Mathematical Reasoning Skills Review of Student Self-Regulated Learning in Number Pattern
DOI:
https://doi.org/10.31980/plusminus.v4i1.1685Keywords:
Kemampuan Penalaran Matematis, Kemandirian Belajar, Pola Bilangan, Siswa SMP, Mathematical Reasoning Skills, Self-Regulated Learning, Number Patterns, Junior High School StudentsAbstract
Kemampuan penalaran matematis merupakan aspek penting yang perlu dikuasai dan dikembangkan oleh siswa dalam pembelajaran matematika. Salah satu faktor yang dapat menunjang kemampuan penalaran matematis adalah kemandirian belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, dan menganalisis bagaimana tingkat kemampuan penalaran matematis ditinjau dari kemandirian belajar siswa pada materi pola bilangan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes, wawancara, dan observasi. Subjek dari penelitian ini adalah tiga siswa SMP kelas VIII di kampung Tabrik Desa Lingamukti Kecamatan Sucinaraja Kabupaten Garut pada materi pola bilangan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa siswa dengan kemandirian belajar tinggi memiliki kemampuan penalaran matematis tinggi, sedangkan siswa dengan kemandirian belajar sedang memiliki kemampuan penalaran matematis sedang, dan siswa yang memiliki kemandirian belajar rendah memiliki kemampuan penalaran rendah juga. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat keterkaitan antara kemandirian belajar dan kemampuan penalaran matematis.
The development of mathematical reasoning ability is essential for students as they progress in mathematics. Fostering self-regulated learning is a key factor in enhancing this ability. This study seeks to assess and analyze the impact of students' self-regulated learning on their mathematical reasoning ability in the context of number pattern material. Employing qualitative research methods, the study utilized tests, interviews, and observations for data collection. Focusing on three eighth-grade students from Tabrik Village, Lingamukti Village, Sucinaraja District, and Garut Regency, the study examined their engagement with number pattern material. According to the study's findings, pupils who exhibit high self-regulated learning also demonstrate high levels of mathematical reasoning, while those who exhibit moderate self-regulated learning also demonstrate moderate levels of mathematical reasoning, and those who exhibit low self-regulated learning also demonstrate low levels of reasoning. Thus, it can be said that developing one's independence and mathematical thinking skills are related.
References
Akbar, G. A. M., Diniyah, A. N., Akbar, P., Nurjaman, A., & Bernard, M. (2018). Analisis kemampuan kemampuan penalaran dan self confidence siswa sma dalam materi peluang. Journal on Education, 1(1), 14–21.
Ambiyar, Aziz, I., & Melisa. (2020). Perbedaan Kemandirian Belajar Siswa Pada Masa Pandemi di SMAN 1 Lembah Melintang dan SMAN 1 Lembah Gumanti. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1246–1258.
Arifin, Z. (2020). Metodologi penelitian pendidikan education research methodology. Jurnal Al-Hikmah, 1(1).
Ariyanti, S., & Setiawan, W. (2019). Analisis Kesulitan Siswa SMP Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Pola Bilangan Berdasarkan Kemampuan Penalaran Matematik. Journal on Education, 1(2), 390–398.
Fajriyah, L., Nugraha, Y., Akbar, P., & Bernard, M. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa SMP terhadap Kemampuan Penalaran Matematis. Journal On Education, 1(2), 288–296.
Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard skills dan soft skills matematik siswa. Bandung: Refika Aditama.
Hidayati, S. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Dan Minat Belajar. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 1(1), 37–49.
Isnaeni, S., Fajriyah, L., Risky, E. S., Purwasih, R., & Hidayat, W. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP pada Materi Persamaan Garis Lurus. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(1), 107. https://doi.org/10.31331/medives.v2i1.528
Iswanto, A., & Faradillah, A. (2023). Analysis of Mathematical Reasoning Ability in Trigonometry Materials Viewed from Students' Mathematical Resilience. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(3), 477-492.
Khairunnisa, I., Kartono, & Suyitno, A. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematika Ditinjau dari Kemandirian Belajar pada Model Problem Based Learning dengan Mode Oral Feedback. PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3, 353–357.
Lestari, D., Nursit, I., & Fathani, A. H. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Pada Materi Statistika Ditinjau dari Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Islam Almaarif 01 Singosari. Jurnal Penelitian, Pendidikan, Dan Pembelajaran, 16(19), 117–131.
Linola, D. M., Marsitin, R., & Wulandari, T. C. (2017). Analisis kemampuan penalaran matematis peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita di sman 6 malang. Pi: Mathematics Education Journal, 1(1), 27–33.
Muharom, T. (2014). Pengaruh Pembelajaran Dengan Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (Stad) Terhadap Kemampuan Penalaran Dan Komunikasi Matematik Peserta Didik Di SMK Negeri Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(1).
Mulyadi, R., & Afriansyah, E. A. (2022). Pengaruh literasi digital terhadap kemandirian belajar matematika siswa. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 183-191.
Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Solo: Cakra Books.
Shadiq, F. (2004). Pemecahan Masalah, Penalaran, dan Komunikasi Matematis. Makalah pada Diktat Instruktur Pengembangan Matematika Jenjang SMP Jenjang Dasar. Yogyakarta: PPPG Matematika.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suleang, F., Katili, N., & Zakiyah, S. (2020). Analisis Kemandirian Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran Matematika. EULER: Jurnal Ilmiah Matematika, Sains Dan Teknologi, 8(1), 29–35.
Sumarni, C., & Sumarmo, U. (2016). Penalaran Matematik Dan Kemandirian Belajar Siswa Smp Melalui Pembelajaran Generatif. Edusentris: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 3(3).
Sundayana, R. (2020). Statistika Pendidikan Pendidikan. Alfabeta.
Suprihatin, T. R., Maya, R., & Senjayawati, E. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Smp Pada Materi Segitiga Dan Segiempat. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 2(1), 9–13.
Suryani, F. T. V. (2020). Kemampuan Penalaran Dan Self-Regulared Learning Melalui Model Pembelajaran E-Learning Berbasis Schoology Dan Google Classroom Pada Materi Statistika Kelas VIII MTS Negeri Batu. Jurnal Penelitian, Pendidikan, Dan Pembelajaran, 15(33).
Yusdiana, B. I., & Hidayat, W. (2018). Analisis kemampuan penalaran matematis siswa sma pada materi limit fungsi. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(3), 409–414. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.409-414
Zubaidah, R., Pasaribu, R. L., Mirza, A., & Afriansyah, E. A. (2023). Students’ Scientific Attitudes and Creative Thinking Skills. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 315-326.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.