Kontribusi Resiliensi Matematis terhadap Kemampuan Akademik Mahasiswa pada Mata Kuliah Statistika Matematika
DOI:
https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.477Keywords:
Resiliensi matematis, kemampuan akademik, statistika matematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara resiliensi matematis dengan kemampuan akademik mahasiswa pada mata kuliah Statistika Matematika. Penelitian ini didasari oleh capaian akademik pada mata kuliah Statistika Matematika yang tergolong rendah. Mahasiswa merasa kesulitan dan mudah menyerah dalam menyelesaikan soal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah adalah metode survey dengan teknik korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa program studi pendidikan matematika IKIP Siliwangi, sampel penelitian diambil dengan teknik purposive sampling sebanyak 30 orang mahasiswa yang mengambil mata kuliah Statistika Matematika. Instrumen dalam penelitian ini berupa soal tes uraian kemampuan akademik dan soal non tes berupa skala resiliensi matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara resiliensi matematis dengan kemampuan akademik mahasiswa, dengan kontribusi resiliensi matematis sebesar 48,5 % terhadap kemampuan akademik mahasiswa.
References
Bandura, A. (1989). Human agency in social cognitive theory. American Psychologist, 44(9), 1175-1184.
Bandura, A. (2000). Exercise of human agency through collective efficacy. Current Directions in Psychological Science, 9 (3), 75-78.
Chouinard, R. & Roy, N. (2007). Relations among competence beliefs, utility value, achievement goals, and effort in mathematics. British Journal of Educational Psychology, 77, 501–517.
Dweck, C. (2000). Self-theories: Their role in motivation, personality and development. Lillington NC: Psychology Press, Taylor & Francis.
Grotberg, E. (1995). A Guide to Promoting Resilience in Children: Strengthening The Human Spirit. Benard Van Leer Fondation.
Henderson, N. dan Milstein, M.M. 2003. Resiliency in Schools. Making it Happen for Students and Educators. California, USA : Corwin Press, Inc.
Johnston-Wilder, S., & Lee, C. (2008). Does Articulation Matter When Learning Mathematics? Proceedings of the British Society for Research into Learning Mathematics, 28, 54-59.
Johnston-Wilder, S., & Lee, C. (2010a). Developing Mathematical Resilience. BERA Annual Conference 2010, University of Warwick, 1-4 September 2010.
Johnston-Wilder, S. & Lee, C. (2010b). Mathematical resilience. Mathematics Teaching, 218, 38-41.
Johnston-Wilder, S. (2013) Measuring mathematical resilience : an application of the construct of resilience to the study of mathematics. In: AERA 2013, San Francisco, California, 27 Apr-1 May 2013 (Submitted).
Newman, T. (2004). What Works in Building Resilience? London, Barnardo’s.
Reivich, K. & Shatte, A. (2002). The Resilience Factor. New York: Random House, Inc.
Sumarmo, U. (2015). Resiliensi Matematik. [Online]. Tersedia: http://utari-sumarmo.dosen.stkipsiliwangi.ac.id/materi/resiliansi-matematik-mathematical-resilience/. Diakses 10 Desember 2017.
Syah, M. (2000). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Rosdakoemar.
Yeager, D. & Dweck, C. (2012). Mindsets That Promote Resilience: When Students Believe That Personal Characteristics Can Be Developed. Educational Psychologist, 47, 302-314.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.