Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII pada Materi Lingkaran
DOI:
https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.563Keywords:
kemampuan pemahaman konsep, metode deskriptif, LingkaranAbstract
Banyak siswa yang kesulitan dalam memahami konsep matematika. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep siswa dalam menyelesaikan soal-soal pada pokok bahasan Lingkaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan penelitian kasus. Materi tentang Lingkaran merupakan materi yang terdapat di SMP kelas VIII pada semester genap dan materi ini merupakan salah satu materi yang berhubungan dengan kehidupan sehari hari. Kelas VIII F SMPN 3 Karawang Barat dipilih sebagai subjek penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes tertulis kemampuan pemahaman konsep. Soal berbentuk uraian yang sebelum digunakan sudah di uji validasi. Hasil penelitian ini menunjukan rata-rata nilai kemampuan pemahaman konsep matematis siswa adalah 10,06 termasuk dalam kriteria sedang. Hasil analisis konsep per indikator, diketahui siswa sangat kurang pada indikator menerapkan hubungan antar konsep dan prosedur, kemudian dalam menerapkan konsep secara algoritma. Masih terdapat banyak siswa yang memiliki pemahaman konsep yang kurang.
References
Afriansyah, E. A. (2017). Problem Posing sebagai Kemampuan Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 163-180.
Alexandra, G., & Ratu, N. (2018). Profil Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP dengan Graded Response Models. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 103-112.
Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2001). A Taxonomy for Learning Teaching and Assessing. New York: Longman.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan dan Praktik. Jakarta: PT. RinekaCipta.
Dewi, S. J., & Minarti, E. D. (2018). Hubungan antara Self-Confidence terhadap Matematika dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa pada Materi Lingkaran. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 189-198.
Ekafitria, E. (2012). Analisis Pemahaman Mahasiswa terhadap Konsep Limit Di Satu Titik. Tesis Tidak Diterbitkan. Makassar: Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar.
Fitriani, S., & Yarmayani, A. (2018). Pengembangan Rubrik Berpikir Kreatif Siswa Menengah Atas dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 33-38.
Jihad, A., & Haris, A. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Press.
Kesumawati, N. (2008). Pemahaman Konsep Matematik dalam Pembelajaran Matematika. (http:// http://eprints.uny.ac.id/6928/1/P-18%20Pendidikan%28Nila%20K%29.pdf).
Mangelep, N. O. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika pada Pokok Bahasan Lingkaran Menggunakan Pendekatan PMRI dan Aplikasi GEOGEBRA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 193–200.
Mulyani, A., Indah, E. K. N., & Satria, A. P. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP pada Materi Bentuk Aljabar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 251–262.
Muna, D. N., & Afriansyah, E. A. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa melalui Pembelajaran Kooperatif Teknik Kancing Gemerencing dan Number Head Together. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 169–176.
Nuraeni, Y., & Afriansyah, E. A. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 1(2), 85–94.
Nurhayati, Y. (2010). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Skripsi STKIP Garut: Tidak Diterbitkan.
Sanjaya, W. (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada.
Suherman, E. (2001). Strateg iPembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA UPI.
Sundayana, R. (2013). Media Pembelajaran Matematika. Bandung. Alfabeta.
Supriatna, R., & Afriansyah, E. A. (2018). Kemampuan Pemahaman Matematis Peserta Didik melalui Cooperative Learning Tipe Pair Checks VS Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 3(1), 1–6.
Van de Walle, J., A. (2008). Matematika Sekolah Dasar dan Menengah. Jakarta: Erlangga.
Zulkardi. (2003). Pendidikan Matematika Republik Indonesia. http://pmri.or.id/, diakses tanggal 5 Agustus 2014.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.