Miskonsepsi siswa smp pada materi perbandingan dengan menggunakan four tier diagnostic test

Authors

  • Sama Al-Qonuni SMP Ma’arif 1 Ma’ruful Hidayah
  • Ekasatya Aldila Afriansyah Institut Pendidikan Indonesia Garut

DOI:

https://doi.org/10.31980/pme.v2i2.1422

Keywords:

Misconceptions, comparison Material, Four Tier Diagnostic Test, Miskonsepsi, Materi Perbandingan

Abstract

One obstacle that occurs in the learning of junior high school students in solving complex and abstract problems is characterized by a misunderstanding of concepts (misconceptions). One effort to find out the misconception is to use the Four-Tier Diagnostic Test (FTD Test). The material used in this study is a comparison material that is synonymous with the concept of a comparison. This study aims to determine the type of misconception and causes of misconceptions experienced by students on comparison material using the FTD Test. This type of research is descriptive research with a qualitative approach. The subjects in this study were 5 Class VIII-D students of SMPN 1 Tarogong Kaler as many as 5 people were chosen using the Purposive Sampling method. The instruments used in this study were FTD Test sheets, interview guidelines, and observation sheets. Data were analyzed using data reduction techniques, data presentation, and data verification1/concluding. The results of this study students experience classification misconceptions, correlational misconceptions, and theoretical misconceptions. The cause of misconceptions in students is from their students who do not understand the comparison material, the teacher's habit of giving routine practice questions and is also influenced by learning online.

Salah satu hambatan yang terjadi pada pembelajaran siswa SMP dalam memecahkan permasalahan yang kompleks dan abstrak ditandai dengan adanya kesalahpahaman konsep (miskonsepsi). Salah satu upaya untuk mengetahui adanya miskonsepsi adalah dengan menggunakan Four Tier Diagnostic Test (FTD Test). Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah materi perbandingan yang identik dengan konsep perbadingan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis miskonsepsi dan penyebab miskonsepsi yang dialami oleh siswa dengan menggunakan FTD Test. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriftif dengan pendekatan kualitatif, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-D SMPN 1 Tarogong Kaler sebanyak 5 orang yang dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Instrumen yang adalah lembar FTD Test, lembar pedoman wawancara, dan lembar observasi. Data dianalisis menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data/penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini siswa mengalami miskonsepsi klasifikasional, miskonsepsi korelasional, dan miskonsepsi teoritikal. Penyebab terjadinya miskonsepsi kurangnya memahami materi perbandingan, kebiasaan guru memberi soal latihan rutin, dan juga dipengaruhi oleh pembelajaran yang dilakukan secara daring.

References

Adzani, D. A. E. (2019). Konsepsi Calon guru Matematika tentang Rasio dan Perbandingan (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Ainiyah, L. A., & Sugiyono. (2016). Identifikasi Miskonsepsi Siswa Dalam Materi Geometri Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas Viii Smp Negeri 1 Punggelan. Jurnal Pendidikan Matematika-S1, 5(1).

Arikunto, S. (2011). Prosedur Penelitian: Suatu pendetakan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Fariyani, Q., & Rusilowati, A. (2015). Pengembangan four-tier diagnostic test untuk mengungkap miskonsepsi fisika siswa sma kelas x. Journal of Innovative Science Education, 4(2).

Herutomo, R. A., & Saputro, T. E. M. (2014). Analisis kesalahan dan miskonsepsi siswa kelas VIII pada materi aljabar. Edusentris, 1(2), 134-145.

Ismail, I. I., Samsudin, A., Suhendi, E., & Kaniawati, I. (2015). Diagnostik miskonsepsi melalui listrik dinamis four tier test. Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains, 3(1), 381-384.

Kiray, S. A., & Simsek, S. (2021). Determination and evaluation of the science teacher candidates’ misconceptions about density by using four-tier diagnostic test. International Journal of Science and Mathematics Education, 19, 935-955.

Lanya, H. (2016). Pemahaman konsep perbandingan siswa SMP berkemampuan matematika rendah. Sigma, 2(1), 19-22.

Mahtuum, Z. A. R., Nurhayati, A., Hidayat, W., & Rohaeti, E. E. (2020). Analisis kemampuan pemahaman matematis siswa kelas vii smp budi luhur pada materi perbandingan. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(2), 137-144.

Natalia T, K., Subanji, S., & Sulandra, I. (2016). Miskonsepsi pada Penyelesaian Soal Aljabar Siswa Kelas VIII Berdasarkan Proses Berpikir Mason. Jurnal Pendidikan - Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(10), 1917–1925.

Nurkamilah, P., & Afriansyah, E. A. (2021). Analisis Miskonsepsi Siswa pada Bilangan Berpangkat. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 49-60.

Rahayu, N. S., & Afriansyah, E. A. (2021). Miskonsepsi Siswa SMP pada Materi Bangun Datar Segiempat. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 17-32.

Sadiah, D. S., & Afriansyah, E. A. (2023). Miskonsepsi siswa ditinjau dari tingkat penyelesaian masalah pada materi operasi pecahan. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(1), 31-44.

Sari, H. M., & Afriansyah, E. A. (2020). Analisis Miskonsepsi Siswa SMP pada Materi Operasi Hitung Bentuk Aljabar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 439-450.

Sari, N. M. (2020). Analisis Kesulitan Siswa dalam Mengerjakan Soal Matematika Materi Perbandingan Kelas VII SMP Luhur Baladika. Jurnal Equation: Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematika, 3(1), 22–33.

Sopandi, W., & Sukardi, R. R. (2020). Using four-tier diagnostic tests to understand the conceptions held by pre-service primary school teachers about sea pollutant migration. Review of International Geographical Education Online, 10(2), 13-29.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D (19 ed). Bandung: Alfabeta.

Sulistiawarni, W. (2018). Identifikasi Miskonsepsi Menggunakan Four-Tier Diagnostic Test Materi Suhu dan Kalor Siswa SMA/MA. Skripsi S1 Pendidikan. Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Taban, T., & Kiray, S. A. (2022). Determination of science teacher candidates’ misconceptions on liquid pressure with four-tier diagnostic test. International Journal of Science and Mathematics Education, 20(8), 1791-1811.

Utami, R. (2019). Analisis Miskonsepsi Siswa dan Cara Mengatasinya pada Materi Bentuk Aljabar Kelas VII-C SMP Negeri 13 Malang. JPM : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 37-44.

Wiryanto, W. (2020). Proses Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 6(2), 125-132.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Al-Qonuni, S., & Afriansyah, E. A. (2023). Miskonsepsi siswa smp pada materi perbandingan dengan menggunakan four tier diagnostic test. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(2), 205–214. https://doi.org/10.31980/pme.v2i2.1422

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.