Development of e-worksheet based on discovery learning using liveworksheets to improve concept understanding ability
DOI:
https://doi.org/10.31980/pme.v3i2.1472Keywords:
Discovery learning, E-WOrksheet, Mathematical COncept Understanding Ability, Liveworksheet, Curve Side Space, Bangun Ruang Sisi Lengkung, Kemampuan Pemahaman konsep Matematis, LiveworksheetsAbstract
This study aims to develop a discovery learning-based E-WORKSHEET using live worksheets to improve students' concept understanding ability on curved-sided space building material, test the validity of E-WORKSHEET, test the practicality of E-WORKSHEET, and see the improvement of students' concept understanding ability. The method used is Research and Development (R&D) using the ADDIE development model (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). The research was conducted in class IX-F MTs Negeri 2 Kuningan with 32 students. Data collection techniques used in this study include interviews and needs questionnaires. The data analysis techniques used were the validity test, practicality test and N-Gain test. The validation test results from material experts showed a validity percentage of 88.17%, while the validation results from media experts reached a validity percentage of 96.53%. The practicality test results showed that the E-WORKSHEET implementation reached a practicality level of 94.84%, so it can be categorized as very practical. The technique to test the improvement of concept understanding ability is by giving pre-test and post-test questions to class IX-F students, as many as 32 students with details of the pre-test average of 15.16 and post-test average of 82.66. Based on the results of data analysis to find N-Gain, E-WORKSHEET is also able to improve students' mathematical concept understanding ability with an average N-Gain of 0.8 in the N-Gain category.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-WORKSHEET berbasis discovery learning menggunakan liveworksheets untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi bangun ruang sisi lengkung, menguji kevalidan E-WORKSHEET, menguji kepraktisan E-WORKSHEET, dan melihat peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Penelitian dilakukan di kelas IX-F MTs Negeri 2 Kuningan dengan jumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini diantaranya wawancara dan angket kebutuhan. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji kevalidan, uji kepraktisan dan uji N-Gain. Hasil uji validasi dari ahli materi menunjukkan persentase validitas sebesar 88,17%, sementara itu, hasil validasi dari ahli media mencapai persentase validitas sebesar 96,53%. Hasil uji kepraktisan menunjukkan bahwa implementasi E-WORKSHEET tersebut mencapai tingkat kepraktisan sebesar 94,84%, sehingga dapat dikategorikan sebagai sangat praktis. Teknik untuk menguji peningkatan kemampuan pemahaman konsep yaitu dengan memberikan soal pre-test dan post-test kepada siswa kelas IX-F sebanyak 32 siswa dengan rincian rata-rata pre-test sebesar 15,16 dan rata-rata post-test 82,66. Berdasarkan hasil analisis data untuk mencari N-Gain, E-WORKSHEET mampu meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan rata-rata N-Gain sebesar 0,8 dalam kategori “tinggi”.
References
Amsari, P., & Haryati, A. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal MathEducation Nusantara, 6(1), 57–65.
Armanda, B. P., & Putra, A. (2023). Pengaruh E-LKPD Model Problem-Based Learning Terhadap Pencapaian Kompetensi Siswa dalam Pembelajaran Fisika Kelas X SMAS Adabiah 1 Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 15022–15033.
Destiana, O., Sumarni, S., & Adiastuti, N. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar dengan Pendekatan Kontruktivisme Berbasis Kemampuan Penalaran Matematis. Mathline : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 128–145. https://doi.org/10.31943/mathline.v5i2.152
Faisal, F., Sumarni, S., & Riyadi, M. (2023). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama pada Persamaan Garis Lurus Ditinjau dari Self-Regulated Learning. ARITHMETIC: Academic Journal of Math, 5(1), 31. https://doi.org/10.29240/ja.v5i1.6377
Gulo, S., & Harefa, A. O. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 291–299. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.40
Komalasari, E., Sumarni, S., & Adiastuty, N. (2021). Analisis Desain Didaktis Segiempat yang Dikembangkan Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 23–35. https://doi.org/10.30605/proximal.v4i1.502
Marasabessy, R., Hasanah, A., & Juandi, D. (2021). Bangun Ruang Sisi Lengkung dan Permasalahannya dalam Pembelajaran Matematika. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1), 1–20. https://doi.org/10.46918/equals.v4i1.874
Novita, N., Sumarni, & Riyadi, M. (2022). Student Concept Understanding Analisys In Number Pattern Material During Distance Learning (Dl). Mathline: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(1), 19–39.
Nurlaila, M., Agus, R. N., & Lestari, I. (2022). Pengembangan LKPD Interaktif Menggunakan Liveworksheets untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Journal Abacus, 3(1), 50–62.
OECD. (2019). Programme for International Student Assessment (PISA). The Language of Science Education, 79–79. https://doi.org/10.1007/978-94-6209-497-0_69
Rahmawati, R., Sumarni, S., & Adiastuty, N. (2023). Analisis Desain Didaktis Materi Bangun Ruang Sisi Datar dengan Pendekatan Konstruktivisme dan Model Discovery Learning. Prisma, 12(1), 171. https://doi.org/10.35194/jp.v12i1.2711
Sarman, A. A., Suastika, I. K., & Murniasih, T. R. (2023). Pengembangan E-LKPD untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. Jurnal Tadris Matematika, 6(1), 49–66. https://doi.org/10.21274/jtm.2023.6.1.49-66
Shalahuddin, M. H., & Hayuhantika, D. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis Kontekstual dengan Media Liveworksheets Pada Materi Lingkaran Di Kelas VIII. Jurnal Tadris Matematika, 5(1), 71–86.
Silalahi, R. A., Siahaan, T. M., & Tambunan, L. O. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas XI SMA Swasta Kampus Nommensen Pematangsiantar. Journal on Education, 5(4), 14264–14275. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2453
Sofyan, Y., Sumarni, & Riyadi, M. (2021). Pegembangan perangkat pembelajaran materi bangun ruang sisi datar berbasis model project based learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 129–142.
Soliya, D., Utari, T., Siagian, T. A., Stiadi, E., & Lestary, R. (2022). Pengembangan Lkpd Berbasis Discovery Learning Pada Materi Garis Dan Sudut Di Kelas Vii Smp Negeri 11 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 6(3), 410–420. https://doi.org/10.33369/jp2ms.6.3.410-420
Sumarni, & Adiastuty, N. (2015). Perbandingan Pemahaman Matematis Antara Siswa Yang Memperoleh Pembelajaran Metode Discovery Dan Metode Advance organizer. Euclid.
Sumarni, S., Darhim, D., Fatimah, S., Priatna, N., Anjelita, A., & Taufik, A. (2018). The students’ mathematical concept understanding ability through cooperative learning type jigsaw assisted visual media. Journal of Physics: Conference Series, 1132(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1132/1/012051
Supriatna, A. R., Siregar, R., & Nurrahma, H. D. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning pada Muatan Pelajaran Matematika pada Website Liveworksheets di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4025–4035. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2844
Syahril, R. F., Saragih, S., & Heleni, S. (2021). Development of Mathematics Learning Instrument Using Problem Based Learning Model on the Subject Sequence and Series for Senior High School Grade Xi. Jurnal Prinsip Pendidikan Matematika, 3(1), 9–17. https://doi.org/10.33578/prinsip.v3i1.62
Usman, M. R., Mulbar, U., & Wahyuni, S. (2023). Pengembangan Desain Pembelajaran Matematika Dengan Metode Flipped Classroom Pada Materi Teorema Pythagoras. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT), 9(1), 79–96. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v9i1.7462
Utami, K. L. ., Suastra, I. W., & Suarni, N. K. (2022). Pengembangan e-lkpd berbasis liveworksheet untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran ipa tema sumber energi kelas iv sd. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 6(2), 46–55.
Watika, L., & Suliyanah. (2019). Validitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Collaborative Learning pada Materi Gerak Lurus di SMA Negeri 1 Driyorejo. Inovasi Pendidikan Fisika, 08(02), 579–582.
Yulia, S., Buyung, & Relawati. (2018). Pengembangan lembar kerja siswa (lks) berbasis problem based learning pada materi bilangan di kelas vii smp negeri. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 61–70.
Yuniar, F., Sumarni, S., & Adiastuty, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Segiempat Berbasis Adobe Flash Cs6 Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning Untuk Memfasilitasi Kemampuan Koneksi Matematis. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT), 6(2), 101. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v6i2.3413
Zamrodah, Y. (2020). Pentingnya LKPD Pada Pendekatan Scientific Pembelajaran Matematika Muslimah. SHEs:Conference Series, 3(3), 1471–1479.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Halifa Ismaniar, Sumarni Sumarni, Mohamad Riyadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.