The mathematical connection ability of junior high school students on fraction
DOI:
https://doi.org/10.31980/pme.v3i1.1776Keywords:
Mathematical Connection Ability, Fractions, descriptive-qualitative, Kemampuan Koneksi Matematis, Pecahan, kualitatif deskriptifAbstract
The method used in this research is descriptive-qualitative. Through descriptive research. Through descriptive research, researchers only intend to describe or explain symptoms. The subjects used in this study were 3 junior high school students in the village of Sukawangi, Tarogong Kaler district, Garut district. The test used to be researched in this study is the mathematical connection ability test, The mathematical connection indicator used in this study consists of the relationship between mathematical concepts and mathematical concepts, the relationship between mathematical concepts and other fields of science, and the relationship between mathematics and everyday life. The instruments used in this study were written tests, interviews, The objects that were used as sources for the interview were 3 students who also completed the test questions. The test instrument contains five questions in accordance with the mathematical connection ability indicator. In analyzing the data, the technique was carried out by assessing students' answers based on written tests.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif. Melalui penelitian deskriptif. Melalui penelitian deskriptif peneliti hanya bermaksud mendeskripsikan atau menjelaskan gejala. Subjek yang digunakan pada penelitian ini yaitu 3 orang siswa SMP di desa Sukawangi kecamatan Tarogong Kaler kabupaten Garut. Tes yang digunakan untuk diteliti pada penelitian ini yaitu tes kemampuan koneksi matematis, indikator koneksi matematis yang digunakan pada penelitian ini yaitu terdiri dari keterkaitan antara konsep matematika dengan konsep matematika, keterkaitan konsep matematika dengan bidang ilmu lain, dan keterkaitan antara matematika dengan kehidupan sehari-hari. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes tertulis, wawancara, objek yang di jadikan narasumber untuk wawancara adalah 3 orang siswa yang juga menyelasaikan soal tes. Instrumen tes yaitu memuat lima soal yang sesuai dengan indikator kemampuan koneksi matematis. Dalam menganalisis data teknik yang dilakukan yaitu dengan menilai jawaban siswa berdasarkan tes tertulis.
References
Adni, D. N., Nurfauziah, P., & Rohaeti, E. E. (2018). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP ditinjau dari Self Efficacy Siswa. JPMI, 1(5), 957–964.
Apipah, S., & Kartono. (2017). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Berdasarkan Gaya Belajar Siswa pada Model Pembelajaran Vak dengan Self-Assessment. UJMER, 6(2), 148–156.
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta.
Damayanti, N. W., & Mayangsari, S. N. (2017). Analisis kesalahan siswa dalam pemahaman konsep operasi hitung pada pecahan. Jurnal Ilmiah Edutic, 4(1), 1–7.
Mukhtari, Z., Yuliani, A., & Hendriana, H. (2019). Analisis Pengaruh Self Efficacy Terhadap Kemampuan Koneksi Matematik Siswa SMP Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 2(5), 337–346.
Mulyasa, E. (2013). Pengembangan dan implementasi kurikulum 2013. PT Remaja Rosdakarya.
Mundiri, A. (2016). Strategi Lembaga Pendidikan Islam Dalam Membangun Branding Image. Pedagogik; Jurnal Pendidikan, 3(2), 58–72.
NCTM. (2000). Principles and standards for school mathematics. Reston, VA: NCTM. NCTM.
Sudirman, Cahyono, E., & Kadir. (2018). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Pesisir Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika, 3(2), 11–22.
Sumarmo, U. (2006). Pembelajaran Keterampilan Membaca Matematika pada Siswa Sekolah Menengah. Bandung: FMIPA Universitas Pendidikan Indonesia.
UU Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun. (2003). No Title. 1.
Warih, P. D., Parta, I. N., & Rahardjo, S. (2016). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas VIII pada Materi Teorema Phytagoras. Konferensi Nasional Penelitian Matematika Dan Pembelajarannya (KNPMP I), Knpmp I, 377–384.