Eksperimentasi Model Pembelajaran Cooperative Script untuk Melatih Kecakapan Akademik Siswa

Authors

  • Linda Herawati Universitas Siliwangi
  • Elis Nurhayati Universitas Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i1.541

Keywords:

Model Pembelajaran Cooperative Sript, Kecakapan Akademik Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang tingkat kecakapan akademik siswa dengan menerapkan model Pembelajaran Cooperative Scrift dan melihat perbedaan tingkat kecakapan akademik siswa sebelum dan sesudah pembelajaran menggunakan model Cooperative Script. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif deskriptif karena untuk mendeskripsikan peningkatan siswa dalam kecakapan akademik siswa melalui model pembelajaran Cooperative Script. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.C SMP Negeri 12 Tasikmalaya yang berjumlah 34 orang. Pengumpulan data diambil melalui observasi dan tes. Berdasarkan hasil observasi data bahwa dalam kecakapan akademik siswa sebelum penerapan model pembelajaran Cooperative Script terdapat 15 siswa termasuk kategori kurang dan 19 siswa termasuk kategori sangan kurang, sedangkan setelah pembelajaran Cooperative Script terdapat 10 siswa termasuk kategori sangat tinggi, 21 siswa termasuk kategori tinggi dan 3 siswa termasuk kategori cukup. Dengan skor rata-rata kemampuan kecakapan akademik siswa setelah penerapan model pembelajaran Coopeartive Script adalah 86,73 dan termasuk dalam kategori sangat tinggi. Sehubungan dengan kesimpulan tersebut, maka hendaknya guru berani mencoba menerapkan metode mengajar bervariasi dalam pembalajaran dalam meningkatkan berbagai kemampuan akademik siswa.

References

Afriansyah, E. A. (2017). Problem Posing sebagai Kemampuan Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 163-180.

Anwar (2006). Pendidikan Kecakapan Hidup. Bandung: Alfabeta

Depdiknas (2003). Konsep Pendidikan Kecakapan Hidup. Jakarta: Depdiknas

Noor, J dan Norlaila, N (2014). Kemamapuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Cooperative Script, Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lambung Mangkurat. Vol 2, No 2 (2014).

Saudagar, Fachrudin dan Idris, Ali (2009). Pengembangan Profesionalitas Guru. Jakarta; GP press Suprijono, A. (2010). Cooperative learning teori dan aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Slavin (2006). Accommoding Student Diversity in Reading and Writing Instruction, Cooporative Learning Aproach, Journal of Technology Education 18 (1): 52-55.

Sulastri, S. & Haq, C. N. (2013). Perbedaan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa antara yang Mendapatkan Model Pembelajaran Jigsaw dan Cooperative Script. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 111-122.

Zanthy, L. S. (2018). Kontribusi Resiliensi Matematis terhadap Kemampuan Akademik Mahasiswa pada Mata Kuliah Statistika Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 85-94.

Downloads

Published

2019-01-31

How to Cite

Herawati, L., & Nurhayati, E. (2019). Eksperimentasi Model Pembelajaran Cooperative Script untuk Melatih Kecakapan Akademik Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 131–142. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i1.541

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 38 39 40 41 42 43 

You may also start an advanced similarity search for this article.