Developing an e-Module on Blended Learning-based Calculus Courses
DOI:
https://doi.org/10.31980/mosharafa.v12i3.817Keywords:
Blended Learning, E-modul, Kalkulus, Calculus, E-ModuleAbstract
Pengembangan e-modul mata kuliah kalkulus berbasis blended learning untuk mahasiswa Jurusan Tadris Matematika IAIN Kerinci menjadi fokus penelitian ini. Penelitian ini dilakukan karena terdapatnya hambatan didaktis khususnya untuk bahan ajar sebesar 64% yang menjadikan mahasiswa kesulitan untuk belajar. Pengembangan e-modul berbasis blended learning bertujuan menghasilkan e-modul yang dapat dikategorikan valid dan praktis agar dapat digunakan oleh mahasiswa. ADDIE merupakan desain dari penelitian dan pengembangan yang dilakukan. 30 orang menjadi subjek penelitian yang berasal dari mahasiswa jurusan tadris matematika IAIN Kerinci yang sudah dan sedang mengontrak mata kuliah kalkulus. Data diperoleh melalui teknik pemberian angket validitas dan angket praktikalitas lalu data dianalisis dengan cara deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan saran para ahli serta analisis kuantitatif untuk mengolah data hasil angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul berbasis blended learning pada mata kuliah kalkulus valid dan praktis.
The focus of this research is the development of a blended learning-based calculus course e-module for students of the Mathematics Tadris Department at IAIN Kerinci. This research was carried out because there were didactic barriers, especially for teaching materials of 64%, which made it difficult for students to learn. The development of e-modules based on blended learning aims to produce e-modules that can be categorized as valid and practical so that students can use them. ADDIE is the design of the research and development carried out. 30 people who became the research subjects came from students majoring in mathematics at IAIN Kerinci who had and were currently contracting calculus courses. The data were obtained by administering validity and practicality questionnaires. Then, the data were analyzed using a qualitative descriptive method to describe the advice of experts and quantitative analysis to process the results of the questionnaire data. The results of this study obtained e-modules based on blended learning in valid and practical calculus courses.
References
Alya, N., Intan, R., & Mampouw, H. L. (2021). Pengembangan E-Modul BERANI Berbasis Android Pada Materi Perbandingan Berbalik Nilai. JNPM: Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 5(2), 374–387.
https://doi.org/ 10.33603/jnpm.v5i2.4938.
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. PT. Rineka Cipta.
Azizah, I. N., Amri, M. K., Ikashaum, F., & Mispani, M. (2021). Pengembangan Modul Kalkulus dengan Pemanfaatan Software Geogebra. JRPM: Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 6(1), 13–23.
https://doi.org/10.15642/jrpm.2021.6.1.13-23
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124
Chairunisa, E. D., Zamhari, A., Studi, P., Sejarah, P., & Sejarah, P. (2022). Development E-modul of History Learning Strategy to Improve Student Digital Literacy. Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah, 11(1), 84–96.
https://doi.org/ 10.36706/jc.v11i1.16047
Chandra, L. M. K. S. B., & Listiani, T. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Mendorong Kedisiplinan Siswa. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 1-14.
Cheva, V. K., & Zainul, R. (2019). Pengembangan E-Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Sifat Keperiodikan Unsur Untuk Sma/Ma Kelas X. EduKimia, 1(1), 28–36.
https://doi.org/10.24036/ekj.v1i1.104077
Damanik, R. N. (2019). Daya Tarik Pembelajaran Berbasis Blended Learning di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 3, 803–809.
Darma, I. K., Karma, I. G. M., & Santiana, I. M. A. (2020). Blended Learning , Inovasi Strategi Pembelajaran Matematika di Era Revolusi Industri 4.0 Bagi Pendidikan Tinggi. PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3, 527–539. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/37580
DEPDIKNAS. (2008). Pengembangan Bahan Ajar dan Media. Departemen Pendidikan Nasional.
Deswita, R., Erita, S., & Ningsih, F. (2021). Student’s Learning Obstacle in Calculus Course. Edumatika : Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 150–162. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v4i2.1114
Dewi, P. K., Kartika, D. M. R., Mahayukti, G. A., & Arnaputri, G. A. M. (2021). Persepsi Mahasiswa Mengenai Perkuliahan Daring Kalkulus Diferensial Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 12(1), 86–92.
https://doi.org/10.23887/jjpm.v12i1.33466
Diana, P. Z., Wirawati, D., Rosalia, S., & Dahlan, U. A. (2020). Blended Learning dalam Pembentukan Kemandirian Belajar. Alinea, 9(1), 16–22.
https://doi.org/ 10.35194/alinea.v9i1.763
Halini, H., Zubaidah, R., Pasaribu, R. L., Mirza, A., & Afriansyah, E. A. (2023). Students’ Scientific Attitudes and Creative Thinking Skills. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 315-326.
Hartono, W., & Noto, M. S. (2017). Pengembangan Modul Berbasis Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Matematis pada Perkuliahan Kalkulus Integral. JNPM: Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 320.
https://doi.org/10.33603/jnpm.v1i2.616
Husamah. (2014). Pembelajaran Bauran (Blended Learning). Prestasi Pustaka.
Machmud, T., Pusi, R. A., & Pauweni, K. A. (2022). Deskripsi disposisi matematis mahasiswa pada mata kuliah kalkulus 1. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 349-358.
Maya, Y. (2020). Penggunaan Blended Learning Pada Pembelajaran Era Industri 4.0. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2), 31–38.
https://doi.org/10.30743/bahastra.v4i2.2416
Meilasari, V., & Khotimah, K. (2022). Pengembangan E-Modul Berbantuan Geogebra Pada Matakuliah Kalkulus Integral Lipat. Sigma, 8(1), 1.
https://doi.org/10.36513/sigma.v8i1.1533
Mujib, A. (2017). Identifikasi Miskonsepsi Mahasiswa Menggunakan CRI pada Mata Kuliah Kalkulus II. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 181-192.
Ningsih, W. S. A., Suana, W., & Maharta, N. (2018). Pengaruh Penerapan Blended Learning Berbasis Schoology terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Konstan - Jurnal Fisika Dan Pendidikan Fisika, 3(2), 85–93.
https://doi.org/10.20414/konstan.v3i2.16
Nurfadhillah, S., Cahyani, A. P., Haya, A. F., Ananda, P. S., Widyastuti, T., & Tangerang, U. M. (2021). Penerapan Media Audio Visual Berbasis Video Pembelajaran Pada Siswa Kelas IV Di SDN Cengklong 3. Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 3(2), 396–418. https://doi.org/10.36088/pandawa.v3i2.1272
Purwanti, B. (2015). Pengembangan Media Video Pembelajaran Matematika dengan Model Assure. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 42–47. https://doi.org/ /10.22219/jkpp.v3i1.2194
Putri, W. A. (2023). Faktor rendahnya minat belajar siswa kelas v sekolah dasar pada mata pelajaran matematika. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(2), 123-128.
Rahayu, D. C., Abdulloh Hamid, Mohammad Salehuddin, & Wahyudi, W. E. (2020). Pengembangan E modul Berbasis Blended Learning pada Materi Hadits Tentang Niat di Madrasah Ibtidaiyah. Al Murabbi, 6(1), 58–70. https://doi.org/ 10.35891/amb.v6i1
Rahmawati, F., Fatimah, V., Buraidah, N. L., El, A. R., Faizah, S. N., Mukaromah, A., Keguruan, F., & Tidar, U. (2021). Efektivitas Video Belajar dalam Pembelajaran Daring Matematika Materi Transformasi Pada Siswa SMP. Theorems, 5(2), 202–211.
https://doi.org/10.31949/th.v5i2.2668
Ranjan, P. (2020). Is Blended Learning Better than Online Learning for B. Ed Students ? Journal of Learning for Development, 7(3), 349–366.
Rayanto, Y. H., & Sugianti. (2020). Penelitian Pengembangan Model ADDIE dan R2D2: Teori & Praktek (T. Rokhmawan (ed.); I). Lembaga Academic & Reseach Institute.
Rovai, A. P., & Jordan, H. M. (2004). Blended learning and sense of community: A comparative analysis with traditional and fully online graduate courses. International Review of Research in Open and Distance Learning. International Review of Research in Open and Distance Learning, 5(2). https://doi.org/10.19173/irrodl.v5i2.192
Safitra, M. D., Hapizah, H., Mulyono, B., & Susanti, E. (2023). Numeration-Based Teaching Materials on Algebra Shape Materials for Blended Learning. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 375-388.
Sari, A. P., Wahyuni, S., & Budiarso, A. S. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Blended Learning Pada Materi Pesawat Sederhana Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Smp. SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 8(1), 10.
https://doi.org/10.32699/spektra.v8i1.228
Serevina, V., Nugroho, D. A., & Lipikuni, H. F. (2022). Improving the Quality of Education Through Effectiveness of E-Module Based on Android for Improving the Critical Thinking Skills of Students in Pandemic Era. Malaysian Online Journal of Educational Management, 10(1), 1–20.
http://jice.um.edu.my/index.php/MOJEM/article/view/34509
Sharma, L., & Shree, S. (2023). Exploring the Online and Blended Modes of Learning for Post-COVID-19: A Study of Higher Education Institutions. Education Sciences, 13(2).
https://doi.org/10.3390/educsci13020142
Widodo, C., & Jasmadi, S. (2008). Panduan Menyusun Bahan Ajar. Elex Media Koputindo.
Wijayanto, B., Sumarmi, Utomo, D. H., Handoyo, B., & Aliman, M. (2023). Problem-Based Learning Using E-module: Does It Effect On Student’t High Order Thinking And Learning Interest In Studiying Geography. Journal of Technology and Science Education, 13(3), 613–631.
https://doi.org/https://doi.org/10.3926/jotse.1965
Yulisman, B. P., & Usmeldi. (2021). Praktikalitas Pengembangan Buku Siswa dengan Model Problem Based Learning Berintegrasi Kemampuan Berfikir Kreatif untuk Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik SMA. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Fisika, 7(2), 163–170.
https://doi.org/ 10.24036/jppf.v7i2.113807
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.