Systematic literature review: model pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan penalaran dan pembuktian matematis

Authors

  • Rika Marwiyah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Risa Khoerunnisa UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Iyon Maryono UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Rifa Rizqiyani UIN Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.31980/pme.v4i2.2972

Keywords:

Learning models, Mathematical reasoning, Mathematical proof, Model pembelajaran, Penalaran matematika, Pembuktian matematika

Abstract

Research on the implementation of mathematics learning models to enhance students’ mathematical reasoning and proof abilities has been widely conducted. There is a need to identify and analyze the development of such studies to draw conclusions and provide recommendations for future research in mathematics education. This study aims to examine the research trends and analyze the findings of studies related to mathematics learning models that aim to improve students' reasoning and proof skills in Indonesia from 2012 to 2023. The research method used is a Systematic Literature Review (SLR). A total of 54 articles were analyzed based on inclusion criteria. The findings indicate that various mathematics learning models, particularly Problem Based Learning is effective in enhancing students’ mathematical reasoning and proof abilities. This success is influenced by approaches that promote active engagement, real-world problem solving, and contextual learning.

Penelitian tentang penerapan model pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan penalaran dan pembuktian matematis siswa telah banyak dilakukan. Perlu dilakukan identifikasi dan analisis terhadap perkembangan penelitian tersebut untuk menarik simpulan dan memberikan rekomendasi bagi penelitian selanjutnya dalam bidang pendidikan matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kecenderungan penelitian dan menganalisis temuan penelitian terkait model pembelajaran matematika yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penalaran dan pembuktian siswa di Indonesia tahun 2012 sampai dengan 2023. Metode penelitian yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR). Sebanyak 54 artikel dianalisis berdasarkan kriteria inklusi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa berbagai model pembelajaran matematika, khususnya Problem Based Learning efektif dalam meningkatkan kemampuan penalaran dan pembuktian matematis siswa. Keberhasilan ini dipengaruhi oleh pendekatan yang mengutamakan keterlibatan aktif, pemecahan masalah dunia nyata, dan pembelajaran kontekstual.

References

Abdika, A. I., Agoestanto, A., & Mariani, S. (2025). Kemampuan penalaran matematis ditinjau pendekatan steam berbantuan virtual reality. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 4(1), 113-122. https://doi.org/10.31980/pme.v4i1.2634

Aryadi, D., & Ahmatika, D. (2018). Penerapan Model Pembelajaran PACE (Project, Activity, Cooperative Learning, Exercise) untuk Meningkatkan Kemampuan Pembuktian Matematis Peserta Didik SMA. UNINUS Journal Published, 3(7), 92-98.

Aulya, R., & Purwaningrum, J. P. (2021). Pengaruh model pembelajaran pbl berbantuan alat peraga dalam peningkatan kemampuan penalaran matematis. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(3), 401-406.

Badjeber, R. (2017). Asosiasi kemampuan penalaran matematis dengan kemampuan koneksi matematis siswa smp dalam pembelajaran inkuiri model alberta. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 10(2).

Cahyani, N. D., & Sritresna, T. (2023). Kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(1), 103-112. https://doi.org/10.31980/pme.v2i1.1404

Fadlurreja, R., & Dewi, N. R. (2019, February). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran PACE. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 2, pp. 616-621).

Hermawan, A. S., & Hidayat, W. (2018). Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematik Siswa SMP Melalui Pendekatan Penemuan Terbimbing. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(1), 7-12.

Hodiyanto, H., & Susiaty, U. D. (2018). Peningkatan kemampuan pembuktian matematis melalui model pembelajaran problem posing. MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 6(1), 128-137.

Isum, L., Cahya, E., & Dasari, D. (2012). Pembelajaran Matematika dengan Model CORE untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Koneksi Matematis Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan. SIGMA DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 72-82.

Just, J., & Siller, H. S. (2022). The role of mathematics in STEM secondary classrooms: A systematic literature review. Education Sciences, 12(9), 629.

Kustiawan, C., Aditya, Y,. & Mulyana, E,. (2012). Implementasi model pembelajaran matematika knisley dalam upaya meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa SMA. Jurnal Pengajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 17(1), 8-16.

Maimunah, M., et al. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Matematika Melalui Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Penalaran Matematis Siswa Kelas XA SMA Al- Muslimun. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 1(1), 17-30.

Masrukan, M., Walid, W., Marfuah, S., & Zaenuri. (2022). Model Pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa. Prisma, 5, 50-54.

Magfirah, M., Asfar, A. I. T., Akbar, A. I., Fauziah, A., & Sumiati, S. (2020). Peningkatan Kemampuan Penalaran Adaptif Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran PGSD. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Sains (pp. 31-37).

Mubarok, M. S. (2018). Meningkatkan kemampuan pembuktian matematis dan rasa ingin tahu siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 6 Semarang melalui model PBL. Jurnal prisma, prosiding seminar nasional matematika.

Purnamasari, Y. (2014). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) terhadap kemandirian belajar dan peningkatan kemampuan penalaran dan koneksi matematik peserta didik SMPN 1 kota Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan dan Keguruan, 1(1), 209664.

Rahman, A. A. (2018). Penerapan model pembelajaran pace untuk meningkatkan kemampuan pembuktian matematika siswa di kelas VII SMP materi geometri. 5(1), 27-38.

Rizki, R. S. H., Nuraida, I., & Widiastuti, T. T. (2025). Membangun Pemahaman Konsep Matematis melalui Pendekatan Matematika Realistik: Systematic Literature Review. Jurnal Perspektif, 9(1), 131-146.

Sari, T. H. N. I. (2016). Pengaruh model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) terhadap kemampuan pembuktian matematis siswa SMP. Jurnal Matematika, 3(2).

Sary, R. F., Juandi, D., & Jupri, A. (2022). Model pembelajaran discovery learning dan kemampuan penalaran matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1028.

Simatupang, R., & Surya, E. (2017). Pengaruh Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 1-9.

Sofiani, J., Nurjamil, D., & Nurhayati, E. (2023). Kemampuan penalaran analogi ditinjau dari self-concept. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(1), 17-30. https://doi.org/10.31980/pme.v2i1.1396

Sumartini, T. S. (2015). Peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa melalui pembelajaran berbasis masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 1-10.

Sumartini, T. S., Sunday, R., Madio, S. S., Afriansyah, E. A., Puspitasasri, N., Nuraeni, R., & Lurytawati, I. P. (2020). Pedagogical Content Knowledge. Pekemas: Journal of Community Service, 3(1), 10-12.

Tambunan, L. (2021). Model pembelajaran creative problem solving untuk meningkatkan kemampuan penalaran dan komunikasi matematis. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(2), 362-373.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Marwiyah, R., Khoerunnisa, R., Maryono, I., & Rizqiyani, R. (2025). Systematic literature review: model pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan penalaran dan pembuktian matematis. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 4(2), 449–468. https://doi.org/10.31980/pme.v4i2.2972

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.