Perangkat pembelajaran matematika berbasis problem-based learning pada materi sistem persamaan linear tiga variabel
DOI:
https://doi.org/10.31980/pme.v2i1.1403Keywords:
ADDIE, Learning Devices, Problem-Based Learning, Three Variable Linear Equation System, Perangkat Pembelajaran, Sistem Persamaan Linear Tiga VariabelAbstract
This study aims to test the validity and practicality of the development of Problem-Based Learning (PBL) based mathematics learning tools on the material of a three-variable system of linear equations for class X SMA. The subjects of this student of class X SMA Negeri 1 Bunut. This type of research is development research using the ADDIE model. The methods used in data collection are interviews and questionnaires. The instruments used in this study were validation sheets and student response questionnaires. The validation result of learning tools in the form of a syllabus was 84.38% with a very valid category, 88.72% of lesson plans validation results with a very valid category, and LKPD validation results with 86.24% with a very valid category. Field trials based on student response questionnaires obtained a value of 89.44%. So, it can be concluded that the learning tools developed can be categorized as very practical.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji kevalidan dan kepraktisan dari pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis Problem-Based Learning (PBL) pada materi sistem persamaan linear tiga variabel kelas X SMA. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Bunut yang berjumlah 26 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara dan angket. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi dan lembar angket respon siswa. Hasil validasi perangkat pembelajaran berupa silabus adalah 84,38% dengan kategori sangat valid, hasil validasi RPP sebesar 88,72% dengan kategori sangat valid, dan hasil validasi LKPD sebesar 86,24% degan kategori sangat valid. Uji coba di lapangan berdasarkan angket respon siswa diperoleh nilai sebesar 89,44%. Maka dapat disimpulkan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dapat dikategorikan sangat praktis.
References
Aini, N., & Suryowati, E. (2022). Mengeksplor Penalaran Spasial Siswa dalam Menyelesaikan Soal Geometri Berdasarkan Gender. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 61-72.
Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung : PT. Remaja Rodaskarya.
Amalia, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif (MPI) Berbasis Flash pada Materi Gerak Parabola. LPPM UMSB, XIII(7). 99-100.
Kunandar. (2014). Penilaian Autentik. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Muharomi, L. T., & Afriansyah, E. A. (2022). Kemampuan Koneksi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Leibniz: Jurnal Matematika, 2(2), 45-64.
Mulyatiningsih, E. (2011). Riset Terapan Bidang Terapan Pendidikan & Teknik. Yogyakarta : UNY Press.
Ningsih, Mira Listia. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Model Problem-Based Learning (PBL) pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) Kelas X SMA.
Oktarani, V., Alzaber. & Herlina, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 3 Tualang. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 6(2), 72-77.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Fitria, Nofriyandi, Suripah, Aulia Sthephani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.