Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Bernuansa Islami Terkait Kemampuan Koneksi Matematis

Authors

  • Usep Kosasih Universitas Islam Nusantara
  • Nurjanah Universitas Islam Nusantara
  • Samnur Saputra Universitas Islam Nusantara
  • Sofidatul Mutmainnah Universitas Islam Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i3.1510

Keywords:

LKPD bernuansa Islami, Keterampilan koneksi matematis, Discovery Learning, Motivasi belajar, LKPD with Islamic nuances, mathematical connection skills, motivation to learn

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan koneksi matematis siswa dan belum tersedianya bahan ajar berupa lembar kerja siswa bernuansa Islami diperlukan untuk menunjang kegiatan pembelajaran, sehingga dapat membantu siswa mencapai tujuan belajar. Bahan ajar yang akan dikembangkan berupa lembar kerja siswa yang memuat kemampuan koneksi matematis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas LKPD yang dikembangkan bernuansa Islami. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Research/Research & Development (R&D) yang mengacu pada model evaluasi formatif (Tessmer, 1993). Penelitian ini bertempat di salah satu Madrasah Tsanawiyah di kota Bandung. Sumber data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah validator ahli materi dan ahli media. Instrumen yang digunakan berupa lembar validasi ahli materi, dan ahli media. Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data dapat disimpulkan bahwa lembar kerja siswa yang dikembangkan berada pada kategori valid. Berdasarkan hasil penelitian, pembahasan, dan kesimpulan, diberikan saran yang dapat dijadikan bahan pertimbangan untuk penelitian selanjutnya dengan menambahkan materi selain sudut. Untuk mengetahui tingkat kepraktisan LKPD Islam yang dikembangkan sebaiknya tidak hanya menggunakan angket respon siswa saja, namun menambahkan angket respon guru. observasi dan wawancara.

The background of this research is the low ability of students' mathematical connections and the role of teaching materials in the form of student worksheets with Islamic nuances needed to support learning activities so that they can help students achieve learning goals. The teaching material to be developed is in the form of student worksheets that contain mathematical connection abilities. The purpose of this study was to determine the validity of the developed worksheets with Islamic nuances. The approach used in this research is a qualitative approach with the type of Research/Research & Development (R&D) research which refers to the formative evaluation model (Tessmer, 1993). This research took place at one of the Madrasah Tsanawiyah in the city of Bandung. Sources of data obtained in this study were material expert validators and media experts. The instrument used is in the form of material expert validation sheets, and media experts. Based on the results of data processing and analysis, it can be concluded that the student worksheets developed are in the valid category. Based on the results of the research, discussion, and conclusions, suggestions are made that can be used as consideration for further research by adding material other than angles. To find out the level of practicality of the developed Islamic worksheets, it is best not only to use student response questionnaires but also to add teacher response questionnaires. observation and interview.

References

Basri, M.H., Aka, K. A., & Saidah, K. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Montase Berbentuk Flip Chart Dengan Menggunakan Strategi Story telling Bagi Siswa Sekolah Dasar. AL-ASASIYYA: Journal Basic of Education (AJBE), 7(1), 33-45.

Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar dan Pembelajaran 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis. Sulawesi Selatan: CV. Kaffah Learning Center.

Fadli, M. R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 2(1), 33-34.

Hasratuddin. (2011). Membangun Karakter Melalui Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2).

Irawan, A. Hakim, M.R. (2021). Kepraktisan Media Pembelajaran Komik Matematika pada Materi Himpunan Kelas VII SMP/MTs. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. 10(1). 91-100

Maryati, I. dan Priatna, N. 2017. Integrasi Nilai-Nilai Karakter Matematika melalui. Pembelajaran Kontekstual. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 333-344.

Novitasari, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika, 2(2). 8-18

Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: Diva Press

Ritonga, A. H. (2022). Upaya Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Dengan Menerapkan Pembelajaran REACT Berbantuan Matlab. Prosiding Seminar Nsasional Pendidikan Matematika (SNAPMAT) 2022 Program Studi Pendidikan Matematika FKIP, Universitas Muria Kudus, Kudus, 27 Agustus 2022.

Saputra, I. Armis. Maimunah, Evirahmi (2022) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Discovery Learning untuk Memfasilitasi Kemampuan Koneksi Matematis Peserta Didik. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2), 43-52.

Saputro, B. (2017). Manajemen Penelitian Pengembangan (Research and Development) Bagi Penyusun Tesis dan Disertasi. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Sudijono, A. (2015). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tanujaya, C. (2017). Perancangan Standart Operational Procedure Produksi Pada Perusahaan Coffeein. Jurnal Performa: Jurnal Manajemen Dan Start-up Bisnis, 2(1), 90–95. https://doi.org/10.37715/jp.v2i1.441

Tessmer, M. (1993). Planning and Conducting Formative Evaluations. London: Kogan Page Limited.

Zulkardi (2006). Formative Evaluation:What, Why, When, and How.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Kosasih, U., Nurjanah, Saputra, S., & Mutmainnah, S. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Bernuansa Islami Terkait Kemampuan Koneksi Matematis. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(3), 479–488. https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i3.1510

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.