Pengaruh Penggunaan Media Worksheet terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah

Authors

  • Jauhara Dian Nurul Iffah STKIP PGRI Jombang

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i1.645

Keywords:

Hasil Belajar, Media Worksheet, Siswa Sekolah Menengah, Learning Outcomes, Middle School Students

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya penggunaan media pembelajaran serta pentingnya media pembelajaran sebagai alat bantu bagi siswa dalam memahami materi. Media yang disebut worksheet merupakan lembar kerja yang berisi ringkasan materi dan kata kunci materi untuk memudahkan siswa memunculkan kembali hubungan yang diperlukan untuk menyelesaikan soal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh worksheet terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan desain pretest – posttest. Sampel penelitian ini siswa kelas VIIIA MTs Salafiyah Syafi’iyah Tebuireng Jombang berjumlah 31 siswa. Materi yang digunakan adalah luas permukaan serta volume bangun Kubus dan Balok dengan isntrumen penelitian worksheet dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan selanjutnya uji hipotesis menggunakan statistik uji-t dengan . Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaaan media worksheet terhadap hasil belajar siswa kelas VIIIA pada materi Kubus dan Balok. Sehingga worksheet dapat dijadikan alternatif media pembelajaran untuk materi Kubus dan Balok.

This research is motivated by the lack of use of instructional media and the importance of learning media as a tool for students in understanding the material. The media called a worksheet is a worksheet that contains a summary of the material and keywords of the material to make it easier for students to bring back the relationships needed to solve the problem. This study aims to determine whether the worksheet has an effect on student learning outcomes. This type of research is quantitative with a pre test - post test design. The sample of this research was students of class VIIIA MTs Salafiyah Syafi'iyah Tebuireng Jombang totaling 31 students. The material used is the surface area and volume of cubes and blocks with research instruments worksheets and test questions. The data analysis technique used the normality test and then the hypothesis test used the t-test statistic with α = 0.05. The results showed that there was an effect of the use of worksheet media on the learning outcomes of class VIIIA students on cubes and blocks. So that worksheets can be used as an alternative learning media for cubes and blocks.

References

Aditya, P. T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web Pada Materi Lingkaran Bagi Siswa Kelas VIII. Jurnal Matematika Statistika Dan Komputasi, 15(1), 64. https://doi.org/10.20956/jmsk.v15i1.4425

Afriansyah, E. A. (2013). Design Research: Place Value in Decimal Numbers Using Metric System. In International Seminar on Mathematics, Science, and Computer Science Education MSCEIS, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung.

Afriansyah, E. A. (2016). The Use of Realistic Approach to Enhance Students' Mathematical Problem-Solving Skills. In International Conference on Elementary and Teacher Education ICETE.

Afriansyah, E. A., Herman, T., Turmudi, T., & Dahlan, J. A. (2020). Mendesain Soal Berbasis Masalah untuk Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Calon Guru. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 239-250.

Arimurti, I., Praja, E. S., & Muhtarulloh, F. (2019). Desain Modul Berbasis Model Discovery Learning untuk Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 459–470.

Astuti, A., & Sari, N. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas X Sma. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 13–24. https://doi.org/10.31004/cendekia.v1i2.16

Florayu, B., Isnaini, M., & Testiana, G. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Komik terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Palembang. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 45-56.

Herawati, L., & Nurhayati, E. (2019). Eksperimentasi Model Pembelajaran Cooperative Script untuk Melatih Kecakapan Akademik Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 131-142.

Hodiyanto, H., Darma, Y., & Putra, S. R. S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash Bermuatan Problem Posing terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 323-334.

Iffah, J. D. N., Sutawidjaja, A., & Sa’dijah, C. (2015). Zone of Promoted Action (ZPA) of Elementary School Teacher in Mathematics Learning.

Istiqomah, U., & Prihatnani, E. (2019). Peningkatan Hasil Belajar dan Sikap Siswa terhadap Matematika melalui Joyful Learning Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 471–482. Retrieved from https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv8n3_11

Karimah, A., Rusdi, R., & Fachruddin, M. (2017). Efektifitas media pembelajaran matematika menggunakan software animasi berbasis multimedia interaktif model tutorial pada materi garis dan sudut untuk siswa SMP/Mts kelas VII. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 1(1), 9–13. https://doi.org/10.33369/jp2ms.1.1.9-13

Kemendikbud. (2013). Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses. 2011, 1–13.

Lisnani, L., & Asmaruddin, S. N. (2018). Desain Buku Ajar Matematika Bilingual Materi Bangun Datar Menggunakan Pendekatan PMRI Berkonteks Kebudayaan Lokal. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 345-356.

Luritawaty, I. P. (2019). Pengembangan Kemampuan Komunikasi Matematik melalui Pembelajaran Take and Give. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 239-248.

Ma’ruf, A. H., Syafii, M., & Kusuma, A. P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Berbasis HOTS terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 503-514.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.

Novotná, Jarmila, Eisenmann, P., Přibyl, J., Ondrušová, J., & Břehovský, J. (2012). Problem Solving in School Mathematics Based on. Journal on Efficiency and Responsibility in Education and Science, 7(1), 1–6. https://doi.org/10.7160/eriesj.2013.070101.Introduction

Nst, M. N., & Rahmi, R. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah disertai Teknik Berikan Uangnya terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 16 Padang. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 273-278.

Nursyahidah, F., Saputro, B. A., Albab, I. U., & Aisyah, F. (2020). Pengembangan learning trajectory-based instruction materi kerucut menggunakan konteks megono gunungan. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 47-58.

Prabawati, M. N., Herman, T., & Turmudi, T. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Masalah dengan Strategi Heuristic untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 37-48.

Presiden RI. (2003). UU RI No 20 Th 2003 ttg Sistem Pendidikan Nasional. 1–33. https://doi.org/10.1007/s13398-014-0173-7.2

Rahmatina, D. (2017). Penggunaan perangkat pembelajaran geometri ruang berbasis ICT untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 57-68.

Rizkianto, I., & Santosa, R. H. (2017). Analisis buku matematika siswa SMP Kurikulum 2013. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 229-236.

Robiana, A., & Handoko, H. (2020). Pengaruh Penerapan Media UnoMath untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 521-532.

Setiawan, Y., & Prihatnani, E. (2020). Perbandingan TAI dan NHT terhadap Hasil Belajar Trigonometri Ditinjau dari Kecerdasan Interpersonal. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 299-310.

Sudjana, N., & Rivai, A. (2010). Media Pengajaran.

Suharyono, E., & Rosnawati, R. (2020). Analisis Buku Teks Pelajaran Matematika SMP ditinjau dari Literasi Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 451-462.

Suwarsih, S. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa tentang Perkalian dan Pembagian Bilangan Cacah melalui Alat Peraga. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 433-444.

Utomo, E. S., Rahman, F., & Fikrati, A. N. (2020). Eksplorasi Penalaran Logis Calon Guru Matematika Melalui Pengintegrasian Pendekatan STEM dalam Menyelesaikan Soal. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 13-22.

Winkel. (2007). Psikologi Pengajaran. Media Abadi.

Yunita, A., Juwita, R., & Kartika, S. E. (2020). Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe teams’ games tournament terhadap hasil belajar matematika siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 23-34.

Downloads

Published

2021-01-30

How to Cite

Iffah, J. D. N. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Worksheet terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 107–116. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i1.645

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.