Perbedaan Prestasi Belajar Matematika Siswa Antara Yang Mendapatkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dan Kontekstual

Penelitian Terhadap Mahasiswa Program Studi Matematika STKIP Garut Tahun Pelajaran 2012-2013

Authors

  • Nursuci Lestari STKIP Garut
  • Sukanto Sukandar Madio STKIP Garut

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v2i3.301

Keywords:

Cooperative learning in Jigsaw type, contextual learning, mathematic learning achievement, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Model Pembelajaran Kontekstual, Prestasi Belajar Matematika

Abstract

Quasi-experimental research designs the static group pretest- posttest design was aimed to know the differences of students' achievement in learn mathematic between students who get cooperative learning in Jigsaw and Contextual types. The technique of collecting data uses subjective tests from description, this instrument is clarified have complied the validity, reliability, and level of difficulty distinguishing power. Data analysis is Mann-Whitney test. The result can be summed up that there are the significance differences in initial ability between students who get cooperative learning in Jigsaw dan Contextual types. As any rate, in data analysis of students' affective base on questionnaire, which is given, most of these responses are positive. This is because, the average of neutral affective is most little than students affective.

Penelitian kuasi eksperimen dengan desain kelompok the static group pretest-posttest design ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar matematika siswa antara yang mendapatkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan Kontekstual. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes tulis berbentuk uraian, instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validitas, reliabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran. Analisis data dilakukan dengan uji Mann-Whitney. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan kemampuan awal yang signifikan antara siswa yang mendapatkan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran Kontekstual. Pada analisis data sikap siswa yaitu berdasarkan angket yang diberikan, responnya sebagian besar bernilai positif. Ini terlihat dari rata-rata sikap netral lebih kecil daripada sikap siswa, sehingga dapat disimpulkan bahwa sikap siswa terhadap model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw maupun model pembelajaran Kontekstual mempunyai respon positif.

References

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2010). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Astriyani, N. (2012). Perbandingan Prestasi Belajar Matematika Siswa Antara yang Mendapatkan Hypnoteaching dengan Konvensional. Program Studi Pendidikan Matematika (S1) STKIP. Garut: Tidak diterbitkan.

Bruner, J. (1997). The Process of Education. Cambridge: Harvard University Press.

Cook & Campbell. (1979). Quasi – Experiementation : Design & Analysis Issues for Field Settings. Houghton Mifflin Co.

Dimyanti dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama. (2003). Model – Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Dirjen Dikdasmen.

Gagne. (1977). The Conditions of Learning. Newyork: Holt Rineheart and Winston.

Harianto. (2000). Desain Pembelajaran yang Demokratis dan Harmonis. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hasibuan. (1994). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Isma, N. (2013). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa Antara yang Mendapatkan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TS-TS). Program Studi Pendidikan Matematika (S1) STKIP. Garut: Tidak diterbitkan.

Komalasari, K. (2010). Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.

Lie, A. (2007). Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo.

Mulyana, D. (2006). Metodologi Penelitian Kualitataif. Bandung: Remaja Rosdakaya.

Rahadi, M. (2009) Evaluasi Proses Hasil Belajar Pembelajaran Matematika (PHPM). (tidak diterbitkan).

Rahadi, M. (2010). Penelitian Pendidikan Matematika.

Ruseffendi, E. T. (1998). Statistika Dasar Untuk Penelitian Pendidikan. Ikip Bandung Press.

Ruseffendi, E. T. (2001). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika. Bandung: Tarsito.

Rusman, M. (2011). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: Raja Farindo Persada.

Salkind, N. J. (2006). Exploring Research.

Sanjaya, W. (2007). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenanda Media Group.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Slavin, R. (2005). Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.

Sudjana dan Ibrahim. (2010). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Nusa Media

Sugiyono. (2006). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sulastri, A. (2011). Perbedaan Prestasi Belajar Matematika Antara Siswa yang Mendapatkan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Siswa yang Mendapatkan Model Pembelajaran Inkuiri. Program Studi Pendidikan Matematika (S1) STKIP. Garut: Tidak diterbitkan.

Sunaryo. (1989). Strategi Belajar Mengajar. Malang: IPS IKIP.

Sundayana, R. 2010. Panduan Pratikum Komputasi Data Statistika. Garut: STKIP-Garut Press.

Sundayana, R. 2012. Statistika Penelitian Pendidikan. Garut: STKIP Garut Press.

Syah, M. (2006). Psikologi Belajar. PT. Raja Grafindo Persada.

Widodo. (2009). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Wina, S. (2010). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Grup.

Sumber Lain:

Ayu. 2013. Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. [Online]. Tersedia:

(http://ayukusumadewi.wordpress.com/2013/02/08/pembelajaran-kooperatif-tipe-jigsaw/)

Juli 2013]

Doantara. 2008. Metode Pembelajaran Kooperatif. [Online]. Tersedia:

(http//ipotes.wordpress.com/2008/05/10/metode-pembelajaran-kooperatif)

Januari 2013]

Esa. 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran. [Online]. Tersedia:

(http//dedehnurmiati.blogspot.com/2011/05/teori perkembangan kognitif- piaget.html)

Februari 2013]

NICO. 2010. PrestasiBelajar. [Online]. Tersedia:

(http://elnicovengeance.wordpress.com/2012/09/30/prestasi-belajar)

Januari 2013]

Yahya. 2008. KajianTeoritisPrestasiBelajar. [Online]. Tersedia:

(http://www.scribd.com/doc/17318020/Prestasi-Belajar-Kajian-Teoritis)

Januari 2013]

Downloads

Published

2013-09-30

How to Cite

Lestari, N., & Madio, S. S. (2013). Perbedaan Prestasi Belajar Matematika Siswa Antara Yang Mendapatkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dan Kontekstual: Penelitian Terhadap Mahasiswa Program Studi Matematika STKIP Garut Tahun Pelajaran 2012-2013. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 169–178. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v2i3.301

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.