Correlation Of Differentiated Learning Management to Students' Numeracy Literacy Ability in Realistic Mathematics
DOI:
https://doi.org/10.31980/mosharafa.v14i1.2493Keywords:
korelasi, manajemen pembelajaran diferensiasi, kemampuan literasi numerasi;, matematika realistik, differentiated learning management, numeracy literacy abilityAbstract
Penelitian korelasional ini bertujuan menyelidiki hubungan antara manajemen pembelajaran diferensiasi dan kemampuan literasi numerasi siswa dalam konteks pembelajaran matematika realistik di SMP Negeri 4 Ciamis. Melalui pendekatan deskriptif kuantitatif dengan sampel siswa kelas VII, penelitian mengungkap hubungan signifikan yang sangat kuat antara kedua variabel tersebut. Temuan utama menunjukkan bahwa manajemen pembelajaran diferensiasi memberikan kontribusi sebesar 66% terhadap peningkatan kemampuan literasi numerasi siswa. Hasil analisis statistik memperlihatkan korelasi yang positif dan signifikan, mengindikasikan bahwa implementasi pembelajaran diferensiasi yang efektif berperan penting dalam pengembangan literasi numerasi. Selain itu, penelitian mengidentifikasi faktor-faktor lain yang berkontribusi sebesar 34% terhadap variasi kemampuan literasi numerasi. Kesimpulannya, penelitian ini menegaskan pentingnya penerapan manajemen pembelajaran diferensiasi yang terstruktur sebagai bagian dari strategi untuk meningkatkan literasi numerasi siswa dalam pembelajaran matematika realistik.
This correlational study aims to investigate the relationship between differentiated learning management and students' numeracy literacy skills in the context of realistic mathematics learning at SMP Negeri 4 Ciamis. Through a quantitative descriptive approach with a sample of seventh-grade students, the study revealed a powerful and significant relationship between the two variables. The main finding shows that differentiated learning management contributes 66% to the improvement of students' numeracy literacy skills. Statistical analysis results show a positive and significant correlation, indicating that the implementation of effective differentiated learning plays an important role in the development of numeracy literacy. In addition, the study identified other factors that contribute 34% to the variation in numeracy literacy skills. In conclusion, this study emphasises the importance of implementing structured differentiated learning management as part of a strategy to improve students' numeracy literacy in realistic mathematics learning.
References
Afriansyah, E. A., Nuraeni, R., Puspitasari, N., Sundayana, R., Jejen, J., Sumia, S., ... & Lesmana, A. (2023). Training of Realistic Mathematics Education Learning Approach in Salawu Village. Indonesian Journal of Community Empowerment (IJCE), 4(01), 26-32.
Ali, N. N., & Ratnaningsih, N. (2023). Analisis Problematika Guru Sekolah Dasar dalam Kegiatan Pembelajaran Tematik pada Era New Normal. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(3), 503-510. https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i3.1512
Arikunto (1990). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta. Bumi Aksara.
Ayuningtyas, N., & Sukriyah, D. (2020). Analisis pengetahuan numerasi mahasiswa matematika calon guru Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 9(2).
Ayuningtyas, S., & Nurafni, N. (2025). The Influence of Learning Styles on Mathematical Literacy in Fifth-Grade Students: A Qualitative Study of Unit Measurement. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 407-420. https://doi.org/10.31980/plusminus.v5i2.3034
Gravemeijer, K. (1994). Developing Realistic Mathematics Education. Utrecht: Technipress, Culemborg.
Hamid, H., & Afriansyah, E. A. (2024). Peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis dengan pendekatan realistic mathematics education berbantuan kahoot ditinjau dari gaya belajar honey-mumford. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 3(3), 356-371. https://doi.org/10.31980/pme.v3i3.2661
Haelermans, C. (2022). The Effects of Group differentiation by students’ learning strategies. Instructional Science, 50(2), 223-250.
Ismail, S. M., Rahul, D. R., Patra, I., & Rezvani, E. (2022). Formative vs. summative assessment: impacts on academic motivation, attitude toward learning, test anxiety, and self-regulation skill. Language Testing in Asia, 12(1), 40.
Jordan, N. C., Kaplan, Ramineni, C., (2010). Early Math Matters: Kindergarten Number Competence and Later Mathematics Outcomes. Journal of Developmental Psychology, 45(3), 850- 867.
Kemdikbud. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi “Gerakan Literasi Nasional”. Jakarta.
Khairani, S., Mailizar, M., Hidayat, M., & Johar, R. (2024). Developing Remedial Learning Videos on Algebraic Expression Material in Junior High Schools. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 125-138. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v13i1.1981
Latifah, Y., Maryati, I., Sundayana, R., & Afriansyah, E. A. (2022). Kajian literatur: Efektivitas penggunaan pendekatan realistics mathematic educations terhadap kemampuan koneksi matematis siswa. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 309-315.
Masjaya, & Wardono. (2018). Pentingnya Kemampuan Literasi Matematika untuk Menumbuhkan Kemampuan Koneksi Matematika dalam Meningatkan SDM. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 568–574.
Marlina, M., Nasrullah, A., Mahuda, I., & Junedi, B. (2020). Implementasi Problem Based Learning (Pbl) Untuk Mendukung Kemampuan Literasi Matematis Mahasiswa Calon Guru. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika, 13(2), 209–225.
Mahmud, M. R., Pratiwi, I. M. (2019). Literasi Numerasi Siswa dalam Pemecahan Masalah Tidak Terstruktur. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1).
Nuraida, I. (2017). Merancang Uji Coba Realistic Mathematics Education (RME). Supremum Journal Mathematics Education (SJME), 1(2).
Nuraida, I. (2018). Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Adaptive Reasoning Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1).
Nuraida, I. Amam, A. (2019). Hypothetical Learning Trajectory in Realistic Mathematics Education to Improve the Mathematical Communication of Junior High School Students. Infinity Journal, 8(2).
Nuraida, I. (2019). Local Instruction Theory dalam Realistic Mathematics Education untuk Meningkatkan Kemampuan Mathematical Proficiency Siswa SMP. Disertasi tidak dipublikasikan. UPI: Bandung.
Priatna. (2013). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Teknik Probing-Prompting. Journal Pendidikan. Bandung.
Rachman. (1999). manajemen pembelajaran difenrensiasi Kelas. Jakarta: Depdikbud.
Oktaviani, R., Fatimah, A. T., & Nuraida, I. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP dalam Penyelesaian soal Matematika berbasis Cerita. Repository Universitas Galuh.
Oktaviyanthi, R., & Agus, R. N. (2019). Eksplorasi Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Kategori Proses Literasi Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 163–184. https://doi.org/10.22342/jpm.13.2.7066.163-184
Purpura, D. J. (2013). Informal Number-Related Mathematics Skills: An Examination of The Strcture and Relations Between These Skilss in Preschool. Journal of Experimental Child Psychology, 110, 647- 658.
Purwasih, R., Sari, N. R., & Agustina, S. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Dan Mathematical Habits of Mind Siswa SMP Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Numeracy, 5(1), 67–76.
Ridwan, R., Sudjarwo, S., Sulpakar, S., Hariri, H., Tusianah, R., Isnainy, U. C., ... & Rahman, B. (2022). The effects of transformational, transactional, and laissez-faire leadership on principal’s self-efficacy. Wseas Trans. Adv. Eng. Educ, 19(2), 35-51.
Saputra, A. G., Rahmawati, T., Andrew, B., & Amri, Y. (2022). Using Canva application for elementary school learning media. Scientechno: Journal of Science and Technology, 1(1), 46-57.
Setiawan, B., & Dores, O. J. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Keterampilan Metakognisi Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Mahasiswa. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 4(2), 68. https://doi.org/10.26737/jpmi.v4i2.1412
Sümer, M. (2021). The design framework for a mobile learning app on eating healthy: Connecting learner needs with app features. Journal of Educational Technology and Online Learning, 4(2), 156-174.
Suwartiningsih. (2021). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan di Kelas IXb Semester Genap SMPN 4 Monta Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.