Peningkatan Kemampuan Pemecahan dan Hasil Belajar Matematika melalui Problem Based-Learning
DOI:
https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.484Keywords:
problem based-learning, pemecahan masalah, hasil belajar, matematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kualitas pengaruh pembelajaran menggunakan metode problem based-learning terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar matematika peserta didik tentang sistem persamaan linear tiga variabel. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang difokuskan pada proses pembelajaran dan untuk melakukan perbaikan berdasarkan data kuantitatif dan kualitatif. Objek penelitian adalah peserta didik kelas X MIPA-1 SMAN 10 Kota Bogor. Data kuantitatif diperoleh melalui tes tertulis, sedangkan data kualitatif diperoleh melalui observasi keaktivan peserta didik dan aktifitas guru saat proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan ketuntasan hasil belajar peserta didik yang mencapai 94% dan terdapat peningkatan keaktivan peserta didik dan guru dalam proses problem based-learning.
References
Amir, Z. & Risnawati. (2016). Psikologi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Aswaja Pressindo
Arends, R. I. (1997). Classroom Instruction and Management. New York: The McLGraw-Hill Companies, Inc.
Hamruni. (2012). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani.
Jamaris, M. (2013). Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan. Bogor: Ghalia Indonesia
Julita. (2017). The enhancement of mathematical problem solving ability of senior high school students through quantum learning. Journal of Mathematics Education, Infinity. Volume 6, No. 1.
Muslihuddin. (2011). Kiat Sukses Melakukan Penelitian Tindakan Kelas & Sekolah. Bandung: Rizqi Press.
Permendikbud. (2016). Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.
Sabandar, J. (2008). Thinking Classroom dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah. Simposium Internasional. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Sanjaya, W. (2016). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Sumiati & Asra. (2009). Metode Pembelajaran. Bandung: CV. Wacana Prima.
Yamin, M. (2013). Strategi dan Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta: Referensi (GP Press Group).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.