Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Matematika dengan menggunakan Contextual Teaching and Learning
DOI:
https://doi.org/10.31980/plusminus.v4i3.1461Keywords:
kemampuan berpikir kritis, Contextual Teaching and Learning, pembelajaran matematika, Critical thinking, Contextual teaching and learning, Mathematics learningAbstract
Guru berperan dalam memfasilitasi pembelajaran yang mendukung kemampuan berpikir kritis. Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dianggap sebagai solusi untuk masalah ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah CTL dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis dalam matematika. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil menunjukkan bahwa, kemampuan berpikir kritis siswa meningkat sebesar 32%, dari 51% menjadi 83%. Tahapan CTL mendukung kemampuan berpikir kritis dengan memberikan masalah kontekstual dan pembelajaran interaktif. Melalui CTL, siswa lebih bertanggung jawab dalam menghadapi masalah kehidupan nyata.
Teachers play a role in facilitating learning that supports critical thinking skills. The Contextual Teaching and Learning (CTL) approach is a solution to this problem. This research aims to determine whether CTL can develop critical thinking skills in mathematics. This research uses descriptive qualitative methods. The results show that students' critical thinking abilities increased by 32%, from 51% to 83%. The CTL stages support critical thinking skills by providing contextual problems and interactive learning. Through CTL, students are more responsible in dealing with real-life problems.
References
Abdullah, I. H. (2013). Berpikir Kritis Matematik. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(1), 66–75. https://doi.org/10.33387/dpi.v2i1.100
Anggiasari, T., Hidayat, S., & Harfian, B. A. A. (2018). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA di Kecamatan kalidoni dan Ilir Timur II. Jurnal Ilmiah Biologi, 7(2), 183–195. https://doi.org/10.26877/bioma.v7i2.2859
Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Asmoro, B. P., & Mukti, F. D. (2019). Increasing the Curious of Natural Sciences Through the Contextual Teaching and Learning Model in Students of Class VA Karangroto State Elementaru School 02. Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 104–128.
Behar-Horenstein, L. S., & Niu, L. (2011). Teaching Critical Thinking Skills In Higher Education: A Review Of The Literature. Journal of College Teaching & Learning, 8(2), 25–42. https://doi.org/10.19030/tlc.v8i2.3554
Brinus, K. S. W., Makur, A. P., & Nendi, F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 261–272. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.439
Dhayanti, D., & Johar, R. (2018). Improving Students’ Critical and Creative Thinking through Realistic Mathematics Education using Geometer’s Sketchpad. Journal of Research and Advances in Mathematics Education, 3(1), 25–35.
Egok, A. S. (2016). Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 186–199.
Faciano. (2015). Critical Thinking: What It Is And Why It Counts. Measured Reasons and the Californias Acedemic Press.
Haeruman, L. D., Rahayu, W., & Ambarwati, L. (2017). Pengaruh Model discovery Learning terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Self-Confidence ditinjau dari Kemampuan Awal Matematis Siswa SMA di Bogor Timur. JPPM, 10(2), 157–168.
Haryanto, P. C., & Arty, I. S. (2019). The Application of Contextual Teaching and Learning in Natural Science to Improve Student’s HOTS and Self-efficacy. Journal of Physics: Conference Series, 1233(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1233/1/012106
Hidayanti, D., As’ari, A. R., & Daniel, T. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Kelas IX pada Materi Kesebangunan. PROSIDING, 12(1), 276–285. proceedings.ums.ac.id
Hutagaol, K. (2013). Pembelajaran Kontektual untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Infinity Journal, 2(1), 85–99. https://doi.org/10.22460/infinity.v2i1.p85-99
Irawan, A., & Febriyanti, C. (2016). Penerapan Strategi Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. Jurnal Ilmu Pendidikan, 22(1), 9–17. https://doi.org/10.17977/jip.v22i1.8639
Janah, S. R., Suyitno, H., & Rosyida, I. (2019). Pentingnya Literasi Matematika dan Berpikir Kritis Matematis dalam Menghadapi Abad ke-21. PRISMA, 2, 905–910.
Johnson, E. B. (2010). Contextual Teaching & Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar-Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Kaifa.
Jumaisyaroh, T., Napitupulu, E. E., & Hasratuddin. (2014). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Kreano, 5(2), 157–169. https://doi.org/10.15294/kreano.v5i2.3325
Karim, A. (2017). Analisis Pendekatan Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) di SMPN 2 Teluk Jambe Timur Karawang. FORMATIF: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(2), 144–152. https://doi.org/10.30998/formatif.v7i2.1578
Knight, G. R. (2009a). Filsafat & Pendidikan: Sebuah Pendahuluan dari Perspektif Kristen. Universitas Pelita Harapan.
Knight, G. R. (2009b). Filsafat Pendidikan: Sebuah Pendahuluan dari Perspektif Kristen. Universitas Pelita Harapan.
Kutni, I., & Nalim, N. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa dalam Mengerjakan Soal Matematika Melalui Pembelajaran Jarak Jauh. SANTIKA : Seminar Nasional Tadris Matematika, 2, 410–421.
Maryati, I., & Priatna, N. (2017). Integrasi Nilai-Nilai Karakter Matematika Melalui Pembelajaran Kontekstual. Jurnal Pendidikan Matematik, 6(3), 333–344. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i3.322
Nafiah, Y. N., & Suyanto, W. (2014). Penerapan Model Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(1), 125–143. https://doi.org/10.21831/jpv.v4i1.2540
NCTM. (2000). Principles and Standars for School Mathematics. The National Council of Teachers of Mathematics.
Noordyanna, M. A. (2018). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa melalui Pendekatan Metacognitive Instruction. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 120–127. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.267
Novtiar, C., & Aripin, U. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kepercayaan Diri Siswa SMP melalui Pendkatan Open Ended. PRISMA, 6(2), 119–131.
Nuridawani, Munzir, S., & Saiman. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis dan Kemandirian Belajar siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Jurnal Didaktik Matematika, 2(2), 59–71.
Nuryanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(2), 155–158. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i2.10490
OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework.
Pratt, R. L. (1998). Menaklukan Segala Pikiran Kepada Kristus. SAAT.
Prihartini, E., Lestari, P., & Saputri, S. A. (2016). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Menggunakan Pendekatan Open Ended. PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Matematika, 58–64.
Qoriah, S., Tamyis, & Hasam, M. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap. Journal on Education, 05(04), 11454–11461. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2086
Ramdani, E. (2018). Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1), 1–10. https://doi.org/10.24114/jupiis.v10i1.8264.g9053
Razak, F. (2017). Hubungan Kemampuan Awal Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Pada Siswa Kelas VII SMP Pesantren Immim Putri Minasatene. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 117–128. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i1.299
Saputra, H. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. Perpustakaan IAI Agus Salim, 2, 1–7. https://doi.org/10.17605/OSF.IO/TJ76P
Saragih, M. J., Hidayat, D., & Tamba, K. P. (2019). Implikasi Pendidikan yang Berpusat pada Kristus dalam Kelas Matematika [The Implications of Christ-Center Education for Mathematics Classes]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 2(2), 97–197. https://doi.org/10.19166/johme.v2i2.1695
Selvianiresa, D., & Prabawanto, S. (2017). Contextual Teaching and Learning Approach of Mathematics in Primary Schools. Journal of Physics: Conference Series, 895(1), 1–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/895/1/012171
Setiawan, A., & Luthfiyani, U. K. (2023). Penggunaan ChatGPT Untuk Pendidikan di Era Education 4.0: Usulan Inovasi Meningkatkan Keterampilan Menulis. Jurnal PETISI, 04(01), 49–58. https://doi.org/10.36232/jurnalpetisi.v4i1.3680
Shanti, N. W., Sholihah, D. A., & Abdullah, A. A. (2018). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis melalui CTL. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 5(1), 98–110.
Shanti, W. N., & Abadi, A. M. (2015). Keefektifan Pendekatan Problem Solving dan Problem Posing dengan Setting Kooperatif dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 121–134. https://doi.org/10.21831/jrpm.v2i1.7155
Soleha, F., Akhwani, A., Nafiah, N., & Rahayu, D. W. (2021). Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3117–3124. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1285
Subakti, H., Chamidah, D., Siregar, R. S., Saputro, A. N. C., Recard, M., Nurtanto, M., Kaswandi, S., & Ramadhani, R. (2021). Metodologi Penelitian Pendidikan. Yayasan Kita Menulis.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. ALFABETA.
Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan pembelajaran di Sekolah Dasar. Prenadamedia Group.
Syamsuddin, S., & Utami, M. A. P. (2021). Efektivitas Pembelajaran Matematika melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning. JRIP: Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran, 1(1), 32–40. https://doi.org/10.51574/jrip.v1i1.14
TIMSS 2015. (2016). TIMSS 2015 Assessment Framework. TIMSS and PIRLS International Study Center. timssandpirls.bc.edu
Tong, S. (2009). Peta dan Teladan Allah. Lembaga Reformed Injili Indonesia.
Ulfa, M. (2021). Peningkatan Literasi Menulis Puisi melalui Metode Contextual Teaching and Learning. SNHRP, 3, 284–293.
Van Brummelen, H. (2006). Berjalan dengan Tuhan di dalam Kelas. Universitas Pelita Harapan.
Wahyuni, R. (2016). Inovasi Pembelajaran Matematika dengan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). JUPENDAS: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 33–39.
Wibowo, T. U. S. H., Akbar, F., Ilham, S. R., & Fauzan, M. S. (2023). Tantangan dan Peluang Penggunaan Aplikasi ChatGPT Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Sejarah Berbasis Dimensi 5.0. Jurnal PETISI, 4(2), 69–76. https://doi.org/10.36232/jurnalpetisi.v4i2.4226
Widiantari, N. M., Suarjana, I. M., & Kusmariyatni, N. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV Dalam Pembelajaran Matematika. Journal PGSD Pendidikan Ganesha, 4(1), 1–11. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.7348
Widyaiswara, G. P., Parmiti, D. P., & Suarjana, I. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap Hasil Belajar IPA. International Journal of Elementary Education, 3(4), 389–395. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i4.21311
Yasinta, P., Meirista, E., & Taufik, A. R. (2020). Studi Literatur: Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa melalui Pendekatan Contextual teaching and Learning (CTL). ASIMTOT: Jurnal Kependidikan Matematika, 2(2), 129–138. https://doi.org/10.30822/asimtot.v2i2.769
Yudha, C. B. (2018). Peningkatan Motivasi Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Konsep Dasae Matematika melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 12–27. https://doi.org/10.21009/JPD.091.02
Yusup, W. B., & Yosepa, T. (2022). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen. Harati: Jurnal Pendidikan Kristen, 2(1), 18–31. https://doi.org/10.54170/harati.v2i1.93
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.