Media Game Online Ular Tangga Perkalian Bilangan Asli Dengan Pendekatan RME Kelas III SD

Authors

  • Viola Ignes Zaneta Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i2.1095

Keywords:

Media Game Online, Ular tangga, Perkalian bilangan asli, Realistic Mathematics Education, Kelas III Sekolah Dasar, Online game media, Snakes and ladders, Multiplication of natural numbers, Class III Elementary School

Abstract

Media pembelajaran  yang digunakan dalam pembelajaran belum sesuai dengan kebutuhan siswa sehingga kurang efektif untuk membantu siswa memahami konsep perkalian bilangan asli. Penelitian ini bertujuan mengembangkan produk media pembelajaran Game Online Ular Tangga. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan, yaitu Research and Development. Langkah-langkah pengembangan memperhatikan model Hannafin dan Peck, yaitu analisis kebutuhan, desain, pengembangan dan implementasi. Subjek penelitian yaitu siswa kelas III salah satu Sekolah Dasar Negeri di Tebet Timur. Instrumen yang digunakan adalah observasi, wawancara dan angket. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa validasi ahli media menunjukkan persentase 86% dengan kriteria sangat baik, validasi ahli materi menunjukkan persentasi 88% dengan kriteria sangat baik, dan validasi ahli bahasa menunjukkan persentase 95% dengan kriteria sangat baik sehingga dapat dikatakan sudah valid dan layak digunakan.

The learning media used in learning are not following the needs of students, so they are less effective in helping students understand the concept of multiplication of natural numbers. This study aims to develop the learning media products Snakes and Ladders Online Game. This type of research is development research, namely Research and Development. The development steps were taken by Hannafin and Peck's model. That is analysis, design, development, and implementation. The research subjects were third-grade students of one of the State Elementary Schools in East Tebet. The instruments used are observation, interviews, and questionnaires. Results of the study show that the validation of media experts shows a percentage of 86% with very good criteria, material expert validation shows a percentage of 88% with very good criteria, and linguist validation shows a percentage of 95% with very good criteria so that it can be said to be valid and feasible to use.

References

Afriansyah, E. A., & Arwadi, F. (2021). Learning Trajectory of Quadrilateral Applying Realistic Mathematics Education: Origami-Based Tasks. Mathematics Teaching Research Journal, 13(4), 42-78.

Afriansyah, E. A., & Turmudi, T. (2022). Prospective teachers’ thinking through realistic mathematics education based emergent modeling in fractions. Jurnal Elemen, 8(2), 605-618.

Agustina, T. B., & Sumartini, T. S. (2021). Kemampuan Representasi Matematis Siswa Melalui Model STAD dan TPS. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 315-326.

An, T., & Oliver, M. (2021). What in the world is educational technology? Rethinking the field from the perspective of the philosophy of technology. Learning, Media and Technology, 46(1), 6-19.

Cato, S. (2019). Problem Matematika Perkalian. Bandung: PAKAR RAYA.

Duka, M.A, dkk. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Komunikasi Matematis Peserta didik Tahun Ajaran 2019/2020. MEGA: Jurnal Pendidikan Matematika 2(1), 27.

Dunton, G. F., Do, B., & Wang, S. D. (2020). Early effects of the COVID-19 pandemic on physical activity and sedentary behavior in children living in the US. BMC public health, 20(1), 1-13.

Fadila, A. S., dkk. Pengembangan Media Ular Tangga Mata Pelajaran Matematika Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 12–22.

Indriani, R., & Sritresna, T. (2022). Kemampuan Koneksi Matematis ditinjau dari Self Efficacy Siswa SMP pada Materi Pola Bilangan. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 121-130.

Istiqomah, Q., & Nurulhaq, C. (2021). Perbandingan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa antara Model Pembelajaran Discovery Learning dan Ekspositori. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 135-144.

Junika, N., Izzati, N., & Tambunan, L. R. (2020). Pengembangan Soal Statistika Model PISA untuk Melatih Kemampuan Literasi Statistika Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 499-510.

Kaunang, D. F. (2018). Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education dalam Pembelajaran Matematika Materi Persamaan Garis Lurus di SMP Kristen Tomohon. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 307-314.

Khairunisa, R. W., & Basuki, B. (2021). Perbandingan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS dan CIRC. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 113-124.

Kurniatisyah. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Ular Tangga Pada Kemampuan Mengenal Huruf Abjad Anak Usia 5-6 Tahun di KB Melati Putih Kampung Ekan Gayo Lues. Skripsi PGPAUD Universitas Muhammadiyah Makassar: Tidak Diterbitkan.

Latipah, E. D. P., & Afriansyah, E. A. (2018). Analisis kemampuan koneksi matematis siswa menggunakan pendekatan pembelajaran CTL dan RME. Matematika: Jurnal Teori dan Terapan Matematika, 17(1).

Lestariningsih, L., Nurhayati, E., & Cicinidia, C. (2020). Jenis Proses Berpikir Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Literasi Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 83-94.

Mahiroh, I. S. dkk. (2020). Pengembangan Modul Operasi Hitung Perkalian Dan Pembagian Bilangan Cacah Berbasis Realistic Mathematic Education (RME) Untuk Peserta didik Kelas III Sekolah Dasar. Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 4, 567–573.

Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Problematika pada Anak Usia Sekolah Dasar. An-Nisa: Jurnal Kajian Perempuan & Keislaman, 13(1), 116-151.

Masfufah, R., & Afriansyah, E. A. (2021). Analisis kemampuan literasi matematis siswa melalui soal PISA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 291-300.

Mufidah. (2021). Perkembangan Karakter Peserta didik Dalam Pembelajaran Matematika Di Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3),1136.

Muhtadi, D., Rochmad, R., & Isnarto, I. (2021). Bahasa Matematis dalam Penentuan Waktu Siang-Malam menurut Tradisi Sunda. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 263-274.

Oke, A., & Fernandes, F. A. P. (2020). Innovations in teaching and learning: Exploring the perceptions of the education sector on the 4th industrial revolution (4IR). Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 6(2), 31.

Orben, A., Tomova, L., & Blakemore, S. J. (2020). The effects of social deprivation on adolescent development and mental health. The Lancet Child & Adolescent Health, 4(8), 634-640.

Silviana, D., & Mardiani, D. (2021). Perbandingan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa melalui Mood-Understand-Recall-Digest-Expand-Review dan Discovery Learning. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 291-302.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Sutarsa, D. A., & Puspitasari, N. (2021). Perbandingan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa antara Model Pembelajaran GI dan PBL. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 169-182.

Suwanti, S., & Maryati, I. (2021). Kemampuan Representasi Matematis Siswa Melalui Model Problem Based Learning dan Probing Prompting Learning. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 303-314.

Syah, J. M., & Sofyan, D. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP di Kampung Paledang Suci Kaler pada Materi Segiempat dan Segitiga. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 373-384.

Verananda, E. W. (2021. Pengembangan Ensiklopedia Digital Pembelajaran PPKn Untuk Menanamkan Sikap Tanggung Jawab Peserta didik Kelas III Sekolah Dasar. Skirpsi Universitas Negeri Jakarta.

Wahyudi. (2016). The Development of Realistic Mathematics Education (RME) Model for the Improvement of Mathematics Learnings of Primary Teacher Education Program (PGSD) Students of Teacher Training and Education Faculty (FKIP) of Sebelas Maret University in Kebumen. Proceeding The 2nd International Conference on Teacher Training and Education Sebelas Maret University, 2(1), 370.

Winarni, E. S., & Harmini, S. (2017). Matematika Untuk PGSD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2022-07-30

How to Cite

Zaneta, V. I. (2022). Media Game Online Ular Tangga Perkalian Bilangan Asli Dengan Pendekatan RME Kelas III SD. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 177–186. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i2.1095

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.