Eksplorasi etnomatematika pada corak batik tradisional solo dan kaitannya dengan pembelajaran matematika
DOI:
https://doi.org/10.31980/pme.v4i2.2692Keywords:
Etnomatematika, Batik, Ethnomathematics, Solo batik, circle equations, ethnographic approach, batik Solo, persamaan lingkaran, pendekatan etnografAbstract
Ethnomathematics is one of the applications of mathematics learning related to culture. This research explores the concept of ethnomathematics in traditional Solo batik patterns in the form of circles, such as Kawung, Parang, and Truntum batik and relates them to mathematics learning on the material of circle equations. The type of research used is explorative with an ethnographic approach, while the data collection methods include observation, documentation, and literature review. The results showed that learning mathematics with the object of batik patterns can be associated with the material of the circle equation. Ethnomathematics-based learning has a positive impact and makes learning more meaningful, because students' learning resources come from the environment they have known before. The results of this study contribute to the mathematics learning process at school and are expected to be used as mathematics teaching materials at the secondary school level.
Etnomatematika merupakan salah satu penerapan pembelajaran matematika yang berhubungan dengan budaya. Penelitian ini mengeksplorasi konsep etnomatematika dalam corak batik tradisional Solo yang berbentuk lingkaran, seperti batik Kawung, Parang, dan Truntum serta mengaitkannya dengan pembelajaran matematika pada materi persamaan lingkaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksploratif dengan pendekatan etnografi, sementara metode pengumpulan data meliputi observasi, dokumentasi, dan study literature review.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan objek corak batik dapat dikaitkan dengan materi persamaan lingkaran. Pembelajaran berbasis etnomatematika memberikan dampak positif dan membuat pembelajaran lebih bermakna, karena sumber belajar siswa berasal dari lingkungan yang telah mereka kenal sebelumnya. Hasil penelitian ini berkontribusi pada proses pembelajaran matematika di sekolah dan diharapkan dapat dijadikan bahan ajar matematika pada jenjang sekolah menengah.
References
Andriono, R. (2021). Analisis peran etnomatematika dalam pembelajaran matematika. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2).
Astria, R. T., & Kusno. (2023). Eksplorasi Etnomatematika pada Alat Musik Tradisional. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 171-182. https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i2.1334
Astriandini, M. G., & Kristanto, Y. D. (2021). Kajian etnomatematika pola Batik Keraton Surakarta melalui analisis simetri. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 13-24. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i1.637
Chyntia, C., Kurniati, N., & Afriansyah, E. A. (2025). Pengungkapan konsep matematis pada motif batik sunda melalui systematic literature review. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 4(1), 13-36. https://doi.org/10.31980/pme.v4i1.2677
Damayanti, M., & Latifah, L. (2017). Strategi Kota Pekalongan dalam pengembangan wisata kreatif berbasis industri batik. Jurnal Pengembangan Kota, 3(2), 100-111. https://doi.org/10.14710/jpk.3.2.100-111
Della, S. P. ., Rahmawati, E. Y. ., Luthfiyah, R. Z. ., Habiba, R. N. ., & Nafisa, S. (2024). Eksplorasi etnomatematika pada makanan tradisional kerak telor sebagai media belajar matematika kurikulum merdeka. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, 5(3), 1361-1369.https://doi.org/10.46306/lb.v5i3.664
Faiziyah, N., Khoirunnisa’, M., Azizah, N. N., Nurrois, M., Prayitno, H. J., Desvian, R., & Warsito. (2021). Ethnomathematics: Mathematics in Batik Solo. Journal of Physics: Conference Series, 1720(1), 012013. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1720/1/012013
Fatimah, S., Fajriyah, R. Z., & Prasetyo, S. (2024). Integrasi etnomatematika dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar berbasis kesenian tari budaya Lampung. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 8(4), 1631–1640. https://doi.org/10.35931/am.v8i4.3721
Hidayati, F., & Julianto, J. (2025). Integrasi Pendekatan Etnosains dalam Pembelajaran Sains untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. DIDAKTIKA: Jurnal Pemikiran Pendidikan, 31(1), 101-112. http://dx.doi.org/10.30587/didaktika.v31i1.9578
Holman, D., & Švejdarová, E. (2023). The 21st-century Empowering Wholeness Adaptive (EWA) educational model transforming learning capacity and human capital through wholeness systems thinking towards a sustainable future. Sustainability, 15(2), 1301. https://doi.org/10.3390/su15021301
Husnaidah, M., Hrp, M. S., & Sofiyah, K. (2024). Konsep Dasar Matematika Fondasi Untuk Berpikir Logis. Jurnal Ilmiah Multidisiplin Terpadu, 8(12).
Irawan, A., Lestari, M., & Rahayu, W. (2022). Konsep Etnomatematika Batik Tradisional Jawa Sebagai Pengembangan Media Pembelajaran Matematika. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(1), 39-45.https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i1.p39-45
Larasati, M. (2022). Kualitas Pendidikan Di Indonesia. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 2(5), 709-714. https://doi.org/10.53625/joel.v2i5.4540
Marfu'ah, S., Zaenuri, Z., Masrukan, M., & Walid, W. (2022, February). Model pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 5, pp. 50-54).
Meylani, R. (2025). Reimagining Mathematical Modeling Pedagogy: A Systematic Review of Strategies for Preservice Teacher Education. International Journal of Education Science, 2(1), 18-54. https://doi.org/10.46328/
Muhammad Thohir Mahfudzh, Rahmawati, N. D., & Kurniawati, A. (2024). Efektivitas Model Pembelajaran Diskusi Kelompok Terhadap Literasi Matematika Siswa. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 4(2), 1345–1353. https://doi.org/10.51574/jrip.v4i2.1938
Mulyani, E., & Natalliasari, I. (2020). Eksplorasi etnomatematik batik sukapura. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 131-142. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.598
Musliana, R., Hulpiana, T., Putri, D., Awinda, S., Rahmania, L. A., & Nurmawanti, I. (2024). Etnomatematika Historical Building “Taman Mayura” dan Implementasinya dalam Pengembangan Kemampuan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 199-214. https://doi.org/10.31980/plusminus.v4i2.1467
Rahmadani, A., Wandini, R. R., Dewi, A., Zairima, E., & Putri, T. D. (2022). Upaya meningkatkan berpikir kritis dan mengefektifkan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran matematika. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 427-433. https://doi.org/10.56832/edu.v2i1.167
Nisa, A., Mz, Z. A., & Vebrianto, R. (2021). Problematika Pembelajaran Matematika di SD Muhammadiyah Kampa Full Day School. El-Ibtidaiy: Journal of Primary Education, 4(1), 95-105. http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v4i1.11655
Nugraha, N. W., & Novaliyosi, N. (2023). Media pembelajaran berbasis etnomatematika: systematic literature review. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 4(1), 477-490.).https://doi.org/10.46306/lb.v4i1.286
Nursyamsiah, M., Puspitasari, N., & Mardiani, D. (2024). Eksplorasi Etnomatematika pada Motif Batik Pasiran Garut ditinjau dari Aspek Matematis. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 3(1), 91-100. https://doi.org/10.31980/pme.v3i1.1562
Nursyeli, F., & Puspitasari, N. (2021). Studi Etnomatematika pada Candi Cangkuang Leles Garut Jawa Barat. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 327-338. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i2.905
Prasetyo, I., Suryono, Y., & Gupta, S. (2021). The 21st century life skills-based education implementation at the non-formal education institution. Journal of Nonformal Education, 7(1), 1-7.https://doi.org/10.15294/jne.v7i1.26385
Pratama, R.A., Yelken, T.Y. Effectiveness of ethnomathematics-based learning on students’ mathematical literacy: a meta-analysis study. Discov Educ 3, 202 (2024). https://doi.org/10.1007/s44217-024-00309-1
Sari, T. A. M., Sholehatun, A. N., Rahma, S. A., & Prasetyo, R. B. (2021). Eksplorasi Etnomatematika pada Seni Batik Madura dalam Pembelajaran Geometri. Journal of Instructional Mathematics, 2(2), 71-77.https://doi.org/10.37640/jim.v2i2.1032
Sholihah, S. A., Dewi, I. S., & Mariana, N. (2021). Eksplorasi konsep matematika pada batik jetis sidoarjo untuk mentransformasikan konteks pembelajaran matematika di sekolah dasar. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 13(1), 76-85.
Williams, R. M. (2024). Mathematics Teachers' Perspectives on How Culture and Power Influences Their Pedagogy (Doctoral dissertation, Barry University).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Annisa Uswatun Khasanah, Intan Dwi Kartika, Danella Putri Wulandari, Adi Satrio Ardiansyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.