yang memperhatikan gaya belajar siswa diperlukan, agar dapat mempermudah guru untuk memberikan stimulus yang tepat pada setiap kelompok sehingga memperoleh respon positif dari siswa dalam merepresentasikan ide-ide matematikanya.

There is a need for research that can describe students' mathematical representation abilities in terms of their learning styles. This study uses a descriptive qualitative approach. The subjects of this study were 20 students of class VII-D SMPN 4 Jember. The subject sampling was by using purposive sampling technique. Data collection techniques through learning style questionnaires, mathematical representation ability tests and interviews. There were 3 steps of data analysis, namely data reduction, data presentation, and drawing conclusions. Students who have a visual learning style are dominant in visual representation abilities, and students who have an auditory learning style are dominant in verbal representation abilities. Meanwhile, students who have a kinesthetic learning style are dominant in symbolic abilities. So that learning mathematics that pays attention to student learning styles is needed, in order to make it easier for teachers to provide the right stimulus to each group so as to get a positive response from students in representing their mathematical ideas.

References

Amalia, A., Happy, N., & Purwosetiyono, F. D. (2021). Profil Kemampuan Representasi Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar. Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA, 11(1), 15–28.

Andari, T., & Lusiana, R. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelaja ran Kajian Matematika Dasar untuk Meningkatkan Kemampuan Represen tasi Matematis Mahasiswa. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1332–1342.

Azkiah, F., & Sundayana, R. (2022). Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Berdasarkan Self-Efficacy Siswa. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 221-232.

Cahyani, I. D., Fathani, A. H., & Faradiba, S. S. (2023). Brain-based learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa smp. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(1), 113-122.

Chusnuah, E. R., & Setianingsih, R. (2019). Pengembangan Komik Matematika Berbasis Kontekstual untuk Materi Lingkaran. JPPMS: Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains, 3(2).

DePorter, B., & Hernacki, M. (2013). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan Terjemahan oleh Alwiyah Abdurrahman. Penerbit Kaifa.

Hidayat, A. F. (2020). Representasi Siswa Visual, Auditori dan Kinestetik dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 74.

Iskak, K. B., Kusmayati, T. A., & Fitriana, L. (2020). Students’ mathematics representation ability from picture form to equation. Journal of Physics: Conference Series, 1469(1).

Khoerunnisa, R., & Maryati, I. (2022). Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP terhadap Materi Segiempat. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 165-176.

Lusiana, R., Krisdiana, I., & Aisyah, S. (2018). Analisis Pemahaman Konsep Siswa Kelas VII Berdasarkan Taksonomi Bloom Ditinjau dari Kemampuan Kognitif. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 6(2), 60.

Malasari, P. N., Nindiasari, H., & Jaenudin. (2017). A Development of Mathematical Connecting Ability of Students in Junior High School through a Problem-Based Learning with Course Review Horay Method. Journal of Physics: Conference Series, 812(1).

Marifah, W. N., Rufiana, I. S., & Wahyudi, W. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Visual Siswa pada Materi Pengolahan Data Ditinjau dari Gaya Belajar Vak. J-PiMat: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 175–186.

Mulyadi, N. A., & Fiangga, S. (2022). Analisis Kemampuan Representasi Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Bangun Datar. Jurnal Ilmiah Soulmath: Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 9(2), 143–152.

Mutaqin, E. J., Herman, T., Wahyudin, W., & Muslihah, N. N. (2023). Hypothetical Learning Trajectory in Place Value Concepts in Elementary School. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 125-134.

Natonis, S. F. M., Daniel, F., & Gella, N. J. M. (2022). Analisis Representasi Matematis Siswa ditinjau dari Gaya Belajar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3025–3033.

NCTM. (2000). Principles and Standars for School Mathematics. The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.

Nurrawi, A. E. P., Zahra, A. T., Aulia, D., Greis, G., & Mubarok, S. (2023). Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 29-38.

Pebrianti, W., & Puspitasari, N. (2023). Kemampuan Pemahaman Konsep pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau dari Perbedaan Gender Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(1), 55-70.

Qomarudin, M., Mustafa, M., & Basir, M. A. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Adaptive Berdasarkan Teori Kecerdasan Majemuk. JSHP (Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan), 2(1), 69.

Rahmadian, N., Mulyono, & Isnarto. (2019). Kemampuan representasi matematis dalam model pembelajaran somatic, auditory, visualization, intellectually (SAVI). PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 287–292.

Sari, H. J., Kusaeri, A., & Mauliddin. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Memecahkan Masalah Geometri. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 5(2), 57.

Sidiq, U., & Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53 (9).

Sinaga, G. F. M., Hartoyo, A., & Hamdani. (2016). Kemampuan Representasi Matematis Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar pada Materi Fungsi Kuadrat Di SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(6), 1–12.

Tristiyanti, T., & Afriansyah, E. A. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Diskursus Multi Representasi Dan Reciprocal Learning. Jurnal Silogisme: Kajian Ilmu Matematika Dan Pembelajarannya, 1(2), 4-14.

Ulfa, N. C. A., & Sundayana, R. (2022). Kemampuan representasi matematis siswa pada materi bilangan berdasarkan self-confidence. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(2), 193-200.

Wulandari, T. A., & Ishartono, N. (2022). Analisis Kemampuan Representasi Matematika Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Geometri Berdasarkan Level Berpikir Van Hiele. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 6(1), 97.

Yee, S. P., & Bostic, J. D. (2014). Developing a contextualization of students’ mathematical problem solving. Journal of Mathematical Behavior, 36.

Yustika, A. A., & Roesdiana, L. (2019). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP pada Materi Segiempat dan Segitiga. Sesiomadika, 1, 647–658.

Downloads

Published

2023-04-30

How to Cite

Rahmayani, S. A., Susanto, & Suwito, A. (2023). Analysis of Middle School Students’ Mathematical Representation Ability on Triangle Material Based on Learning Style. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 279–290. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v12i2.783

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 38 39 40 41 42 43 

You may also start an advanced similarity search for this article.