Penerapan Model Active Knowledge Sharing dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII di SMPN 18 Palembang

Authors

  • Eka Fitri Puspa Sari Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i3.423

Keywords:

model pembelajaran Active Knowledge Sharing, keaktifan, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keaktifan dan hasil belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran Active Knowledge Sharing. Subjek penelitian adalah siswa-siswi SMP N 18 Palembang kelas VII1 yang berjumlah 40 orang. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi untuk mengetahui keaktifan siswa setelah diterapkannya model pembelajaran Active Knowledge Sharing. Berdasarkan analisis data observasi diperoleh nilai rata-rata 13,0 dikategorikan tinggi dalam rentang 4-16. Selanjutnya pengumpulan data menggunakan LKS, PR dan tes akhir dilakukan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran Active Knowledge Sharing. Dari hasil belajar yang telah dianalisis diperoleh rata-rata hasil belajar siswa 75,4.

References

Benyamin Bloom, 1982

Melvin Silberman, Active Learning. Bandung: Nusamedia, 2006.

Soedjadi, 2000.

Uzer Usman, Menjadi Guru Profesional, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2009.

Suharsimi Arikunto, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2009.

Downloads

Published

2016-09-30

How to Cite

Fitri Puspa Sari, E. (2016). Penerapan Model Active Knowledge Sharing dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII di SMPN 18 Palembang. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 335–342. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i3.423

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 38 39 40 41 42 43 44 45 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.