Kesulitan pemecahan masalah matematis siswa berdasarkan self-esteem pada materi statistika

Authors

  • Dini Kurniasari Institut Pendidikan Indonesia Garut
  • Teni Sritresna Institut Pendidikan Indonesia Garut

DOI:

https://doi.org/10.31980/pme.v1i1.1365

Keywords:

Student difficulties, Student Mathematical Problem Solving, Student Self-Esteem, Kesulitan siswa, Pemecahan Masalah Matematis Siswa, Self-Esteem siswa

Abstract

This study aims to determine the difficulties experienced by students in solving mathematical problems based on self-esteem in statistical material. The self-esteem of students with categories of high students, medium students, and low students. The research method used is descriptive qualitative. Data collection techniques in this study were the distribution of student self-esteem questionnaires, tests of students' mathematical problem-solving abilities, and interviews. This research was conducted in Kp. Ciloa Rt. 01 Rw. 08 Dec. Banjarsari district. Bayongbong Kab. Garut with the research subject of 3 students taken from class VIII and IX for the 2019/2020 academic year around Kp. Ciloa, the selected students were students in the high, medium, and low mathematical self-esteem categories. The subject matter used in this research is statistical material. The research instrument includes a student self-esteem questionnaire and questions about students' mathematical problem-solving abilities in the form of descriptions and interviews. Based on the results of the study, it was found that students with high self-esteem categories in working on the problem-solving problems given did not experience difficulties and tended to understand concepts in mathematics, students with self-esteem categories were in the process of working on mathematical concepts and students with high self-esteem categories did not understand mathematical concepts. low self-esteem in the process, these students do not understand the concepts in mathematics so they are unable to work on the questions given by the researcher.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan yang dialami siswa dalam pemecahan masalah matematis berdasarkan self-esteem pada materi statistika. Self-esteem siswa dengan kategori siswa tinggi, siswa sedang dan siswa rendah. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah penyebaran angket self-esteem siswa, tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan wawancara. Penelitian ini dilaksanakan di Kp. Ciloa Rt. 01 Rw. 08 Des. Banjarsari Kec. Bayongbong Kab. Garut dengan subjek penelitian 3 orang peserta didik yang diambil dari kelas VIII dan IX tahun ajaran 2019/2020 yang ada disekitar Kp. Ciloa, peserta didik yang terpilih adalah peserta didik dalam kategori self esteem matematis tinggi, sedang dan rendah. Pokok bahasan yang digunakan dalam penelitian ini adalah materi statistika. Instrumen penelitian ini mencakup angket self-esteem siswa, soal-soal kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang berbentuk uraian dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa siswa dengan kategori self-esteem tinggi dalam pengerjaan soal-soal pemecahan masalah yang diberikan tidak mengalami kesulitan dan cenderung memahami konsep dalam matematika, siswa dengan kategori self-esteem sedang dalam pengerjaannya siswa tersebut kurang memahami konsep matematika dan siswa dengan kategori self-esteem rendah dalam pengerjaannya siswa tersebut tidak memahami konsep dalam matematika sehingga tidak mampu mengerjakan soal yang diberikan oleh peneliti.

References

Albab, I. U., Saputro, B. A., & Nursyahidah, F. (2017). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa melalui collaborative analysis of sample student responses. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 35-44.

Azizah, N. G., & Sundayana, R. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Sikap Siswa Terhadap Model Pembelajaran Kooperatif AIR dan Probing-Prompting. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika.

Damayanti, N., & Kartini, K. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA pada Materi Barisan dan Deret Geometri. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 107-118.

Damianti, D., & Afriansyah, E. A. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Self-Efficacy Siswa SMP. INSPIRAMATIKA, 8(1).

Dewi, Khodijah, dan Zanthy, S. (2020). Analisis Kesalahan Siswa MTS Kelas IX Di Bandung Barat Dalam menyelesaikan Soal Materi Statistika. 04(01). 183-192.

Hanifah, H. R. F. N., & Nuraeni, R. (2020). Perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa antara think pair share dan think talk write. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 155-166.

Happy, N., & Widjayanti, B. (2014). Keefektifan PBL Ditinjau dari Kemampuan Berfikir Kritis dan Kreatif Matematis, Serta Self-Esteem Siswa SMP. 2(1), 49-69.

Hasibuan, K. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar Di SMP Negeri 12 Bandung. 7(1), 18-30.

Indriana, L., & Maryati, I. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Segiempat dan Segitiga di Kampung Sukagalih. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 541-552.

Kur’ani, Rasiman, & Utami, E. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Numbered Head Together Bantuan Prezi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas X Di SMK Texmaco Pemalang. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Program Studi Pendidikan Matematika. FPMIPATI-Universitas PGRI Semarang.

Lestari, A. B., & Afriansyah, E. A. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP di Kampung Cibogo pada Materi SPLDV. SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 92-102.

Lestari, P., & Rosdiana, R. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Learning Cycle 7E dan Problem Based Learning. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 425-432.

Lusiana, L., Armiati, A., & Yerizon, Y. (2022). Kemandirian Belajar dan Persepsi Siswa Mengenai Guru Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMK. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 155-166.

Marlina, & Sanjaya, M. (2017). Perbandingan Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division Dan Numbered Head Together Ditinjau Dari Prestasi Dan Sikap Siswa. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 10(1), 99-107.

Mirati, L. (2015). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Topik Logika Pada Siswa SMK Muhammadiyah 3 Klaten Utara. 2(1), 25-40.

Mujiati, H., & Sukadi. (2014). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Sok Obat pada Apotek Arjowinangun. 24-32.

Nasution, S.U. (2016). Perbandingan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang diajar dengan model pembelajaran STAD dan NHT. Jurnal Matematika Paedagogic, 1(1), 51-57.

Pamungkas, S., & Setiani, Y. (2017). Peranan Pengetahuan Awal dan Self Esteem Matematis terhadap kemampuan berfikir logis mahasiswa. 61-68.

Pramesti, A. (2015). Hubungan Antara Self Esteem Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Makanan Kontinental Pada Siswa Jurusan Tata Boga Konsentrasi Jasa Boga SMK Negeri 1 Sewon. (Skripsi). Program Studi Pendidikan Teknik Boga Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Puspitasari, P. (2019). Hubungan Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Dengan Self-Esteem Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Student Facilitation And Explaining. (Skripsi). Institut Pendidikan Indonesia, Garut.

Sholekah, Anggraeni, & Waluyo, A. (2017). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau Dari Koneksi Matematika Materi Limit Fungsi. 151-164.

Siswanto, Dadan, Akbar, & Bernard. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Auditorial, Intelectually, Repetition (AIR) Untuk Meningkatkan Pemecahan Masalah Siswa SMK Kelas XI. 1(1), 66-74.

Sugiyono, (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif. Alfabeta: Bandung.

Sumartini, T. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 148-58.

Sveningsson, E. (2012). The Relation Between Peer Social Status And Self Esteem In Middle Childhood. (Thesis). LUND University, Institution For Psykology.

Wardani, P., & Yuniarti, T. (2015). Meningkatkan Self-Esteem Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. 511-516.

Yusuf, Titat, & Yuliawati. (2017). Analisis hambatan belajar (Learning Obstacle) Siswa SMP pada Materi Statistika. 8(1), 76-86.

Downloads

Published

2022-06-30

How to Cite

Kurniasari, D., & Sritresna, T. (2022). Kesulitan pemecahan masalah matematis siswa berdasarkan self-esteem pada materi statistika. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(1), 47–56. https://doi.org/10.31980/pme.v1i1.1365

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.