Peningkatan Kemampuan Pemecahan dan Hasil Belajar Matematika melalui Problem Based-Learning

Authors

  • Julita SMAN 10 Kota Bogor

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.484

Keywords:

problem based-learning, pemecahan masalah, hasil belajar, matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kualitas pengaruh pembelajaran menggunakan metode problem based-learning terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar matematika peserta didik tentang sistem persamaan linear tiga variabel. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang difokuskan pada proses pembelajaran dan untuk melakukan perbaikan berdasarkan data kuantitatif dan kualitatif. Objek penelitian adalah peserta didik kelas X MIPA-1 SMAN 10 Kota Bogor. Data kuantitatif diperoleh melalui tes tertulis, sedangkan data kualitatif diperoleh melalui observasi keaktivan peserta didik dan aktifitas guru saat proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan ketuntasan hasil belajar peserta didik yang mencapai 94% dan terdapat peningkatan keaktivan peserta didik dan guru dalam proses problem based-learning.

References

Amir, Z. & Risnawati. (2016). Psikologi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Aswaja Pressindo

Arends, R. I. (1997). Classroom Instruction and Management. New York: The McLGraw-Hill Companies, Inc.

Hamruni. (2012). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani.

Jamaris, M. (2013). Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan. Bogor: Ghalia Indonesia

Julita. (2017). The enhancement of mathematical problem solving ability of senior high school students through quantum learning. Journal of Mathematics Education, Infinity. Volume 6, No. 1.

Muslihuddin. (2011). Kiat Sukses Melakukan Penelitian Tindakan Kelas & Sekolah. Bandung: Rizqi Press.

Permendikbud. (2016). Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.

Sabandar, J. (2008). Thinking Classroom dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah. Simposium Internasional. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Sanjaya, W. (2016). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sumiati & Asra. (2009). Metode Pembelajaran. Bandung: CV. Wacana Prima.

Yamin, M. (2013). Strategi dan Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta: Referensi (GP Press Group).

Downloads

Published

2018-01-31

How to Cite

Julita. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemecahan dan Hasil Belajar Matematika melalui Problem Based-Learning. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 143–154. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.484

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.