Pengembangan Lembar Aktivitas Siswa Berbasis Masalah pada Materi Garis-Garis Istimewa Segitiga di Kelas VII SMP

Authors

  • Heny Sinaga Universitas Sriwijaya
  • Zulkardi Universitas Sriwijaya
  • M Yusup Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i3.414

Keywords:

lembar aktivitas siswa, pengembangan, pembelajaran berbasis masalah, garis-garis istimewa segitiga

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar aktivitas siswa berbasis masalah pada materi garis-garis istimewa segitiga di kelas VII SMP yang valid, praktis, dan memiliki efek potensial. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan tahapan meliputi preliminary study dan tahapan formative evaluation (self evaluation, expert review, one-to one, small group, dan field test). Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah kelas VII.8 di SMP Negeri 6 Palembang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar aktivitas siswa berbasis masalah, RPP, dokumen (lembar validasi), dan soal tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Pada tahapan expert review dan one-to-one dilakukan untuk melihat validitas lembar aktivitas siswa. Tahapan small group dilakukan untuk melihat kepraktisan. Adapun field test digunakan untuk melihat efek potensial dari lembar aktivitas siswa yang dikembangkan.

References

Depdiknas. Peraturan Menteri No.22 Tentang Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar, Jakarta:Depdiknas, 2006

Walle, (2015, Maret), Geometric Thinking and Geometric Concepts, http://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&cad=rja&uact=8&ved=0CBwQFjAA&url=http%3A%2F%2Ftian.terc.edu%2Fempower_readings%2Fvan%2520de%2520walle.pdf&ei=Ln44Vb7QAoGdugTgo4GYBg&usg=AFQjCNGYPziOGSCINroL3pSuTFES9ThmRw.

Douglas H. Clements, (2015, Maret), Teaching and Learning Geometry, https://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&cad=rja&uact=8&ved=0CB8QFjAA&url=https%3A%2F%2Fmoodle.education.wisc.edu%2Fpluginfile.php%2F8773%2Fmod_resource%2Fcontent%2F0%2FVan_Hiele_model_readings%2FClements_2003.pdf&ei=ioI4VabnBIeugSDp4HQBQ&usg=AFQjCNFOpsh9lIhs_acMrsCPEDkih8pKeg.

Rachmadi Widdiharto, Diagnosis Kesulitan Belajar Matematika SMP dan Alternatif Remidinya, Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2008.

Daryanto dan Aris Dwicahyono, Pengembangan Perangkat Pembelajaran (Silabus, RPP, PHB, Bahan Ajar), Yogyakarta:Gava Media, 2014.

Pariska, dkk, “Pengembangan Lembar Kerja Siswa Matematika Berbasis Masalah”, Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 1, No. 1, 2012.

Sugiarti, Nani, Bambang Priyo Darminto, dan Riawan Yudi Purwoko, 2013.

Tessmer, Planning and Conducting Formative Evaluations, Londen:Kogen Page, 1993.

Zulkardi, (April, 2015), Developing A Learning Environment On Realistic Mathematics Education For Indonesian Student Teachers, (Online), Disertasi.

Suharsimi Arikunto, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2009.

Downloads

Published

2016-09-30

How to Cite

Sinaga, H., Zulkardi, & Yusup, M. (2016). Pengembangan Lembar Aktivitas Siswa Berbasis Masalah pada Materi Garis-Garis Istimewa Segitiga di Kelas VII SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 257–268. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i3.414

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.