Kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita

Authors

  • Nurul Dewi Cahyani Institut Pendidikan Indonesia Garut
  • Teni Sritresna Institut Pendidikan Indonesia Garut

DOI:

https://doi.org/10.31980/pme.v2i1.1404

Keywords:

Mathematical reasoning ability, Story Problem, SMP, Kemampuan Penalaran Matematis, Soal Cerita

Abstract

This research is motivated by students' reasoning abilities that are still low in solving math word problems. Students still have difficulty in giving proper reasons for a problem that has been done and confusion in giving conclusions about a statement. Even reasoning skills should be needed when students solve a problem because then students will easily apply them in solving a problem. This study aims to analyze students' mathematical reasoning abilities in solving word problems. This research uses a qualitative research approach with a descriptive research type. The subjects in this study were 6 students of class VIII-C of SMP Negeri 1 Kadungora who were selected from the results of the initial test of mathematical reasoning abilities, namely 3 students with high reasoning abilities, 1 student with moderate reasoning abilities, and 2 students with low reasoning abilities. The results of this study are 1) Students with high reasoning abilities in solving word problems, namely S-2 and S-3 can fulfill the four indicators of reasoning. While S-1 can fulfill three indicators of reasoning. 2) Students with moderate reasoning abilities in solving word problems can fulfill two reasoning indicators, namely S-4. 3) Students with low reasoning abilities in solving word problems are only able to fulfill one reasoning indicator, namely S,-5, and S-6.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan penalaran siswa yang masih rendah dalam memecahkan soal cerita matematika. Siswa masih kesulitan dalam memberikan alasan yang tepat terhadap suatu permasalahan yang telah dikerjakan serta kebingungan dalam memberikan kesimpulan terhadap suatu pernyataan. Padahal seharusnya kemampuan penalaran sangat dibutuhkan ketika siswa memecahkan suatu permasalahan, karena dengan begitu siswa akan mudah menerapkannya dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 6 siswa kelas VIII-C SMP Negeri 1 Kadungora yang dipilih dari hasil tes awal kemampuan penalaran matematis yaitu 3 siswa dengan kemampuan penalaran tinggi, 1 siswa dengan kemampuan penalaran sedang, dan 2 siswa dengan kemampuan penalaran rendah. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Siswa dengan kemampuan penalaran tinggi dalam menyelesaikan soal cerita yaitu S-2 dan S-3 mampu memenuhi empat indikator penalaran. Sedangkan S-1 mampu memenuhi tiga indikator penalaran. 2) Siswa dengan kemampuan penalaran sedang dalam menyelesaikan soal cerita mampu memenuhi dua indikator penalaran yaitu S-4. 3) Siswa dengan kemampuan penalaran rendah dalam menyelesaikan soal cerita hanya mampu memenuhi satu indikator penalaran yaitu S-5 dan S-6.

References

Apriyani, R. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika di MTs Negeri 5 Merangin.

Ardhiyanti, E., Sutriyono, S., & Pratama, F. W. (2019). Deskripsi kemampuan penalaran siswa dalam pemecahan masalah matematika pada materi aritmatika sosial. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 90-103.

Fitriana, M. (2016). Analisis KemampuanPenalaran Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Dengan Strategi Working Backward (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).

Iffah, J. D. N. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Worksheet terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 107-116.

Kaha, T. S. (2020). Analisis Penalaran Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berbentuk Soal Cerita (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Malang).

Linola, DM, Marsitin, R., & Wulandari, TC (2017). Analisis kemampuan penalaran peserta didik dalam menyelesaikan cerita di sman 6 malang. Pi: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 27-33.

Khoerunnisa, R., & Maryati, I. (2022). Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP terhadap Materi Segiempat. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 165-176.

Kusnadi, R. M., & Mardiani, D. (2022). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sekolah menengah pertama negeri 3 tarogong kidul dalam masalah statistika. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(2), 173-182.

Marliani, S., & Puspitasari, N. (2022). Kemampuan representasi matematis siswa pada materi kesebangunan dan kekongruenan di kampung sukawening. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(2), 113-124.

Musthafa, R. A., & Sunardi, A. F. (2014). Analisis Tingkat Kemampuan Penalaran Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi FPB dan KPK Kelas VII B SMP Negeri 10 Jember (Analysis of Level Students Reasoning Ability in Resolving Problems of The Story GCD and LCM State Class VII B Junior High School 10 Jember). Jurnal Edukasi UNEJ, I(3), 1-6.

Mutaqin, E. J., Hernawan, H., & Muhadi, F. (2021). Analisis Kesesuaian Buku Matematika Guru dan Siswa Kelas III dalam Tema 2 Revisi 2018. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 459-468.

Pasaribu, L. H., Rahma, I. F., & Nazliah, R. (2020). Analisis Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau Dari Kemampuan Penalaran Dan Komunikasi Matematis Siswa. Numeracy, 7(2).

Rahmah, D. (2018). Analisis Penalaran Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Dengan Teknik Scaffolding (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).

Rahman, A. A., & Nasryah, C. E. (2020). Efektivitas model pembelajaran Missouri Mathematics Project untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 335-346.

Rahmawati, N. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Bergaya Sekuensial Abstrak Untuk Menyelesaikan Soal Cerita (Disertasi Doktor, FKIP).

Rahmawati, K. D., & Astuti, D. (2022). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMA pada Materi Pertidaksamaan Dua Variabel. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 187-200.

Rohmawati, E., & Afriansyah, E. A. (2022). Kemampuan Abstraksi Matematis Siswa Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Jurnal Kongruen, 1(4), 379-405.

Ramdhani, S. (2017). Kemampuan Penalaran Analogis Santri Dalam Geometri: Penelitian Kualitatif Di Sebuah Pondok Pesantren. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 385-396.

Sa’adah, W. N. (2010). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Banguntapan Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Universitas Negeri Yogyakarta.

Saputra, V. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VII Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Sudut Dan Garis Di MTSN 9 Blitar.

Sari, F. H. (2021). Analisis kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan pemasalahan matematika pada materi transformasi (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung).

Setiyani, S., Sagita, L., & Herdiawati, I. E. (2020). Penerapan model MURDER terhadap peningkatan kemampuan analisis dan evaluasi matematis siswa SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 395-406.

Solikhah, A. B. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VIII Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Teorema Phytagoras di MTs Al-Huda Kedungwaru.

Sunarto, M. T., Laa, S. P. Y. O., Mahtuum, Z. A. R., Siagian, G. T., & Afrilianto, M. (2021). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP melalui Pendekatan Kontekstual. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 85-94.

Suwarsih, S. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa tentang Perkalian dan Pembagian Bilangan Cacah melalui Alat Peraga. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 433-444.

Utami, W. N., & Machromah, I. U. (2020). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Yurianti, S., Yusmin, E., & Nursangaji, A. (2013). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(6).

Zaneta, V. (2022). Media Game Online Ular Tangga Perkalian Bilangan Asli Dengan Pendekatan RME Kelas III SD. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 177-186.

Downloads

Published

2023-02-28

How to Cite

Cahyani, N. D., & Sritresna, T. (2023). Kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(1), 103–112. https://doi.org/10.31980/pme.v2i1.1404

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.