Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika melalui Pendekatan Scaffolding Berbasis Karakter

Authors

  • Hendri Handoko IAIN Syekh Nurjati Cirebon
  • Winarno SMA Negeri 1 Tanjung

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.577

Keywords:

pendekatan scaffolding, karakter, berpikir kreatif, scaffolding approach, character, creative thinking

Abstract

Persoalan di lapangan menunjukkan banyak guru yang belum mampu mengembangkan perangkat pembelajaran sesuai dengan kemampuan siswa. Hal tersebut menyebabkan fungsi guru yang seharusnya inovatif, kreatif, mengarahkan, membimbing dan memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi siswa tidak berjalan dengan maksimal. Penelitian pengembangan ini bertujuan menghasilkan perangkat pembelajaran yang valid, praktis dan efektif melalui pendekatan scaffolding berbasis karakter mengacu model Thiagarajan. Instrumen yang digunakan yaitu lembar pengamatan karakter kemandirian, keterampilan berpikir kreatif, kemampuan guru mengelola kelas, angket respon siswa, validasi perangkat pembelajaran, dan instrumen TKBK. Subjek penelitian adalah siswa SMAN 1 Tanjung kelas X.MIPA 2 berjumlah 33 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid, pembelajaran matematika dinyatakan efektif dengan ketuntasan rata-rata kelas 76,70 dan ketuntasan klasikal 85%, adanya pengaruh positif karakter kemandirian dan keterampilan terhadap kemampuan berpikir kreatif sebesar 0,782, serta adanya perbedaan signifikan kemampuan berpikir kreatif kelas eksperimen dengan rata-rata 76,70 lebih baik dari kelas kontrol sebesar 70,24.

The problem in the field shows that many teachers have not been able to develop learning tools that are adapted to students' abilities. so the teacher's function that should be innovative, creative, directing, guiding and providing solutions to problems faced by students cannot run optimally. This development study aims to produce valid, practical and effective learning tools through character-based scaffolding approaches referring to the Thiagarajan model. The instruments used were independent character observation sheets, creative thinking skills, teacher's ability to manage classrooms, student response questionnaires, validation of learning devices, and TKBK instruments. The research subjects were 33 students of SMAN 1 Tanjung class X.MIPA 2. The results showed that the learning tools developed were valid, positive response of students 87%, Mathematics learning is declared effective by (1) completeness of class average 76.70 and achieving classical completeness 85%, the positive influence of the character of independence and skills on the ability to think creatively by 0.782,  and there is a significant difference in the creative thinking ability of the experimental class with an average of 76.70 better than the control class of 70.24.

References

Abidin, Y. (2013). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT. Refika Aditama.

Ahmadi, I.K., Setyono, H.A., dan Amri, S. (2011). Pembelajaran Akselerasi (Analisis Teori dan Praktik serta Pengaruhnya terhadap Mekanisme Pembelajaran dalam Kelas Akselerasi. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Anggraini, I. S. (2016). Motivasi Belajar dan Faktor-Faktor yang Berpengaruh: Sebuah Kajian Pada Interaksi Pembelajaran Mahasiswa. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 1(02).

Babys, U. (2017). Kemampuan Literasi Matematis Space and Shape Dan Kemandirian Siswa SMA Pada Discovery Learning Berpendekatan RME-PISA. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(2), 43-49.

Cleopatra, M. (2015). Pengaruh gaya hidup dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(2).

Elfindri. (2012). Pendidikan Karakter Kerangka, Metode dan Aplikasi untuk Pendidikan dan Profesional. Jakarta: Baduose Media Jakarta.

Fitriani, S., & Yarmayani, A. (2018). Pengembangan Rubrik Berpikir Kreatif Siswa Menengah Atas dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1). 33-38. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.339

Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPA di sekolah dasar. Jurnal penelitian pendidikan, 12(1), 90-96.

Handoko, H. (2017). Pembentukan Keterampilan Berpikir Kreatif Pada Pembelajaran Matematika Model Savi Berbasis Discovery Strategy Materi Dimensi Tiga Kelas X. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 6(1).

Kusworo, P., & Hardinto, P. (2009). Efektivitas Penerapan Pendekatan Pembelajaran Scaffolding dalam Ketuntasan Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA Labortorium Universitas Negeri Malang. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2(1).

Mahmudi, A., & Saputro, B. A. (2016). Analisis Pengaruh Disposisi Matematis, Kemampuan Berpikir Kreatif, dan Persepsi pada Kreativitas terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 205-212. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i3.276

Nurhayati, E. (2017). Penerapan scaffolding untuk pencapaian kemandirian belajar siswa. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika), 3(1).

Pangestu, N. S., & Yunianta, T. N. H. (2019). Proses Berpikir Kreatif Matematis Siswa Extrovert dan Introvert SMP Kelas VIII Berdasarkan Tahapan Wallas. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2). 215-226. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.472

Puspita, M. L. (2012). Penerapan pembelajaran konstruktivistik teknik scaffolding pada mata pelajaran IPS (ekonomi) untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa kelas VIII-I SMPN 8 Malang.

Riyanto, O. R., & Mariani, S. (2020). Mathematics Critical Thinking Reviewed from Self-efficacy and Motivation of Learning in Arias Learning. Journal of Primary Education, 243-250.

Sudjana. (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendeketan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukestiyarno. (2012). Olah Data Penelitian Berbantuan SPSS 16. Semarang: Universitas Negeri Semarang

Thiagarajan, S., Semmel, D.S. & Semmel, M.I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Indiana: Indiana University Bloomington.

Downloads

Published

2019-09-30

How to Cite

Handoko, H., & Winarno. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika melalui Pendekatan Scaffolding Berbasis Karakter. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 411–422. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.577

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.