The Influence of RME-Based Teaching Media Assisted by Pixton Application on Students' Mathematics Problem Solving Ability
DOI:
https://doi.org/10.31980/mosharafa.v12i2.790Keywords:
Kemampuan pemecahan masalah matematis, Media ajar berbasis RME, Pixton, Mathematical problem solving ability, RME-based teaching mediaAbstract
Kemampuan pemecahan matematika siswa di Indonesia tergolong rendah, guru perlu menerapkan media pembelajaran yang dapat melatih kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, yang salah satu media tersebut adalah media ajar berbasis RME (Realistic Mathematics Education) berbantuan aplikasi pixton. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media ajar berbasis RME berbantuan aplikasi pixton terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen menggunakan desain The Pretest-Posttest Non-Equivalent Control Group, yang dilakukan di salah satu SMP Negeri Kota Palembang. Sampel yang digunakan yaitu siswa kelas VIII.6 sebanyak 33 orang dan siswa kelas VIII.2 sebanyak 31 orang, dengan menggunakan instrumen tes. Teknik analisis data menggunakan uji-t dengan bantuan SPSS. Hasil analisis data diperoleh kesimpulan terdapat pengaruh media ajar berbasis RME berbantuan aplikasi pixton terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.
Students' mathematical solving abilities in Indonesia are relatively low, teachers need to apply instructional media that can train students' mathematical problem-solving abilities, one of which is RME (Realistic Mathematics Education)-based teaching media assisted by the pixton application. The purpose of this study was to determine the effect of RME-based teaching media assisted by the Pixton application on students' mathematical problem solving abilities. This research is a quantitative study with a quasi-experimental method using The Pretest-Posttest Non-Equivalent Control Group design, which was conducted at one of Palembang City Public Middle Schools. The samples used were 33 students in class VIII.6 and 31 students in class VIII.2, using a test instrument. Data analysis technique using t-test with the help of SPSS. The results of the data analysis concluded that there was an influence of RME-based teaching media assisted by the pixton application on students' mathematical problem-solving abilities.
References
Afriansyah, E. A. (2022). Peran RME terhadap Miskonsepsi Siswa MTs pada Materi Bangun Datar Segi Empat. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 359-368.
Aklimawati, & Mahmuzah, R. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP dengan Menggunakan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Jurnal Peluang, 6(2), 8–9.
Christina, E. N., & Adirakasiwi, A. G. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Tahapan Polya dalam Menyelesaikan Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(2), 405–424. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i2.405-424
Diana, Fitriani, N., & Amelia, R. (2021). Sistem Persamaan Linear Dua Variabel: Ditinjau dari Analisis Kesalahan Siswa MTs Kelas VIII pada Pembelajaran Daring. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4), 985–992. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.985-992
Fakhriyana, D., Mardiyana, & Aryuna, D. R. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematika dalam Memecahkan Masalah Model Programme For International Student Assessment (PISA) pada Konten Perubahan dan Hubungan Ditinjau dari Kecerdasan Logis Matematis Siswa Kelas IX SMP Muhammadiyah Program Khusus Surakart. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 2(6), 421–434.
Farida, I., & Lukman Hakim, D. (2021). Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(5), 1123–1136. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i5.1123-1136
Gabriella, J., & Imami, A. I. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah pada Materi SPLDV. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 454–458.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gozali, I., Nindiasari, H., & Fatah, A. (2022). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Disposisi Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa The Effect of Problem Based Learning on Mathematical Disposition and Students’ Problem Solving Ability. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 12 (2), 102–110.
Hadi, S., & Novaliyosi. (2019). Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS). The Language of Science Education, 108–108. https://doi.org/10.1007/978-94-6209-497-0_97
Harefa, D., & La’ia, H. T. (2021). Media Pembelajaran Audio Video terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 327. https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.327-338.2021
Hasyim, A. F., Munawar, B., & Ma’arif, M. (2021). Penggunaan Media Video untuk Meningkatkan Pemahaman Karakteristik Arus Searah dan Bolak-Balik pada Peserta didik MAN 1 Pandeglang. Jurnal Pendidikan, 9(1), 5–24.
Hidayah, K. M. N. (2019). Pengembangan Media Komik Digital Menggunakan Pixton Disertai Quiz ( KAHOOT ) Pada Konsep Sistem Gerak. Skripsi. Jakarta: FKIP Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Jamil, H., Ibrahim, M. M., Sriyanti, A., Idris, R., & Belajar, H. (2021). Pendampingan Peningkatan Hasil Belajar Matematika Assistance In Improving The Mathematics Student Learning Outcomes of Grade XI MA YPPI Bulukumba. KHIDMAH: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(2), 30–40.
Kuswiarti, Juariah, D., & Rahayu, G. D. S. (2019). Peningkatan hasil belajar cerita anak melalui metode pembelajaran cooperative script pada siswa kelas V SD. COLLASE, 2(2), 49–61.
Maghfiroh, R., Khabibah, S., & Amintoko, G. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Operasi Bentuk Aljabar. Journal Discovery, 6(2), 84–95.
Matondang, K. Matondang, A. R. (2022). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa melalui Pendekatan Matematika Realistik. OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika, 1(1), 22–28. https://doi.org/10.47662/farabi.v4i2.250
Muzaini, M. (2018). Pendekatan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematis Siswa: Suatu Eksperimen pada Salah Satu Sekolah di Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(1), 51–61.
Novianti, & Salim, M. B. (2018). Pengaruh Pemberian Pre Test dan Post Test terhadap Kesiapan dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII di SMP Negeri 7 Metro Tahun Pelajaran 2015/2016. Kappa Journal, 2(1), 1. https://doi.org/10.29408/kpj.v2i1.754
Nurhayati, E., Nurfauziah, P., & Fitriani, N. (2021). Analisis Kesulitan Siswa Kelas VIII dalam Memahami Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(6), 1609–1620. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i6.1609-1620
OECD. (2018). Programme for International Student Assessment (PISA). The Language of Science Education, 79–79. https://doi.org/10.1007/978-94-6209-497-0_69
Panggabean, N. S., Hamdani, & Nursangaji, A. (2022). Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Komik Kelas VIII. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 11(2), 1–9. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/viewFile/53013/75676592428
Purnamasari, I., & Setiawan, W. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi SPLDV Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika (KAM)). Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(2), 207. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i2.771
Putro, P. C., & Setyadi, D. (2022). Pengembangan Komik Petualangan Zahlen Sebagai Media Pembelajaran Matematika Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 131-142.
Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian di Bidang Manajemen Teknik, Pendidikan dan Eksperimen. Yogyakarta Deepublish Publisher.
Selan, D., & Yunianta, T. N. H. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas 8 Berdasarkan Tahapan Ideal untuk Materi SPLDV Bentuk Tidak Rutin. Jurnal Satya Widya, 36(2), 133–143.
Sianipar, S. G. E. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikam Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Menggunakan Fase Newman. MATHEdunesa, 9(3), 478–486.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Sumardjoko, I., & Akhmadi, M. H. (2020). Pengukuran Utilitas Dana Kapitasi Puskesmas dengan Capaian Standar Pelayanan Minimal Kesehatan di Indonesia Measuring Operation Cost Utility Of Public-Health Center With Minimum Health Service Standard Achievement in Indonesia. Gorontalo Journal of Public Health, 3(2), 80–90.
Syach, A. (2022). Strategi Pendekatan Pembelajaran Dalam Al-Quran. Jurnal Tahsinia, 3(2), 127–137. https://doi.org/10.57171/jt.v3i2.331
Usmadi, U. (2020). Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas dan Uji Normalitas). Inovasi Pendidikan, 7(1), 50–62. https://doi.org/10.31869/ip.v7i1.2281
Wansurni, D., Syamsuddin, N., & Susanti, S. (2022). Pemahaman Konsep Matematis Siswa melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education SMP. Jurnal Equation: Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematika, 5(2), 57. https://doi.org/10.29300/equation.v5i2.7356
Witanta, V. A., Baiduri, B., & Inganah, S. (2019). Pengembangan Komik sebagai Media Pembelajaran Matematika pada Materi Perbandingan Kelas VII SMP. Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.36706/jls.v1i1.9565
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.