Kesulitan Belajar Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Jarak Jauh

Authors

  • Linda Komala Sari Institut Pendidikan Indonesia Garut
  • Sukanto Sukandar Madio Institut Pendidikan Indonesia Garut

DOI:

https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i3.945

Keywords:

Kesulitan Belajar, Matematika, Pembelajaran Jarak Jauh

Abstract

Kesulitan belajar yang terjadi selama pembelajaran jarak jauh mempengaruhi prestasi dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kesulitan belajar matematika melalui pendidikan jarak jauh. Jenis penelitian yaitu penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah tiga siswa kelas XI di Kp. Campaka, Garut. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan wawancara. Temuan dalam penelitian ini beberapa kesulitan belajar yang dialami siswa selama pembelajaran jarak jauh pada mata pelajaran matematika. Kesulitan tersebut yaitu sulit untuk memahami materi matematika yang disampaikan, koneksi internet yang tidak stabil, serta lingkungan belajar yang kurang mendukung untuk berlangsungannya pembelajaran jarak jauh. Kesulitan tersebut berpengaruh terhadap faktor psikologis siswa, terutama minat belajar siswa. Kesulitan-kesulitan yang muncul dalam pembelajaran matematika jarak jauh sebaiknya diperbaiki untuk meningkatkan keberhasilan belajar.

Learning difficulties that occur during distance learning affect achievement in learning mathematics. This study was conducted to determine the difficulty of learning mathematics through distance education. This type of research is qualitative research. The research subjects were three grade XI students in Kp. Campaka, Garut. Data collection was carried out using questionnaires and interviews. The findings in this study were some of the learning difficulties experienced by students during distance learning in mathematics. These difficulties are difficulty in understanding the mathematical material presented, unstable internet connection, and a learning environment that is less supportive for distance learning to take place. These difficulties affect the psychological factors of students, especially students' interest in learning. The difficulties that arise in distance learning mathematics should be corrected to increase learning success.

References

Afriansyah, E. A. (2014). What Students’ Thinking about Contextual Problems is. In International Seminar on Innovation in Mathematics and Mathematics Education. Innovation and Technology for Mathematic (pp. 279-288).

Afriansyah, E. A., Madio, S. S., Sumartini, T. S., Mardiani, D., Nurulhaq, C., Sritresna, T., & Nuraeni, R. (2020). Jotform Application Training for Making Questionnaire and Attendance Forms. Journal Pekemas, 3(2), 26-32.

Anita, Y., Thahir, A., Komarudin, K., Suherman, S., & Rahmawati, N. D. (2021). Buku Saku Digital Berbasis STEM: Pengembangan Media Pembelajaran terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 401-412.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (2010-2014). Rencana Strategis (Renstra) Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Dimyati & Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Frastica, Z. R. (2013). Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematik Melalui Pendekatan OPEN-ENDED Pada Siswa SMP Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Skripsi Progam Studi Pendidikan Matematika: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Hamdu, & Agustina. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12 (1), 12-20.

Hendrawan, D. N., & Hendriana, B. (2021). Pola Asuh Orang Tua Siswa dengan Motivasi Belajar Matematika Tingkat Tinggi pada Masa Pandemi Covid-19. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 369-378.

Istiqomah, Q., & Nurulhaq, C. (2021). Perbandingan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa antara Model Pembelajaran Discovery Learning dan Ekspositori. PLUSMINUS: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 135-144.

Jamal, F. (2014). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Matematika Pada Materi Peluang Kelas Xi Ipa Sma Muhammadiyah Meulaboh Johan Pahlawan. Jurnal maju: Jurnal pendidikan matematika, 1 (1), 18-36.

Latifah, T., & Afriansyah, E. A. (2021). Kesulitan dalam Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Statistika. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 3(2), 134-150.

Luritawaty, I. P. (2019). Pengembangan Kemampuan Komunikasi Matematik melalui Pembelajaran Take and Give. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8 (2), 239-248.

Mardiani, D. (2016). Modul dan keujudan basis pada modul bebas. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 195-204.

Masfufah, R., & Afriansyah, E. A. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Soal PISA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 291-300.

Murzani. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas Iv Sdn 9 Masbagik Utara Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar: FKIP Universitas Mataram.

Nisa, K. (2011) Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Peserta Didik Kelas VIII Semester II Pokok Bahasan Panjang Garis Singgung Persekutuan Dua Lingkaran Mts Negeri Bonang Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi Ilmu Pendidikan Matematika: Institut Agama Islam Negeri Walisongo Semarang.

Putri, N. I. P., & Sundayana, R. (2021). Perbandingan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa antara Problem Based Learning dan Inquiry Learning. PLUSMINUS: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 157-168.

Prasetya, G. (2006). Smart Parenting. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Rosidah, dkk (2017). Pengaruh Kecerdasan Intelektual Terhadap Kesulitan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan, 1 (9), 10-17.

Rizky, E. N. F., & Sritresna, T. (2021). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Disposisi Matematis Siswa Antara Guided Inquiry dan Problem Posing. PLUSMINUS: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 33-46.

Rusmiati. (2017). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Bidang Studi Ekonomi Siswa MA Al-Fattah Sumbermulyo. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi, 1 (1), 21-36.

Sirait, E. Doni. (2016), Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 1 (6), 1-9.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang mMempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sucihatiningsih & Sulistyowati. (2006). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar Mata Pelajaran Ips Ekonomi. Jurnal Pendidikan, 1 (5), 1-16.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV. Alfabeta.

Sulaiman, H., Shabrina, F., & Sumarni, S. (2021). Tingkat Self Esteem Siswa Kelas XII pada Pembelajaran Matematika Daring. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 189-200.

Sumartini, T. S., Sundayana, R., Madio, S. S., Afriansyah, E. A., Puspitasasri, N., Nuraeni, R., & Luritawaty, I. P. (2020). Pedagogical Content Knowledge. Journal Pekemas, 3(1), 10-12.

Tirtarahardja, U., & Sulo, L. (2005). Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sutarsa, D. A., & Puspitasari, N. (2021). Perbandingan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa antara Model Pembelajaran GI dan PBL. PLUSMINUS: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 169-182.

Yusriyah, Y., & Noordyana, M. A. (2021). Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP pada Materi Penyajian Data di Desa Bungbulang. PLUSMINUS: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 47-60.

Downloads

Published

2021-11-30

How to Cite

Sari, L. K., & Madio, S. S. (2021). Kesulitan Belajar Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Jarak Jauh. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 409–420. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i3.945

Issue

Section

Articles