Revolutionizing Mathematics Education: Unveiling the Future-Ready Media Demands among Aspiring Educators

Authors

  • Cici Oktaviani Universitas Negeri Yogyakarta
  • Sekar Purbarini Kawuryan Universitas Negeri Yogyakarta
  • Bambang Saptono Universitas Negeri Yogyakarta
  • Rahayu Condro Murti Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v12i4.1194

Keywords:

Era 4.0, Media Pembelajaran Masa Depan, Persepsi, Revolusi, 4.0 era, Future Learning Media, Perception, Revolution

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif matematis sangat penting bagi siswa sekolah kejuruan, baik Media pembelajaran dibutuhkan sebagai salah satu faktor pendukung utama dalam keberlangsungan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi persepsi calon guru terhadap kebutuhan media pembelajaran di era 4.0, khususnya pada pelajaran matematika. Penelitian berjenis kualitatif deskriptif ini menggunakan metode survei pada 47 mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar pada salah satu Universitas di Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan angket kuisioner. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran sangat diperlukan dalam proses belajar mengajar. Guru, sebagai tenaga pendidik, memiliki peran krusial dalam pemilihan media yang sesuai. Dengan tuntutan pendidikan abad 21, media pembelajaran harus sesuai dengan karakteristik siswa, materi pembelajaran, dan perkembangan zaman. Dengan demikian, integrasi media pembelajaran yang tepat guna sangat penting untuk diterapkan guna meningkatkan kualitas dan efektivitas proses belajar mengajar.

Learning media is needed as one of the main supporting factors in the continuity of learning. This research aims to explore prospective teachers' perceptions of the need for learning media in the 4.0 era, especially in mathematics lessons. This descriptive qualitative research used a survey method on 47 elementary school Prospective teacher education students at a university in Yogyakarta. The data collection technique uses a questionnaire. Data analysis consists of data reduction, data presentation, and conclusion. The research results show that learning media is very necessary for the teaching-learning process. Teachers, as educators, have a crucial role in selecting appropriate media. With the demands of 21st-century education, learning media must be appropriate to student characteristics, learning materials, and current developments. Thus, the integration of appropriate learning media is very important to implement to improve the quality and effectiveness of the teaching and learning process.

References

Alim, J. A., Hermita, N., Sari, I. K., Alpusari, M., Sulastio, A., Mulyani, E. A., Putra, R. A., & Arnawa, I. M. (2020). Development of Learning Flow for KPK Based on Interactive Multimedia Assisted RME Based on Students PGSD UNRI. Journal of Physics: Conference Series, 1655(1), 012045.

https://doi.org/10.1088/17426596/1655/1/012045

Alim, J. A., Oktaviani, C., Hermita, N., & Putra, Z. H. (2023). Enchanting Math AudibleBook: Insights from Teachers, University Students, and Young Learners. PYTHAGORAS Jurnal Pendidikan Matematika, 18(2), 112–123. https://doi.org/10.21831/pythagoras.v18i2.65593

Alya, M., Cahyani, A., Erni, E., & Mahrawi, M. (2023). The Effectiveness of Poster Media on Senior High School Students’ Communication Skills on Plant Tissue Concept. Jurnal Pendidikan Indonesia Gemilang, 3(1), 20–25. https://doi.org/10.53889/jpig.v3i1.149

Buranda, M. S., & Bernard, M. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Materi Lingkaran Siswa Smp Berdasarkan Gender. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(1), 33.

https://doi.org/10.22460/jpmi.v2i1.p33-40

Chusna, Z., Caswita, C., & Haenilah, E. Y. (2022). Development of Excel-Based Learning Media to Improve Understanding of High School Statistical Concepts. Numerical: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6, 101–114.

https://doi.org/10.25217/numerical.v6i1.2315

Faradila, S. P., & Aimah, S. (2018). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa di SMA N 15 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Unimus, 1(2005), 508–512.

Fauzi, A., Sawitri, D., & Syahrir, S. (2020). Kesulitan Guru Pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 142–148. https://doi.org/10.58258/jime.v6i1.1119

Firmadani, F. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 93–97.

Gabriela, N. D. P. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasi Audio Visual Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Sekolah Dasar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 2(1), 104–113. https://doi.org/10.33487/mgr.v2i1.1750

Hidayati, N., & Irmawati, F. (2019). Analisis Kebutuhan Pembelajaran Era Digital 4.0: Multimedia Anatomi Fisiologi Manusia dengan Model STEM Education di Program Studi Pendidikan Biologi IKIP Budi Utomo Malang. Proceeding Biology Education Conference, 16(1), 110–117.

Hodiyanto, H., Darma, Y., & Putra, S. R. S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash Bermuatan Problem Posing terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 323–334. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i2.652

Pramerta, I. G. P. A., Arjaya, I. B.A., & Devi, P. A. T. (2022). Learning Media Variation: Students’ Perception. Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP), 12(2), 180–184. https://doi.org/10.36733/jsp.v12i2.5267

Kade, G., Sulaksana, A., Putu, L., & Mahadewi, P. (2022). Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0: E-Learning pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan untuk Siswa Kelas X. Jurnal Edutech Undiksha, 10(1), 135–145. https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.43397

Kandia, I. W., Suarningsih, N. M., Wahdah, W., Arifin, A., Jenuri, J., & Suwarma, D. M. (2023). The Strategic Role of Learning Media in Optimizing Student Learning Outcomes. Journal of Education Research, 4(2 SE-Articles), 508–514.

Khairunnisa, G. F., & Ilmi, Y. I. N. (2020). Media Pembelajaran Matematika Konkret Versus Digital: Systematic Literature Review di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Tadris Matematika, 3(2), 131–140.

https://doi.org/10.21274/jtm.2020.3.2.131-140

Kurniawati, U., & Koeswanti, H. D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Kodig Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 1046–1052.

https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.843

Limin, S., & Kundiman, R. S. (2023). Peranan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Dalam Menunjang Minat Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Sejarah Musik. Psalmoz : A Journal of Creative and Study of Church Music, 4(1), 16–26.

Magdalena, I., Shodikoh, A. F., & Pebrianti, A. R. (2021). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sdn Meruya Selatan 06 Pagi. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(2), 312–325.

Makaruku, V. K., & Makulua, I. J. (2021). Manajemen dan Penerapan Pembelajaran Sistem Revolusi Industri 4 . 0 dalam Pembelajaran pada Sekolah Menengah Pertama di Kota Ambon. JIIPI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Indonesia, 1(1), 49–56.

Mania, S., & Alam, S. (2021). Teachers’ perception toward the use of ethnomathematics approach in teaching math. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 9(2), 282–298. https://doi.org/10.46328/IJEMST.1551

Margot, K. C., & Kettler, T. (2019). Teachers’ perception of STEM integration and education: a systematic literature review. International Journal of STEM Education, 6(1). https://doi.org/10.1186/s40594-018-0151-2

Martyani, E., & Yamalia, I. (2023). Interaksi teknologi Komputer Implikasi, Tantangan, dan Peluang dalam Masyarakat. Journal V-Tech (Vision Technology), 6(1).

Muhaimin, L. H., & Juandi, D. (2023). The Role Of Learning Media In Learning Mathematics : A Systematic Literature Review. Journal of Mathematics and Mathematics Education, 13(01), 85-107. https://doi.org/10.20961/jmme.v13i1.74425

Muhassanah, N., Hayati, A., & Winarni, A. (2022). The Effectiveness of Mathematics Learning Using Online Media During the Covid-19 Pandemic. Journal of Mathematics Education, 8(November), 131–142.

Nabilah, P., Mhd, Y., & Nurbaiti. (2021). Revolusi Industri 4.0 : Peran Teknologi Dalam Eksistensi Penguasaan Bisnis Dan Implementasinya. Jpsb, 9(2), 91–98.

Nugraha, H. C., & Rusmin, P. H. (2015). Educational game design on Pythagorean theorem for game based learning using 6i’s component. 2015 4th International Conference on Interactive Digital Media (ICIDM), 1–5. https://doi.org/10.1109/IDM.2015.7516330

Nurfadhillah, S., Cahya Tri Ramadani, F., Ari Afianti, N., Edo Erdian, A., & Muhammadiyah Tangerang, U. (2021). Pengembangan Media Video Pada Pelajaran Matematika Di Sd Negeri Poris Pelawad 3. Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 3(2), 333–343.

Nurfadhillah, S., Ramadhanty Wahidah, A., Rahmah, G., Ramdhan, F., Claudia Maharani, S., & Muhammadiyah Tangerang, U. (2021). Penggunaan Media Dalam Pembelajaran Matematika Dan Manfaatnya Di Sekolah Dasar Swasta Plus Ar-Rahmaniyah. EDISI: Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(2), 289–298.

Nurmawati, N., Masduki, L. R., Prayitno, E., & Dartani, M. Y. R. (2020). the Implementation of Interactive Multimedia in Improving Mathematics Learning Outcomes. ETERNAL: English Teaching Journal, 11(2), 101–107. https://doi.org/10.26877/eternal.v11i2.7567

Oktaviani, C., Alim, J. A., Antosa, Z., & Hermita, N. (2022). Pengembangan Audible Books Berbasis Etnomatematika Sebagai Media Literasi Untuk Siswa Di Sekolah Dasar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 2464–2478. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.5355

Primamukti, A. D., & Farozin, M. (2018). Utilization of interactive multimedia to improve learning interest and learning achievement of child. Jurnal Prima Edukasia, 6(2), 111–117.

https://doi.org/10.21831/jpe.v6i2.19183

Putra, I. S., Islamiati, N., & Komalasari, L. I. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pemahaman Matematika Siswa Pada Pembelajaran Theorema Pyhtagoras. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(4), 333–342. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i4.333-342

Rindengan, M. (2023). The Utilization of Picture Storybook: Can It Increase Students’ Critical and Creative Thinking Skills? Jurnal Prima Edukasia, 11(2), 176–185. https://doi.org/10.21831/jpe.v11i2.56854

Saddam Husein, S. U. M. S. S. (2018). Urgensi Media Dalam Proses Pembelajaran. Al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 237. https://doi.org/10.33477/alt.v3i2.605

Sapriyah. (2019). Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 470–477.

Setyawan, A., Azzahra, E. F., Astuti, I. T., Ica, I. E., Septyorini, E. A., & Susanti, S. D. (2020). Menciptakan Pembelajaran yang Efektif dan Menyenangkan. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1), 238–243.

Sitorus, D. S., Nugroho, T., & Santoso, B. (2022). Pemanfaatan Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Game Pada Masa Pandemi Covid-19. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(2), 81–88.

Syelviana, N., & Sri, H. (2019). Pengembangan Media Big-Book Dalam Pembelajaran Membaca Menulis Permulaan Di Kelas 1 Sekolah Dasar. JPGSD : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 2559–2569.

Utomo, F. B. B. (2018). Developing illustrated story books to improve beginning reading skills and learning motivation. Jurnal Prima Edukasia, 6(2), 118–128.

https://doi.org/10.21831/jpe.v6i2.16456

Utomo, G. W., Hanifah, H., Yensy, N. A., & Stiadi, E. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pokok Bahasan Pola Bilangan Dan Barisan Bilangan Kelas Viii Smp It Ma’had Rabbani Bengkulu Tengah. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah, 6(3). https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jp2ms.6.3.450-458

Wahidin, U., Sarbini, M., & Tabroni, I. (2022). Evaluasi Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Praktik Pengalaman Lapangan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(03), 831. https://doi.org/10.30868/ei.v11i03.3175

Yanti, C. O. D., Anggraini, F., & Darwanto. (2019). Media Pembelajaran Matematika Interaktif Dalam Upaya Menumbuhkan Karakter Siswa. Semnasfip, 201–206.

Yunus, M., & Mitrohardjono, M. (2020). Pengembangan Tehnologi Di Era Industri 4.0 Dalam Pengelolaan Pendidikan Sekolah Dasar Islam Plus Baitul Maal. Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam, Vol 3(No. 2), 129–138. https://doi.org/10.24853/tahdzibi.3.2.129-138

Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 19(01), 61–78. https://doi.org/10.25134/equi.v19i01.3963

Downloads

Published

2023-10-30

How to Cite

Oktaviani, C., Kawuryan, S. P., Saptono, B., & Murti, R. C. (2023). Revolutionizing Mathematics Education: Unveiling the Future-Ready Media Demands among Aspiring Educators. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(4), 821–832. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v12i4.1194

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 31 32 33 34 35 36 37 38 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.