Perbandingan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa melalui Mood-Understand-Recall-Digest-Expand-Review dan Discovery Learning

Authors

  • Devi Silviana Institut Pendidikan Indonesia Garut
  • Dian Mardiani Institut Pendidikan Indonesia Garut

DOI:

https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i2.902

Keywords:

Kemampuan pemahaman matematis, Mood–Understand-Recall-Digest-Expand-Review, MURDER, Discovery Learning, Math concept understanding

Abstract

Dalam pembelajaran matematika pemahaman merupakan hal yang sangat penting dan merupakan langkah dasar dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kemampuan dan peningkatan pemahaman matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran Mood–Understand-Recall-Digest-Expand-Review (MURDER) dan yang mendapatkan model pembelajaran Discovery Learning. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen di SMP Negeri 1 Cisurupan kelas VII dengan sampel dua kelas, yaitu kelas VII F sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan MURDER dan kelas VII G dengan menggunakan Discovery Learning, serta materi yang diajarkan mengenai bangun datar segi empat. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas dan statistic nonparametric. Berdasarkan hasil analisis, kemampuan pemahaman matematis siswa antara yang mendapatkan model pembelajaran MURDER lebih baik dari pada siswa yang mendapatkan model pembelajaran Discovery Learning. Peningkatan pemahaman matematis siswa terhadap model pembelajaran MURDER dengan model pembelajaran Discovery Learning yaitu tinggi – sedang.

Students’ mathematical understanding is still low, so it is needed model learning that helps students to be active and creative in learning; including the Mood–Understand-Recall-Digest-Expand-Review (MURDER) learning model with the Discovery Learning learning model. The purpose of this study is to determine the ability and increase of mathematical understanding of students who get the MURDER learning model and those who get the Discovery Learning learning model. This research is a quasi-experimental study in Cisurupan State Middle 1 class VII with a sample of two classes, namely class VII F as an experimental class using MURDER and VII G classes using the model Discovery Learning, as well as the material taught about rectangular flat builds. Data analysis was performed with normality tests and non-parametric statistics. Based on the results of the analysis, the ability of students' mathematical understanding between those who get the learning model MURDER is better than students who get the Discovery Learning learning model. Increasing students' mathematical understanding of the MURDER learning model with the Discovery Learning model, which is high - medium.

References

Afriansyah, E. A. (2013). Design Research: Place Value in Decimal Numbers Using Metric System. In International Seminar on Mathematics, Science, and Computer Science Education MSCEIS, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung.

Afriansyah, E. A., Herman, T., & Dahlan, J. A. (2021, February). Critical thinking skills in mathematics. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1778, No. 1, p. 012013). IOP Publishing.

Apiati, V., & Hermanto, R. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik dalam Memecahkan Masalah Matematik Berdasarkan Gaya Belajar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 167-178.

Arimurti, I., Praja, E. S., & Muhtarulloh, F. (2019). Desain Modul Berbasis Model Discovery Learning untuk Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 459-470.

Astuti, P., Purwoko, P., & Indaryanti, I. (2017). Pengembangan LKS untuk melatih kemampuan berpikir kritis dalam mata pelajaran matematika di kelas VII SMP. Jurnal Gantang, 2(2), 145-155.

Depdiknas. (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Fitri, D. Y., Aima, Z., & Muhlisin, M. (2017). Pengaruh Penerapan Teknik Spotlight terhadap Pemahaman Konsep Matematis Sisiwa Kelas VIII SMPN 1 Batang Anai Padang Pariaman. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 247-254.

Handoko, H., & Winarno, W. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika melalui Pendekatan Scaffolding Berbasis Karakter. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 411-422.

Harahap, F., Nasution, N. E. A., & Manurung, B. (2019). The Effect of Blended Learning on Student's Learning Achievement and Science Process Skills in Plant Tissue Culture Course. International Journal of Instruction, 12(1), 521-538.

Herdiana. (2010) Model Pembelajaran Murder https://herdy07.wordpress.com/2010/05/27/model-pembelajaran-kolaboratif-murder/

Jawad, L. F., Majeed, B. H., & ALRikabi, H. T. (2021). The Impact of Teaching by Using STEM Approach in The Development of Creative Thinking and Mathematical Achievement Among the Students of The Fourth Scientific Class. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 15(13).

Latifah, T., & Afriansyah, E. A. (2021). Kesulitan dalam Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Statistika. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 3(2).

Lilawati, E., & Rohmah, H. (2019). Strategi Pembelajaran Murder untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa SMA. DINAMIKA: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Keislaman, 4(2), 19-36.

Mardiani, D. (2001). Karakteristik Gaya Belajar Matematika Siswa Berprestasi pada Sekolah Menengah Umum di Kec. Depok Kab. Sleman DIY Tahun Ajaran 2000/2001. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta

Margana, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Instruction terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 18-25.

Martin, F., Budhrani, K., Kumar, S., & Ritzhaupt, A. (2019). Award-winning faculty online teaching practices: Roles and competencies. Online Learning, 23(1), 184-205.

Masfufah, R., & Afriansyah, E. A. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Soal PISA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 291-300.

Nasution, W. N. (2017). Perencanaan pembelajaran: pengertian, tujuan dan prosedur. ITTIHAD, 1(2).

Nurhasanah, D. S., & Luritawaty, I. P. (2021). Model Pembelajaran REACT Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 71-82.

Poesprodjo (1987). Pengertian Pemahaman Matematis. http://akmapala09.blogspot.co.id/2011/10/pengertian-pemahaman-menurut-para-ahli.html

Rizqiana, N. (2013). Proposal Skripsi Pemahaman Matematika. [Online]. Tersedia: http://reservoirrecervoirchronicle.blogspot.co.id/2013/02/proposal-skripsi-pemahaman–matematika.html. [6 juli2017].

Rochim, A., Herawati, T., & Nurwiani, N. (2021). Deskripsi Pembelajaran Matematika Berbantuan Video Geogebra dan Pemahaman Matematis Siswa pada Materi Fungsi Kuadrat. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 269-280.

Ruswana, A. M., & Zamnah, L. N. (2018). Korelasi antara Self-Regulated Learning dengan Kemampuan Pemahaman Matematis Mahasiswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 381-388.

Setiyani, S., Sagita, L., & Herdiawati, I. E. (2020). Penerapan Model Murder Terhadap Peningkatan Kemampuan Analisis Dan Evaluasi Matematis Siswa SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 395-406.

Sugandi, A. I. (2010). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Setting Kooperatif Tipe Jig Saw Terhadap Pencapaian Kemampuan Berfikir Matematik Tingkat Tinggi Dan Kemandirian Belajar Siswa SMA. Disertai Doktor UPI Bandung; tidak diterbitkan.

Sumartini, T. S. (2017). Pembelajaran Mood, Understand, Recall, Detect, Elaborate, and Review (MURDER) Berbasis Proyek Dalam Pembelajaran Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 397-406.

Sunarto, M. T., Laa, S. P. Y. O., Mahtuum, Z. A. R., Siagian, G. T., & Afrilianto, M. (2021). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP melalui Pendekatan Kontekstual. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 85-94.

Susanti, Y. (2020). Penggunaan Strategi Murder dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. BINTANG, 2(2), 180-191.

Thomas, P., Czerwinski, M., McDuff, D., Craswell, N., & Mark, G. (2018, March). Style and alignment in information-seeking conversation. In Proceedings of the 2018 Conference on Human Information Interaction & Retrieval (pp. 42-51).

Usman, U. (2006). Menjadi guru professional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wahyudin, (1999). Kemampuan Guru Matematika, Calon Guru Matematika dan Siswa dalam Mata Pelajaran Matematika. Disertasi Upi. Bandung: Tidak Dipublikasikan.

Wulandari, Y., Rahmawati, A. E., Handriani, S. Z., Setyaningsih, A. A., Baidowi, A. L., & Darmadi, D. (2021). Penerapan dan Pemahaman Siswa SMP Kelas VIII terhadap Materi Pembelajaran Matematika dalam Kehidupan. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 4(1), 85-89.

Downloads

Published

2021-07-30

How to Cite

Silviana, D., & Mardiani, D. (2021). Perbandingan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa melalui Mood-Understand-Recall-Digest-Expand-Review dan Discovery Learning. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 291–302. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i2.902

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.