Eksplorasi etnomatematika pada corak batik tradisional solo dan kaitannya dengan pembelajaran matematika

Authors

  • Annisa Uswatun Khasanah Universitas Negeri Semarang
  • Intan Dwi Kartika Universitas Negeri Semarang
  • Danella Putri Wulandari Universitas Negeri Semarang
  • Adi Satrio Ardiansyah Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31980/pme.v4i2.2692

Keywords:

Etnomatematika, Batik, Ethnomathematics, Solo batik, circle equations, ethnographic approach, batik Solo, persamaan lingkaran, pendekatan etnograf

Abstract

Ethnomathematics is one of the applications of mathematics learning related to culture. This research explores the concept of ethnomathematics in traditional Solo batik patterns in the form of circles, such as Kawung, Parang, and Truntum batik and relates them to mathematics learning on the material of circle equations. The type of research used is explorative with an ethnographic approach, while the data collection methods include observation, documentation, and literature review. The results showed that learning mathematics with the object of batik patterns can be associated with the material of the circle equation. Ethnomathematics-based learning has a positive impact and makes learning more meaningful, because students' learning resources come from the environment they have known before. The results of this study contribute to the mathematics learning process at school and are expected to be used as mathematics teaching materials at the secondary school level.

Etnomatematika merupakan salah satu penerapan pembelajaran matematika yang berhubungan dengan budaya. Penelitian ini mengeksplorasi konsep etnomatematika dalam corak batik tradisional Solo yang berbentuk lingkaran, seperti batik Kawung, Parang, dan Truntum serta mengaitkannya dengan pembelajaran matematika pada materi persamaan lingkaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksploratif dengan pendekatan etnografi, sementara metode pengumpulan data meliputi observasi, dokumentasi, dan study literature review.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan objek corak batik dapat dikaitkan dengan materi persamaan lingkaran. Pembelajaran berbasis etnomatematika memberikan dampak positif dan membuat pembelajaran lebih bermakna, karena sumber belajar siswa berasal dari lingkungan yang telah mereka kenal sebelumnya. Hasil penelitian ini berkontribusi pada proses pembelajaran matematika di sekolah dan diharapkan dapat dijadikan bahan ajar matematika pada jenjang sekolah menengah.

References

Andriono, R. (2021). Analisis peran etnomatematika dalam pembelajaran matematika. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2).

Astria, R. T., & Kusno. (2023). Eksplorasi Etnomatematika pada Alat Musik Tradisional. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 171-182. https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i2.1334

Astriandini, M. G., & Kristanto, Y. D. (2021). Kajian etnomatematika pola Batik Keraton Surakarta melalui analisis simetri. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 13-24. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i1.637

Chyntia, C., Kurniati, N., & Afriansyah, E. A. (2025). Pengungkapan konsep matematis pada motif batik sunda melalui systematic literature review. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 4(1), 13-36. https://doi.org/10.31980/pme.v4i1.2677

Damayanti, M., & Latifah, L. (2017). Strategi Kota Pekalongan dalam pengembangan wisata kreatif berbasis industri batik. Jurnal Pengembangan Kota, 3(2), 100-111. https://doi.org/10.14710/jpk.3.2.100-111

Della, S. P. ., Rahmawati, E. Y. ., Luthfiyah, R. Z. ., Habiba, R. N. ., & Nafisa, S. (2024). Eksplorasi etnomatematika pada makanan tradisional kerak telor sebagai media belajar matematika kurikulum merdeka. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, 5(3), 1361-1369.https://doi.org/10.46306/lb.v5i3.664

Faiziyah, N., Khoirunnisa’, M., Azizah, N. N., Nurrois, M., Prayitno, H. J., Desvian, R., & Warsito. (2021). Ethnomathematics: Mathematics in Batik Solo. Journal of Physics: Conference Series, 1720(1), 012013. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1720/1/012013

Fatimah, S., Fajriyah, R. Z., & Prasetyo, S. (2024). Integrasi etnomatematika dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar berbasis kesenian tari budaya Lampung. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 8(4), 1631–1640. https://doi.org/10.35931/am.v8i4.3721

Hidayati, F., & Julianto, J. (2025). Integrasi Pendekatan Etnosains dalam Pembelajaran Sains untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. DIDAKTIKA: Jurnal Pemikiran Pendidikan, 31(1), 101-112. http://dx.doi.org/10.30587/didaktika.v31i1.9578

Holman, D., & Švejdarová, E. (2023). The 21st-century Empowering Wholeness Adaptive (EWA) educational model transforming learning capacity and human capital through wholeness systems thinking towards a sustainable future. Sustainability, 15(2), 1301. https://doi.org/10.3390/su15021301

Husnaidah, M., Hrp, M. S., & Sofiyah, K. (2024). Konsep Dasar Matematika Fondasi Untuk Berpikir Logis. Jurnal Ilmiah Multidisiplin Terpadu, 8(12).

Irawan, A., Lestari, M., & Rahayu, W. (2022). Konsep Etnomatematika Batik Tradisional Jawa Sebagai Pengembangan Media Pembelajaran Matematika. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(1), 39-45.https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i1.p39-45

Larasati, M. (2022). Kualitas Pendidikan Di Indonesia. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 2(5), 709-714. https://doi.org/10.53625/joel.v2i5.4540

Marfu'ah, S., Zaenuri, Z., Masrukan, M., & Walid, W. (2022, February). Model pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 5, pp. 50-54).

Meylani, R. (2025). Reimagining Mathematical Modeling Pedagogy: A Systematic Review of Strategies for Preservice Teacher Education. International Journal of Education Science, 2(1), 18-54. https://doi.org/10.46328/

Muhammad Thohir Mahfudzh, Rahmawati, N. D., & Kurniawati, A. (2024). Efektivitas Model Pembelajaran Diskusi Kelompok Terhadap Literasi Matematika Siswa. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 4(2), 1345–1353. https://doi.org/10.51574/jrip.v4i2.1938

Mulyani, E., & Natalliasari, I. (2020). Eksplorasi etnomatematik batik sukapura. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 131-142. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.598

Musliana, R., Hulpiana, T., Putri, D., Awinda, S., Rahmania, L. A., & Nurmawanti, I. (2024). Etnomatematika Historical Building “Taman Mayura” dan Implementasinya dalam Pengembangan Kemampuan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 199-214. https://doi.org/10.31980/plusminus.v4i2.1467

Rahmadani, A., Wandini, R. R., Dewi, A., Zairima, E., & Putri, T. D. (2022). Upaya meningkatkan berpikir kritis dan mengefektifkan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran matematika. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 427-433. https://doi.org/10.56832/edu.v2i1.167

Nisa, A., Mz, Z. A., & Vebrianto, R. (2021). Problematika Pembelajaran Matematika di SD Muhammadiyah Kampa Full Day School. El-Ibtidaiy: Journal of Primary Education, 4(1), 95-105. http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v4i1.11655

Nugraha, N. W., & Novaliyosi, N. (2023). Media pembelajaran berbasis etnomatematika: systematic literature review. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 4(1), 477-490.).https://doi.org/10.46306/lb.v4i1.286

Nursyamsiah, M., Puspitasari, N., & Mardiani, D. (2024). Eksplorasi Etnomatematika pada Motif Batik Pasiran Garut ditinjau dari Aspek Matematis. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 3(1), 91-100. https://doi.org/10.31980/pme.v3i1.1562

Nursyeli, F., & Puspitasari, N. (2021). Studi Etnomatematika pada Candi Cangkuang Leles Garut Jawa Barat. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 327-338. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i2.905

Prasetyo, I., Suryono, Y., & Gupta, S. (2021). The 21st century life skills-based education implementation at the non-formal education institution. Journal of Nonformal Education, 7(1), 1-7.https://doi.org/10.15294/jne.v7i1.26385

Pratama, R.A., Yelken, T.Y. Effectiveness of ethnomathematics-based learning on students’ mathematical literacy: a meta-analysis study. Discov Educ 3, 202 (2024). https://doi.org/10.1007/s44217-024-00309-1

Sari, T. A. M., Sholehatun, A. N., Rahma, S. A., & Prasetyo, R. B. (2021). Eksplorasi Etnomatematika pada Seni Batik Madura dalam Pembelajaran Geometri. Journal of Instructional Mathematics, 2(2), 71-77.https://doi.org/10.37640/jim.v2i2.1032

Sholihah, S. A., Dewi, I. S., & Mariana, N. (2021). Eksplorasi konsep matematika pada batik jetis sidoarjo untuk mentransformasikan konteks pembelajaran matematika di sekolah dasar. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 13(1), 76-85.

Williams, R. M. (2024). Mathematics Teachers' Perspectives on How Culture and Power Influences Their Pedagogy (Doctoral dissertation, Barry University).

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Khasanah, A. U., Kartika, I. D., Wulandari, D. P., & Ardiansyah, A. S. (2025). Eksplorasi etnomatematika pada corak batik tradisional solo dan kaitannya dengan pembelajaran matematika. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 4(2), 417–434. https://doi.org/10.31980/pme.v4i2.2692

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.