Students' mathematical abilities in statistics
DOI:
https://doi.org/10.31980/pme.v3i1.1773Keywords:
mathematic communication ability, statistics, descriptive qualitative, kemampuan komunikasi matematis, statistika, kualitatif deskriptifAbstract
Basically, every student must master mathematics taught in school because mathematics is a science that is always used in everyday life, but in fact, many students think that mathematics is a difficult subject that makes them feel dizzy in learning mathematics. The purpose of this study was to analyze students' mathematical communication skills in statistics material. The subjects used were junior high school class IX students who had studied statistics material with a sample of two people. The method used is a descriptive qualitative research method, and the instruments used consist of a test instrument for mathematical communication skills, interviews, and field notes. Based on the results of the research conducted, it shows that most of them have mastered mathematical communication skills and are included in the good criteria with a percentage of 79.85%.
Pada dasarnya setiap siswa harus menguasai matematika yang diajarkan di sekolah karena matematika adalah ilmu yang selalu di pakai dalam kehidupan sehari-hari, tapi pada kenyataannya banyak siswa berpendapat bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit sehingga membuat mereka merasa pusing dalam mempelajari matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi statistika. Subjek yang digunakan yaitu siswa SMP kelas IX yang sudah mempelajari materi statistika dengan sampel sebanyak dua orang. Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dan instrumen yang digunakan teridiri atas instrumen tes kemampuan komunikasi matematis, wawancara dan catatan lapangan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis sebagian besar mereka sudah menguasai kemampuan komunikasi matematis dan termasuk ke dalam kriteria baik dengan persentase sebesar 79.85%.
References
Aulia, L. (2018). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Dan Self Efficacy Matematik Siswa SMP Melalui Strategi Think Talk Write. Jurnnal Numeracy, 5(2), 204–216.
Hendriana, H., & Kadarisma, G. (2019). Self-Efficacy dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 3(1), 153–164.
Kusnadi, R. M., & Mardiani, D. (2022). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sekolah menengah pertama negeri 3 tarogong kidul dalam masalah statistika. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(2), 173-182.
Madio, S. S. (2016). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematis Siswa SMP dalam Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Sriwijaya, 10(2), 93–108.
Moleong, L. J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Muslihah, N. N., & Suryaningrat, E. F. (2021). Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 553-564.
Nisa, U. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Lingkaran. Apotema, 5(2), 103–113.
Permendikbud. (2014). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.
Pratiwi, D. D. (2015). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pemecahan Masalah Matematika Sesuai dengan Gaya Kognitif dan Gender. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 131–141.
Rifal, M., Sudia, M., & Masi, L. (2017). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Kelas Vii-F Smp Negeri 7 Kendari Melalui Penerapan Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs). Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 5(1), 85–98.
Sriwahyuni, K., & Maryati, I. (2022). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi statistika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 335-344.
Sulastri, E. (2023). Mathematical communication skills of junior high school students based on statistics. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(3), 373-384.
Susannti, M., Kurnia, H. I., Nurfauziah, P., & Hendriana, H. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP di Tinjau dari Self-Concept. Jurnal LP3M, 4(2).