Pembelajaran dengan Strategi Search-Solve-Create-Share untuk Melatih Keterampilan Dasar Mengajar Matematika
DOI:
https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i3.422Keywords:
keterampilan dasar mengajar matematika, pembelajaran dengan strategi search-solve-create-share, mahasiswa calon guruAbstract
Memiliki keterampilan dasar mengajar yang baik dalam mengajarkan konsep matematika masih menjadi kendala bagi beberapa mahasiswa calon guru matematika, padahal keterampilan tersebut merupakan dasar bagi mereka untuk menjadi calon guru yang profesional.Oleh karena itu diperlukan suatu strategi pembelajaran yang dapat memfasilitasi para mahasiswa calon guru dalam mengembangkan dan menguasai keterampilan dasar mengajar matematika.Pembelajaran dengan strategi search-solve-create-share mampu mengoptimalkan keterampilan dasar mengajar matematika para mahasiswa calon guru. Tahap-tahap pada pembelajaran dengan strategi ini mampu memfasilitasi dan mengembangkan komponen-komponen keterampilan dasar mengajar matematika pada para mahasiswa calon guru.
References
Nana Sudjana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009.
Rafika Dwi Rahmatika, Hubungan antara Keterampilan Dasar Mengajar Guru dalam Mengelola Kelas dengan Hasil Belajar IPS Siswa SMP Kelas VII di Kecamatan Dayeuhluhur Kabupaten Cilacap Tahun Pelajaran 2009/2010, Tesis Universitas Negeri Semarang (UNNES), Tidak Diterbitkan, 2011.
Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana, 2009.
E. T. Ruseffendi, Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA, Bandung: Tarsito, 1991.
E. Fitriana, Kemampuan Keterampilan Mengajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Fkip UMS Pada Kegiatan Microteaching Tahun Akademik 2013/2014, Tersedia pada:http://eprints.ums.ac.id/29818/26/ NASKAH_PUBLIKASI.pdf. 2014..
Mulyatun, “Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Calon GuruKimia (Studi Pada Praktik Pengalaman Lapangan Mahasiswa Tadris Kimia)”. Jurnal Pendidikan MIPA Phenomenon Volume 4, Nomor 1, Juli 2014: 79-90. 2014.
Irwan, “Pengaruh Pendekatan Problem Posing Model Search, Solve, Create And Share (SSCS) Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa Matematika”. Jurnal Penelitian Pendidikan Vol. 12 No. 1, April 2011, h.1-13, 2011.
H. Johan, Pengaruh Search, Solve, Create, and Share (SSCS) Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa dalam Merumuskan dan Memilih Kriteria Pemecahan Masalah Pada Konsep Listrik Dinamis, Jurnal Exacta, 10 (2): 140-142, 2012.
H. Johan, Pengaruh Sscs Problem Solving Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Pada Pembelajaran Konsep Listrik Dinamis, Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA Vol. 4.No. 1, Januari 2013:13-18, 2013.
E. L. Pizzini, et al. Rethinking Thinking In the Science Classroom, The Science Teacher: 22-25, Online. Tersedia di http: //acadiau.ca.pdf. 1988.
E. L. Pizzini, Implementation Handbook for The SSCS Problem Solving Instructional Model, Iowa: The University of Iowa, 1996.
Ramson, Model Pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP Pada Topik Cahaya, Tesis, Bandung: FPMIPA UPI, 2010.
Chris Kyriacou, Essential Teaching Skills (Third Edition), Cheltenham: Nelson Thomes Ltd. 2007.
M. Uzer Usman, Menjadi Guru Profesional, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002.
M. Nasution, “Dasar-dasar Keterampilan Mengajar Matematika”, Jurnal Kajian Keislaman Studi Multidisipliner, Volume 1, Nomor 1, 2014: 1-15, 2014
Frasetyana, dkk, “Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Pendidikan Matematika Dalam Pembelajaran Mikro”. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika Vol. 3. No. 4. Juni 2015. hH.383-394. 2015.
L. Mauigoa dan Tekene, “Enhancing Teachers’ Questioning Skills to Improve Children’s Learning and Thinking in Pacific Island Early Childhood Centres”. Journal of Teachers’ Work. 3(1): 12-23, 2006.
D. L. Ball, What Mathematical Knowledge is Needed for Teaching Mathematics. University of Michigan, 2003.
G. Anthony & M. Walshaw, “Characteristics of Effective Teaching of Mathematics: a View from the West”, Journal of Mathematics Education, Vol.2, No.2, December 2009, pp. 147-164, 2009.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2016 Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.