Perkembangan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) di LPTK Bandung Raya

Authors

  • Yuniawatika
  • Devi Nurul Yuspriyati STKIP Siliwangi Bandung
  • Ibrahim Sani
  • Febriyanti STKIP Siliwangi Bandung

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i3.411

Keywords:

Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI), LPTK

Abstract

Matematika sangat penting untuk menumbuhkembangkan kemampuan berpikir siswa serta menanamkan pendidikan karakter pada diri siswa sehingga dengan kemampuan itu diharapkan peserta didik mampu bertahan hidup dalam keadaan yang tidak pasti dan kompetitif. Namun sampai saat ini sebagian besar siswa tidak menyukai dan bahkan benci dengan matematika karena mereka merasa matematika adalah sesuatu yang membosankan dan menakutkan. terdapat bukti dengan masalah umum matematika seperti rendahnya rata-rata NEM nasional, rendahnya daya saing di ajang internasional serta rendahnya minat belajar matematika. Banyak upaya-upaya yang telah dilakukan oleh pakar pendidikan matematika di Indonesia bahkan di negara-negara maju pun melakukan banyak inovasi-inovasi pendidikan khususnya pada matematika. Indonesia sendiri tengah dipopulerkan Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia atau disingkat PMRI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif yang akan menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari subjek yang diamati. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan metode observasi, metode angket, metode wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini bahwa Perkembangan PMRI di Jawa Barat khususnya Bandung Barat belum berkembang maksimal sesuai yang diharapkan pada saat pertama kali PMRI dikenalkan di Indonesia. Hal ini dapat dilihat hanya beberapa yang menerapkan PMRI itu sendiri di sekolah. Pada saat sekarang ini LPTK-LPTK sudah mulai jarang mengadakan pelatihan/workshop, seminar dan juga penelitian yang bertemakan PMRI. Kemudian ditunjang juga bahwa kurang adanya dukungan dari pemerintah mengenai PMRI. Sehingga, PMRI dalam perkembangannya belum menyebar secara menyeluruh di Bandung Raya.

References

E. T. Ruseffendi, Dasar-dasar Matematika Modern untuk Guru, Bandung: Tarsito, 1984.

U. Sumarmo, (2012, Desember), Pembelajaran Keterampilan Membaca Matematika Pada Siswa Sekolah Menengah, math.sps.upi.edu/?p=64.

S. Hadi, Pendidikan Matematika Realistik, Banjarmasin: Tulip, 2005.

S. Ahyan, (2012, Desember), Sekilas tentang PMRI, http://shahibul1628.wordpress.com/introduction-to-rme/sekilas-tentang-pmri/

E. T. Ruseffendi, 2006.

Sugiyono, Metode Penelitian, Cetakan Kedua belas, Bandung: Alfabeta, 2008.

Downloads

Published

2016-09-30

How to Cite

Yuniawatika, Nurul Yuspriyati, D., Sani, I., & Febriyanti. (2016). Perkembangan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) di LPTK Bandung Raya. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 235–246. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i3.411

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 33 34 35 36 37 38 39 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.