Developing Remedial Learning Videos on Algebraic Expression Material in Junior High Schools

Authors

  • Salsabila Khairani Syiah Kuala University
  • Mailizar Syiah Kuala University
  • Mukhlis Hidayat Syiah Kuala University
  • Rahmah Johar Syiah Kuala University

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v13i1.1981

Keywords:

Bentuk Aljabar, Remedial Berbasis E-Learning, Video Pembelajaran Remedial, Algebraic Forms, E-Learning Based Remedial, Remedial Learning Videos

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran remedial yang terjadi saat ini dianggap belum sesuai dengan Permendikbud No 103 tahun 2014 karena guru mengalami keterbatasan waktu. Penggunaan video pembelajaran remedial berbasis e-learning merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan dalam mengatasi keterbatasan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran remedial berbasis e-learning pada materi bentuk aljabar yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE. Subjek dalam penelitian ini adalah 82 Siswa Kelas VIII dari tiga jenjang sekolah Banda Aceh. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar validasi video, angket respon siswa, dan tes remedial menggunakan e-learning. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa video pembelajaran remedial diperoleh rerata validasi adalah 98.40% memiliki kriteria sangat valid, hasil respon siswa sebesar 83.28% memiliki kriteria praktis, dan efektif berdasarkan peningkatan hasil belajar siswa dilihat dari N-Gain pada tes diagnostik dan tes remedial sebesar 0.57 pada kategori sedang.

The current implementation of remedial learning is considered not in accordance with Permendikbud (Regulation of the Minister of Education and Culture) No. 103 of 2014 because teachers experience time constraints. Using remedial learning videos based on e-learning is one of the efforts that can be made to overcome these constraints. This study aimed to develop remedial learning videos based on e-learning on algebraic forms material that met valid, practical, and effective criteria. This study used the research and development approach with the ADDIE development model. The subjects in this study were 82 Grade VIII students at three levels of school in Banda Aceh. The instruments used were a validation sheet, student response questionnaire, and remedial test using e-learning. Based on the results of the study, the validation average obtained is 98.40% with very valid criteria, student response obtained at 83.28% with practical criteria, and effective based on the increase in student learning outcomes seen from the N-Gain on the diagnostic test and remedial test of 0.57 in the moderate category.

References

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (14th ed.). Rineka Cipta.

Astafiria, N. S., & Bayu, G. W. (2021). Digital Learning Media Assisted by Quizizz Application (METALIQ) on Science Content of Ecosystem Topic for Sixth Grade Elementary School. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(3), 485–497.

Brame, C. J. (2016). Effective Educational Videos: Principles and Guidelines for Maximizing Student Learning from Video Content. CBE Life Sciences Education, 15(4), es6.1-es6.6.

Branch, R. M. (2009). Approach, Instructional Design: The ADDIE. In Springer.

Fitriza, Z., Iswendi, I., Iryani, I., & Aini, F. Q. (2018). Praktikalitas Penggunaan Media Sosial Pembelajaran Edmodo untuk Program Remedial dan Forum Diskusi Guru. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 2(1), 78–84.

Gusal, T. P., Ramlawati, & Rusli, M. A. (2021). Penerapan Video Tutorial Berbasis E-Learning Untuk Meningkatkan Ketuntasan Belajar Peserta Didik Remedial Kelas VIII SMPN 18 Makassar (Studi Pada Materi Pokok Usaha Dan Pesawat Sederhana). Jurnal IPA Terpadu, 5(1), 64–74.

Lidi, M. W. (2019). Pembelajaran Remedial Sebagai Suatu Upaya dalam Mengatasi Kesulitan Belajar. Foundasia, 9(1), 15–26.

Malihatuddarojah, D., & Prahmana, R. C. I. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Permasalahan Operasi Bentuk Aljabar. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 1–8.

Meltzer, D. E. (2002). The relationship between mathematics preparation and conceptual learning gains in physics: A possible “hidden variable” in diagnostic pretest scores. American Journal of Physics, 70(12), 1259–1268.

Mu’minah, I. H., & Gaffar, A. A. (2020). Pemanfaatan E-Learning Berbasis Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Biologi. Seminar Nasional Pendidikan, 800–816.

Muharrifa, N. R., Tandililing, E., & Hamdani. (2018). Remediasi Miskonsepsi Siswa Menggunakan Video Animasi Flash tentang Gravitasi di SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(4).

Nasrudin, N., & Maryadi, M. (2019). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan dalam Pembelajaran di SD. Manajemen Pendidikan, 13(2), 15–23.

Ningsih, S. K., Amaliyah, A., & Rini, C. P. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Berajah Journal, 2(1), 123–133.

Nurmartarina, D., & Novita, D. (2021). Strategi Konflik Kognitif Sebagai Pembelajaran Remedial Materi Laju Reaksi untuk Mereduksi Miskonsepsi Siswa Kelas XI MIPA SMAN 2 Blitar. PENDIPA Journal of Science Education, 5(3), 328–336.

Nurwahidah, C. D., Zaharah, Z., & Sina, I. (2021). Media Video Pembelajaran dalam Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Mahasiswa. Rausyan Fikr: Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 17(1), 118–127.

Ponza, P. J. R., Jampel, I. N., & Sudarma, I. K. (2018). Pengembangan Media Video Animasi pada Pembelajaran Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 6(1), 9–19.

Priyadi, R., Kusairi, S., & Indrasari, N. (2018). Desain dan Pengembangan Video Pembelajaran Gerak Parabola Sebagai Fasilitas Remediasi Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 4(1), 20–28.

Putri, A., & Nasution, E. Y. P. (2023). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa MTs dalam Menyelesaikan Masalah Matematika pada Materi Bentuk Aljabar. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 127-138.

Rasiman, Prasetyowati, D., & Kartinah. (2020). Development of Learning Videos for Junior High School Math Subject to Enhance Mathematical Reasoning. International Journal of Education and Practice, 8(1), 18–25.

Riduwan. (2012). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Alfabeta.

Safitra, M. D., Mulyono, B., & Susanti, E. (2023). Numeration-Based Teaching Materials on Algebra Shape Materials for Blended Learning. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 375-388.

Saprudin, Hi. Abdullah, I., Haerullah, A., & Saraha, A. R. (2015). Pengembangan Media Video Tutorial Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Materi Kalor. Edukasi, 13(2), 451–461.

Saputra, Y. A., & Cesaria, A. (2023). Students' errors in algebraic form operations based on newman's criteria. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(3), 301-308.

Sari, I. K., Nasriadi, A., Amalia, Y., Musfiya, & Setiawati, F. A. (2023). Mathematical Representation Ability of Junior High School Students: A Case Study of Students’ Cognitive Ability through Realistic Mathematics Education. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(3), 453-464.

Septia, T., Rizki, U., Pertiwi, E. K. C. A., & Kiromi, M. M. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Matematika Bernuansa Islami pada Materi Aljabar. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(3), 469-478.

Sidarta, C. A., & Yunianta, T. N. H. (2022). Pengembangan Video Animasi Pola Konfigurasi Objek untuk Pembelajaran Jarak Jauh. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(2), 127–138.

Sunami, M. A., & Aslam, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Zoom Meeting terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1940–1945.

Sutrisno, D., & Buhari, B. (2021). Designing Video Based Learning for Nursing Skills Procedures Video. Journal of Physics: Conference Series, 1810(1), 1–8.

Ulyana, A., Abidin, Z., & Husna, A. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran Kalor untuk Siswa Kelas VII. Jinotep, 5(2), 81–86.

Utami, Y. P., & Cahyono, D. A. D. (2020). Study At Home: Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada Proses Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(1), 20–26.

Wijaya, T. T., Hidayat, W., & Zhou, Y. (2020). Development of Interactive Learning Video on Linear Program. Universal Journal of Educational Research, 8(12A), 7530–7538.

Yasir, I. (2016). Evaluasi Diagnostik dan Remedial oleh Guru dalam Proses Pembelajaran. Jurnal BAPPEDA, 2(3), 186–192.

Yolida, B., Marpaung, R. R. T., Wiono, W. J., & Priadi, M. A. (2021). Peningkatan Profesionalisme Guru-Guru Biologi SMA di Kabupaten Tulang Bawang Barat Melalui Pelatihan Pembuatan Media Video Tutorial dan Implementasinya dalam Remedial Teaching. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 160–164.

Wahyuni, R., Herman, T., & Fatimah, S. (2023). Letters in Algebra as the Transition from Arithmetic Thinking to Algebraic Thinking. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(3), 441-452.

Downloads

Published

2024-01-30

How to Cite

Khairani, S., Mailizar, Hidayat, M., & Johar, R. (2024). Developing Remedial Learning Videos on Algebraic Expression Material in Junior High Schools. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 125–138. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v13i1.1981

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.