Meningkatkan Minat Belajar dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning
DOI:
https://doi.org/10.31980/plusminus.v4i1.1625Keywords:
Minat Belajar, Kemampuan Pemecahan Masalah, Pendekatan CTL, SPLDV, Interest in Learning, Problem Solving Ability, CTL approachAbstract
Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan proses pendekatan Contextual Teaching and Learning yang dapat meningkatkan minat dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas X di SMAN 2 Jonggat tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas XE-1 yang berjumlah 36 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi, angket minat belajar matematika dan tes evaluasi kemampuan pemecahan masalah matematika. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil angket dan tes matematika siswa meningkat dari siklus I ke siklus II. Dapat disimpulkan bahwa pendekatan Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan minat belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.
The research aims to describe the Contextual Teaching and Learning approach process which can increase the interest and ability to solve mathematical problems in class X students at SMAN 2 Jonggat for the 2023/2024 academic year. This research is Classroom Action Research (PTK). The research subjects were 36 students in class XE-1. The instruments used were observation sheets, interest questionnaires in learning mathematics, and evaluation tests of mathematical problem-solving abilities. The data analysis techniques used are quantitative and qualitative data analysis techniques. The results of student questionnaires and mathematics tests increased from cycle I to cycle II. It can be concluded that the Contextual Teaching and Learning approach can increase students' interest in learning and mathematical problem-solving abilities.
References
Akbar, P., Hamid, A., Bernard, M., & Sugandi, A. I. (2018). Analisis kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematik siswa kelas xi sma putra juang dalam materi peluang. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 144-153.
Al Ayyubi, I. I., Nudin, E., & Bernard, M. (2018). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 355-360.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2007). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Untuk Guru, Kepala Sekolah, Pengawas, dan Penilai. Lampung Selatan.
Bungsu, T. K., Vilardi, M., Akbar, P., & Bernard, M. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Di Smkn 1 Cihampelas. Journal on Education, 1(2), 382- 389.
Chotimah, S., Ramdhani, F. A., Bernard, M., & Akbar, P. (2019). Pengaruh Pendekatan ModelEliciting Activities Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Siswa Smp Negeri di Kota Cimahi. Journal on Education, 1(2), 68-77.
Maharani, S., & Bernard, M. (2018). Analisis Hubungan Resiliensi Matematik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Lingkaran. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 819-826.
Nurhayati, N., & Bernard, M. (2019). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematik Siswa Kelas X SMK Bina Insan Bangsa Pada Materi Persamaan Dan Pertidaksamaan. Journal on Education,1(2), 497-502.
Narendrati, N. (2017). Komparasi pembelajaran statistika melalui pendekatan CTL dan problem posing ditinjau dari prestasi belajar dan minat belajar Matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(1), 67-77. doi: 10.21831/jrpm.v4i1.12723
Polya, G. (1973). How To Solve It. Princeton: Princeton University Press.
Riastini, P. N., & Mustika, I. K. A. (2017). Pengaruh Model Polya terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V SD. International Journal of Elementary Education, 1(3), 189. https://doi.org/10.23887/ijee.v1i3.11887
Risma, A., Isnarto, & Isti, H. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Langkah Polya. Seminar Nasional Pascasarjana.
Risanatul, R., & Junaidi, J. (2022). Penyebab Peserta Didik Tidak Berpartisipasi Aktif dalam Pembelajaran Sosiologi di Kelas XI IPS 1 SMAN 4 Merangin Jambi. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 1(3), Article 3. https://doi.org/10.24036/nara.v1i3.74
Rosdianwinata, E., & Aprilianti, P. T. (2022). Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning Untuk Meningkatkan Minat Belajar Matematika Dan Kepercayaan Diri Siswa. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(3), 190-196.
Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Penada Media.
Sari, A. R., & Aripin, U. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Bangun Datar Segiempat Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik untuk Siswa Kelas VII. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(6), 1135. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i6.p1135-1142
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Timutius, F., Apriliani, N. R., & Bernard, M. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Kelas IX-G di SMP Negeri 3 Cimahi dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematik pada Materi Lingkaran. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 305-312.
Yulinda, L., Mustapa, K., & Ratman, R. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Dipadu Contextual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Sma Imanuel Palu. Jurnal Akademika Kimia, 7(2), 75-79.
Yuniarti, N., Sulasmini, L., Rahmadhani, E., Rohaeti, E. E., & Fitriani, N. (2018). Hubungan kemampuan komunikasi matematis dengan self esteem siswa SMP melalui pendekatan contextual teaching and learning pada materi segiempat. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 62-72.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.