Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education Dalam Pembelajaran Matematika Materi Persamaan Garis Lurus di SMP Kristen Tomohon

Authors

  • Derel Filandy Kaunang Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i2.511

Keywords:

Realistic Mathematics Education, Pembelajaran Matematika, Persamaan Garis Lurus, Mathematics Learning, Equation of Straight Line

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran langsung pada materi persamaan garis lurus di kelas VIII SMP. Penelitian ini menggunakan metode true experimental. Populasi yang diambil adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Kristen Tomohon yang terdiri dari enam kelas sedangkan sampel yang diambil secara acak adalah dua kelas yang homogen yaitu kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIB sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen terdiri dari 24 orang siswa dan kelas kontrol terdiri dari 24 orang siswa. Penelitian ini merupakan model rancangan Pretest-Posttest Control Group Design. Data diambil dan dikumpulkan dari tes hasil belajar siswa. Data dalam penelitian ini adalah selisih hasil belajar siswa yang diperoleh dari skor pretes dan posttest pada materi persamaan garis lurus. Berdasarkan analisis data dengan uji t diperolah bahwa thitung = 2,824 > ttabel = 2,013 untuk α = 0,05. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diambil kesimpulan bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan dengan pembelajaran langsung.

This research aims to investigate the difference between students' learning outcomes taught by the Realistic Mathematics Education (RME) approach and the students taught by direct learning on the equation of a straight line in class VIII SMP. This research uses a true experimental method. The population is all students of class VIII SMP Kristen Tomohon consists of six classes while the the random samples are two homogeneous classes which are class VIIIA as an experiment class and class VIIIB as a control class. The experimental class consists of 24 students and the control class consists of 24 students. This research is a design model of Pretest-Posttest Control Group Design. The data are gathered and collected from students' learning outcomes. The data in this research are the differences in the students' learning results obtained from the pretest and post-test scores on the equation of straight-line equation. Furthermore, the data analysis with t-test is tcount = 2,824 > ttable = 2.013 for α = 0,05. Based on the result of this research, it can be concluded that the average of student learning outcomes taught with the Realistic Mathematics Education (RME) approach is higher than the average of student learning outcomes taught with direct learning.

References

Arikunto, S. (2010). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara: Jakarta.

Gravemeijer, K. (1994). Developing Realistic Mathematics Education. Utrecht: Freudenthal Institute.

Banjarnahor, Humantal. (2011). Pembelajaran Matematika Realistik Dengan Setting Kooperatif. Jurnal Generasi Kampus Volume 4 No 1: 68-85

Mangelep, (2017). Pengembangan Website Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 6 No. 3: 431-439

Permendibud No. 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah.

Soedjadi, R. (2000). Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia, (konstatasi keadaan masa kinimenuju harapan masa depan). Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Depdiknas.

Sudjana. (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsitos.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT Alfabeta: Bandung.

Suwarsono, S. (2001). Beberapa Permasalahan yang Terkait dengan Upaya Implementasi Pendekatan Matematika Realistik di Indonesia. Makalah disajikan pada Seminar Nasional tentang Pendekatan Matematika Realistik di Universitas Sanata Dharma tanggal 14-15 November 2001.

Van den Heuvel-Panhuizen, M. (1999). Mathematics Education in the Netherlands: A Guide Tour. Freudenthal Institute Cd-rom for ICME9. Utrecht: Utrecht University.

Downloads

Published

2018-05-30

How to Cite

Kaunang, D. F. (2018). Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education Dalam Pembelajaran Matematika Materi Persamaan Garis Lurus di SMP Kristen Tomohon. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 307–314. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i2.511

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 35 36 37 38 39 40 41 42 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.