Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika yang Menggunakan Pendekatan PMRI

Authors

  • Pius E P Cahirati Unika Santu Paulus Ruteng
  • Alberta P Makur Unika Santu Paulus Ruteng
  • Sebastianus Fedi Unika Santu Paulus Ruteng

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i2.606

Keywords:

kesulitan belajar siswa, faktor penyebab kesulitan belajar, PMRI, Student Learning Difficulties, Learning difficulties Factor

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membahas 1) kesulitan belajar matematika seperti apa yang dialami siswa dalam pembelajaran yang menerapkan PMRI; 2) alasan mengapa siswa mengalami kesulitan belajar matematika dalam Pembelajaran Matematika menggunakan PMRI? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesulitan yang dialami oleh siswa, disertai dengan faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan matematika. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan 23 siswa yang menunjukkan kesulitan dalam belajar matematika. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawancara, kuesioner, dokumentasi, dan catatan lapangan. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah jenis kesulitan belajar yang dialami siswa, yaitu kesulitan dalam memahami konsep sistem persamaan dua variabel dan tiga variabel, kesulitan menghitung angka dalam sistem persamaan linear untuk dua variabel dan tiga variabel, dan kesulitan memecahkan masalah dalam masalah cerita dalam materi SPLDV dan SPLTV.

This research is aimed to discuss 1) what kind of mathematics learning difficulties students experience in PMRI learning; 2) the reasons why students are having difficulty learning mathematics in Mathematics Learning using PMRI? This study aims to describe the types of difficulties experienced by students, accompanied by factors causing mathematical difficulties. This study is a descriptive qualitative study with 23 students who indicated difficulties in learning mathematics. The technique used to collect data is observation, interviews, questionnaires, documentation, and field notes. Data analysis is done by data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The results of this study are the types of learning difficulties experienced by students, namely difficulties in understanding the concepts of system of two-variable and three-variable linear equations, difficulties in calculating numbers in a system of linear equations for two variables and three variables, and the difficulty of solving problems in story problems in SPLDV and SPLTV material.

References

Afriansyah, E. A., & Dahlan, J. A. (2017). Design Research in Fraction for Prospective Teachers. the 5th SEA-DR (South East Asia Development Research) International Conference 2017 (SEADRIC 2017). Advances in Social Science, Education, 100, 91-97.

Badruddin, E. (2013). Implementasi Pendekatan Realistik Pasa Pembelajaran Operasi Bilangan Real Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK Negeri 5 Telkom Banda Aceh. Jurnal Peluang, 2(1).

Edo, S. M., & Samo, D. D. (2017). Lintasan Pembelajaran Pecahan Menggunakan Matematika Realistik Konteks Permainan Tradisional Siki Doka. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 311-322.

Gunur, B., Makur, A. P., & Ramda, A. H. (2018). Hubungan Antara Kemampuan Numerik Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Di Pedesaan. MaPan, 6(2), 148–160. DOI: 10.24252/mapan.2018v6n2a2

Hayati, A. N. (2016). Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Kognitif Matematika. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar UNY, 13(3).

Juniati, E. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Diskusi kelompok Pada Siswa Kelas VI SD. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Scholaria, 7 (3).

Mayasari, Y., & Afriansyah, E. A. (2016). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Riset Pendidikan, 2(1), 27-44.

Nursyahidah, F., Saputro, B. A., Albab, I. U., & Aisyah, F. (2020). Pengembangan Learning Trajectory Based Instruction Materi Kerucut Menggunakan Konteks Megono Gunungan. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 47-58.

Ruhayana. (2016). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Computech dan Bisnis, 10(2).

Sopian, Y., & Afriansyah, E. A. (2017). Kemampuan Proses Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Creative Problem Solving dan Rerource Based Learning. Jurnal Elemen, 3(1), 97-107.

Soviawati, E. (2011). Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Siswa di Tingkat Sekolah Dasar. https://www.scribd.com/doc/79000896/. diakses pada 15 Februari 2018.

Sugyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Tyas, N. M. (2016). Analisis faktor penyebab kesulitan belajar matematika kelas IV SDN di Kecamatan Ungaran Barat. Skripsi. Universitas Negri Semarang.http://lib.unnes.ac.id/24893/1/1401412428.pdf pada 24 Februari 2018.

Waskitoningtyas, R. S. (2011). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar Kota Balikpapan pada materi satuan waktu tahun ajaran 2015/2016. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1).

Wijaya, A. (2012). PMR Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Yusri, A. Y., & Sari, M. (2017). Profil Pemahaman Konsep Nilai Tempat Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematika Pada Siswa Kelas III SDN 133 Takalala Soppeng. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 141-152.

Downloads

Published

2020-05-30

How to Cite

Cahirati, P. E. P., Makur, A. P., & Fedi, S. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika yang Menggunakan Pendekatan PMRI. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 227–238. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i2.606

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.