Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung

Authors

  • Casmi F Yani Universitas Riau
  • Maimunah Universitas Riau
  • Yenita Roza Universitas Riau
  • Atma Murni Universitas Riau
  • Zuhri Daim Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.553

Keywords:

Analisis, Kemampuan Pemahaman Matematis, Bangun Ruang Sisi Lengkung

Abstract

Sebagian besar guru tidak memperhatikan kemampuan pemahaman matematis tetapi hanya terfokus pada hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kemampuan pemahaman matematis siswa. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah 25 siswa kelas IX2 SMP Negeri 1 Kampar Timur. Teknik pengumpulan data yaitu tes dan wawancara. Hasil analisis menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman matematis siswa berkemampuan sedang dan rendah masih kurang, sedangkan siswa berkemampuan tinggi sudah cukup baik. Hasil wawancara menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam memberikan contoh dan bukan contoh dari konsep serta kesulitan dalam mengaitkan berbagai konsep karena tidak memahami konsep dan hanya menghapal rumusnya. Untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa berkemampuan sedang dan rendah, dalam menyampaikan konsep guru sebaiknya menyertakan contoh dan bukan contoh dari konsep serta memberikan latihan soal-soal tentang mengaitkan berbagai konsep.

References

Agustin, P. R. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Pencapaian Konsep dengan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Silogisme, 2(2), 74–83.

Aripin, U. (2015). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematik Siswa Smp Melalui Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah. P2M STKIP Siliwangi, 2(1), 120. https://doi.org/10.22460/p2m.v2i1p120-127.171

Dahlan, J. A. (2011). Analisis Kurikulum Matematika. Universitas Terbuka. Jakarta.

Egi Al-Siyam, R. S. (2014). Perbandingan Kemampuan Pemahaman Matematika antara Siswa yang Mendapatkan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan Metakognitif. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(3), 143–150.

Farnika, N., Ikhsan, M., & Sofyan, H. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Menengah Atas dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization. Jurnal Elemen, 1(2), 144. https://doi.org/10.29408/jel.v1i2.146

Firdaus, D. A., & Afriansyah, E. A. (2016). Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individually untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 2(1), 104-122.

Kemdikbud. (2018). Hasil Ujian Nasional SMP. Jakarta.

Kesumawati, N. (2010). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Sriwijaya, 9(1), 76–99.

Mawaddah, S., & Maryanti, R. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). Jurnal Pendidikan Matematika, 4(April), 76–85. https://doi.org/10.1109/IPEMC.2006.4778028

Meli, A., & Halimatusadiah, A. (2017). Pengaruh Pendekatan Kontekstual Berstrategi REACT terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis dan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar, 4(3), 203–217. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v4i3.7766

Mulyani, A. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP pada Materi Bentuk Aljabar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7, 251–262.

Muna, D. N., & Afriansyah, E. A. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa melalui Pembelajaran Kooperatif Teknik Kancing Gemerencing dan Number Head Together. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 169–176. Retrieved from http://e-mosharafa.org/index.php/mosharafa/article/view/mv5n2_14/181

Nuraeni, Y., & Afriansyah, E. A. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 1(2), 85–94. Retrieved from http://jipd.uhamka.ac.id/index.php/jipd/article/view/24/12

Pamungkas, Y., & Afriansyah, E. A. (2017). Aptitude Treatment Interaction terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 3(1), 122–130. Retrieved from http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jpmrafa/article/view/1445/1156

Priyambodo, S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa dengan Metode Pembelajaran Personalized System of Instruction. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 10–17. Retrieved from http://e-mosharafa.org/index.php/mosharafa/article/view/mv5n1_2/184

Purwanto, M. N. (1994). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sumarmo, U., Hendriana, H., & Eti, E. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: Penerbit Refika Aditama.

Wahyuni, I., & Karimah, N. I. (2017). Analisis kemampuan pemahaman dan penalaran matematis mahasiswa tingkat iv materi sistem bilangan kompleks pada mata kuliah analisis kompleks. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 1(2), 228–240.

Downloads

Published

2019-05-31

How to Cite

Yani, C. F., Maimunah, Roza, Y., Murni, A., & Daim, Z. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 203–214. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.553

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.