Development of Mathematical Cognitive Test Instruments on Fraction Materials for Elementary School Students Based on Idea Exploration Ability

Authors

  • Yeni Fitriya Universitas Negeri Yogyakarta
  • Hendra Listya Kurniawan Universitas Negeri Yogyakarta
  • Ardiyan Latif Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v12i3.827

Keywords:

Eksplorasi ide, Instrumen Tes Eksplorasi Ide, Reliabilitas, Validitas Konstruk, Construct Validity, Idea exploration, Idea Exploration Test Instrument, Reliability

Abstract

Eksplorasi ide sebagai bagian dari disposisi matematis memiliki peran penting bagi siswa. Dengan kemampuan eksplorasi ide, siswa akan mampu memecahkan soal matematika secara mandiri dan kreatif untuk mendukung keberhasilan pembelajaran matematika. Namun berdasarkan studi pendahuluan diketahui kemampuan eksplorasi ide siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi pecahan masih rendah. Penelitian ini bertujuan mengembangkan instrument tes kognitif dengan membuktikan validitas dan reliabilitas konstruk instrumen tes eksplorasi ide materi pecahan di sekolah dasar. Metode penelitian ini adalah kuantitatif secara cross sectional dengan 307 siswa sebagai subjek penelitian. Analisis data menggunakan analisis faktor konfirmasi dengan software SPSS 26 dan Lisrel 8.80 untuk mengetahui nilai indeks daya beda dan nilai muatan faktor yang kemudian digunakan untuk menemukan nilai korelasi antar dimensi (AVE), validitas konstruk dan reliabilitas instrumen.  Hasil penelitian menunjukan terdapat 12 butir soal valid secara konstruk dan reliabel. Penelitian ini memberikan implikasi dan rekomendasi dalam penggunaan instrument tes berbasis eksplorasi ide di sekolah dasar.

Exploration of ideas as part of a mathematical disposition is essential for students. With the ability to explore ideas, students can solve math problems independently and creatively to support the success of learning mathematics. However, based on a preliminary study shows that student's ability to explore ideas in solving word problems on fractions is still low. This study aims to develop by proving the construct validity and reliability of the exploratory test instrument for ideas on fractional material in elementary schools. The method in this study was quantitative with a cross-sectional method with 307 students as research subjects. Data analysis was carried out by confirming factor analysis using SPSS 26 and Lisrel 8.80 software to determine the value of the differential index and factor loading values which can then be used to find the inter-dimensional correlation (AVE) values, construct validity, and instrument reliability. Of the 35 items, 17 questions have high discriminatory power to be analyzed using Lisrel 8.80. The results showed that 12 items were stated to be constructively valid and reliable. This study provides implications and recommendations for using test instruments based on idea exploration in elementary schools.

References

Afriansyah, E. A. (2017). Desain Lintasan Pembelajaran Pecahan melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 463-474.

Akbar, P., Hamid, A., Bernard, M., Sugandi, A. I., Disposition, M., & Matematik, D. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematik Siswa Kelas XI SMA Putra Juang dalam Materi Peluang. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 144–153.

https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.62

Akhdiyat, A. M., & Hidayat, W. (2018). Pengaruh kemandirian belajar matematik siswa terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa sma. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(6), 1045–1054.

https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i6.p1045-1054

Almeida, D. (2003). Engendering proof attitudes: Can the genesis of mathematical knowledge teach us anything?. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 34(4).

https://doi.org/10.1080/0020739031000108574

Aminah, N., Maat, S. M., & Sudarsono, S. (2023). Computational Thinking of Prospective Mathematics Teacher Viewed from Entrepreneur Character. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 267-278.

Amir, Z., & Risnawati. (2015). Psikologi Pembelajaran Matematika (1st ed.). Aswaja Pressindo.

Aprilia, I. S., & Diana, H. A. (2023). Pembelajaran CORE Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Taruna Terpadu Bogor. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 83-92.

Aswita, D., Nurmawati, Salamia, Sarah, S., Saputra, S., Kurniawan, E. S., Yoestara, M., Fazilla, S., Zulfikar, Putri, Z., Iqbal, M., & Ismail, N. M. (2022). Pendidikan Literasi Memenuhi Kecakapan Abad 21. K Media.

Bramantyo. (2021). Teknik Berpikir Kreatif. Uwais Inspirasi Indonesia.

Dewi, N. R. (2020). Monograph Pengembangan Pembelajaran Prepospec Berbatuan TIK untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa. Penerbit Lakeisha.

Elyana, D., Astutiningtyas, E. L., & Susanto, H. A. (2023). Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Garis Singgung Lingkaran. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 93-106.

Fatimah, L. U. (2019). Analisis Kesukaran Soal, Daya Pembeda dan Fungsi Distraktor. Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 8(2).

https://doi.org/10.36668/jal.v8i2.115

Ghozali I, & Fuad. (2012). Structural equation modeling, teori,konsep dan aplikasi dengan program LISREL 8,8. Universitas Diponegoro.

Hair, J. ., Black, W. ., Babin, B. ., & Anderson, R. . (2010). Multivariate data analysis. Prentice Hall.

Hasanudin, H., & Maryati, I. (2023). Kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas v pada materi akar pangkat tiga. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(2), 193-204.

Hayuhantika, D., & Rahayu, D. S. (2019). Eksplorasi Ide - Ide Matematika pada Kesenian Reyog Tulungagung. Jurnal Penelitian Dan Riset Matematika, 2(1), 1–14. https://doi.org/ 10.33503/prismatika.v2i1.545

Herawati, T., Hidayati, W. S., & Iffah, J. D. N. (2023). Students' Higher Order Thinking Process in Solving Math Problems by Gender. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 255-266.

Ilma, A. Z., Budiharti, R., & Ekawati, E. Y. (2021). Eksperimentasi Model Discovery Learning dan Problem Based Learning Didukung Modul LCDS Ditinjau dari Ketekunan Belajar Peserta Didik. 11, 17–24.

Indriyani, M. (2019). Peningkatan Kemampuan Disposisi Matematika Siswa Melalui Pendekatan Pembelajaran Model STAD (Student Team Achievement Division). PEDIAMATIKA: Journal of Mathematical Science and Mathematics Education, 01(01), 103–112.

Istiqomah, & Saeful, A. (2007). Matematika SD : Ringkasan Teori Latihan Soal dan Pembahasan Evaluasi. Agro Media Pustaka.

Ja’far, M. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Karakter Konsisten dan Teliti Menggunakan Pendekatan Realistic Mathemathic Education (RME) Pada Bab Kesebangunan dan Kekongruenan Bangun. JUKASI: Jurnal Edukasi, 1(3).

https://doi.org/10.19184/jukasi.v1i1.3398

Lahida, Y., & Jailani. (2015). Analisis Proses Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1).

https://doi.org/10.21831/jrpm.v2i1.7157

Lin, S.-W., & ChunTai, W. (2016). A Longitudinal Study for Types and Changes of Students’ Mathematical Disposition. Universal Journal of Educational Research, 4(8), 1903–1911. https://doi.org/10.13189/ujer.2016.040821

Lodico, M. G. (2010). Methods in Educational Research from Theory to Practice. Jossey-Bass.

Mardhiyana, D., Octaningrum, E., & Sejati, W. (2016). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Rasa Ingin Tahu Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 672–688.

Maulyda, M. A. (2020). Paradigma Pembelajaran Matematika Berbasis NCTM (Issue January).

Miarsyah, M., Sigit, D. V., Ichsan, I. Z., Fadrikal, R., & Suprapto, M. (2019). Lekersmulia: Improving indonesian students’ environmental responsibility using multimedia in environmental learning. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(12), 1639–1643.

Puspita, T., Muzdalipah, I., & Nurhayati, E. (2023). Kemampuan Penalaran Proporsional pada Materi Perbandingan. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 107-116.

Puspitaningrum, H. Z., & Astutik, S. (2018). Lembar Kerja Siswa Berbasis Collaborative Creativity Untuk Melatihkan Kemampuan Berargumentasi Ilmiah Siswa SMA. Prosiding Seminar Nasional Quantum #25, 159–164.

Rahmayani, S. A., Susanto, S., & Suwito, A. (2023). Analysis of Middle School Students' Mathematical Representation Ability on Triangle Material Based on Learning Style. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 279-290.

Retnawati, H. (2016). Validitas reliabilitas dan karakteristik butir. Parama Publishing.

Robiah, S., & Nuraeni, R. (2023). Pengaruh kepercayaan diri terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa mts pada materi himpunan. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(2), 215-228.

Rusdiana. (2012). Pendidikan Kewirausahaan. Insan Komunika.

Santosa, C. A. H. (2013). Mengatasi Kesulitan Mahasiswa Ketika Melakukan Pembuktian Matematis Formal. Jurnal Pengajaran MIPA, 18(2).

https://doi.org/10.18269/jpmipa.v18i2.36130

Setyo, A. A., Fathurahman, M., & Anwar, Z. (2020). Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Software Geogebra untuk Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self Confidence Siswa SMA. Yayasan Barcode.

Sharma, S. (1996). Applied multivariate techniques. John Wiley & Sons. Inc.

Siregar, B. H., Kairuddin, K., Mansyur, A., & Yusoff, N. S. M. (2023). Innovation in The Development of an Electronic Practicum Book of IT-Based Learning Media Oriented to The Team-Based Project. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 243-254.

Siregar, H. T., & Halawa, T. S. (2021). Perbaikan Pembelajaran dengan Menggunakan BUPENA pada Percobaan Tema Bagian Tumbuh -Tumbuhan dan Fungsinya di Kelas IV SD Negeri 068007 Medan Tuntungan. SEJ (School Education Journal), 11(2), 2020–2021.

https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v11i2.27201

Sitepu, A. S. menda B. (2019). Pengembangan Kreatifitas Siswa. Guepedia Publisher.

Sujati, H., Sajidan, Akhyar, M., & Gunarhadi. (2020). Testing the construct validity and reliability of curiosity scale using confirmatory factor analysis. Journal of Educational and Social Research, 10(4), 229–237. https://doi.org/10.36941/JESR-2020-0080

Suwanto, F. R., Wijaya, A., Aprisal, A., Fauzi, A., & Tobondo, Y. V. (2023). Realistic Mathematics Textbook Toward the Students’ Mathematical Generalization Skills. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 291-300.

Tamardiyah, N. D. (2017). Minat Kedisiplinan dan Ketekunan Belajar Terhadap Motivasi Berprestasi dan Dampaknya pada Hasil Belajar Matematika SMP. Jurnal Manajemen Pendidikan, 12(1).

Tentama, F., & . S. (2018). Pengujian Validitas dan Reliabilitas Konstruk pada Organizational Citizenship Behavior. Humanitas, 15(1), 62. https://doi.org/10.26555/humanitas.v15i1.5282

Wei, Y., Zhang, Q., & Guo, J. (2022). Can Mathematical Modelling Be Taught and Learned in Primary Mathematics Classrooms: A Systematic Review of Empirical Studies. Education Sciences, 12(12). https://doi.org/10.3390/educsci12120923

Wijayanto, S. H. (2008). Structural Equation Modeling dengan LISREL 8.8. Graha Ilmu.

Downloads

Published

2023-07-30

How to Cite

Fitriya, Y., Kurniawan, H. L., & Latif, A. (2023). Development of Mathematical Cognitive Test Instruments on Fraction Materials for Elementary School Students Based on Idea Exploration Ability. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(3), 557–570. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v12i3.827

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 24 25 26 27 28 29 30 31 32 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.