Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Tahapan Newman dan Scaffolding pada Materi Aritmatika Sosial

Authors

  • Puji Lestari Susilowati Universitas Kristen Satya Wacana
  • Novisita Ratu Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.470

Keywords:

analisis kesalahan, aritmatika sosial, scaffolding

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kesalahan siswa berdasarkan Tahapan Newman dan scaffolding pada materi aritmatika sosial. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP Pangudi Luhur Salatiga kelas VII. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara klinis. Instrumen penelitian dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dan dibantu oleh instrumen pendukung berupa soal tes dan pedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan mencakup transkrip hasil wawancara, reduksi data, analisis, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kesalahan yang dilakukan siswa pada tipe kesalahan I (reading error) sebesar 8,33%, tipe kesalahan II (reading comprehension difficulty) sebesar 13,64%, tipe kesalahan III (transform error) sebesar 14,39%, tipe kesalahan IV (weakness in process skill) sebesar 31,82%, tipe kesalahan V (encoding error) sebesar 31,82%. Scaffolding yang digunakan untuk mengatasi semua kesalahan hanya sampai pada scaffolding level 2. Scaffolding yang diberikan pada kesalahan tipe I dan II adalah explaining, scaffolding yang diberikan pada kesalahan tipe III adalah explaining dan reviewing. Scaffolding yang diberikan pada kesalahan tipe IV adalah explaining, reviewing, dan restructuring, sedangkan scaffolding yang diberikan pada kesalahan tipe V adalah explaining.

References

Anghileri, J. (2006). Scaffolding Practices that Enhance Mathematies Learning. Journal of Mathematics Teacher Education.

Cahyani, R. (2015). Analisis Kesalahan Berdasarkan Teori Newman dan Pemberian Scaffolding dalam Menyelesaikan Soal Penjumlahan dan Pengurangan Bentuk Aljabar Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 7 Salatiga.

Clement, M. N. (1980). (Analysing Children's Error on Mathematical Task. Educational Studies in Mathematika.

Felayani, M. R. (2013). Pembentukan Karakter dan Pemecahan Masalah Melalui Model Probing Prompting Berbantuan Scaffolding Materi Barisan dan Deret Kelas XI SMK.

Grahita, A. (2014). Identifikasi Kesalahan Siswa dan Pemberian Scaffolding dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Materi Operasi Pecahan Bentuk Aljabar Kelas VII C SMP Pangudi Luhur Salatiga .

Nursalim, D. (2011). Psikologi Pendidikan. Surabaya: Unesa University Press.

Putri, J. D. (2016). Analisis Kesalahan Menurut Newman dan Pemberian Scaffolding pada Materi Luas Segitiga dengan Aturan Sinus dan Cosinus Bagi Siswa XI MIA 1 SMA Kristen Satya Wacana Salatiga.

Rahayu, I. A. (2015). Analisis Kesalahan Menurut Teori Newman dan Pemberian Scaffolding pada Soal Cerita Segitiga dan Segiempat Bagi Siswa Kelas VII SMP Kristen Bendungan Kabupaten Wonosobo.

Setyono, D. (2013). Kesalahan Menyelesaikan Soal Matematika dalam Bentuk Soal Cerita Pokok Bahasan Aritmatika Sosial.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan (pendidikan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Kualitatif Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Widiasa, K. P. (2012). Analisis Tipe Kesalahan Siswa dan Pemberian Scaffolding dalam Menyelesaikan Soal Materi Operasi Bilangan Pecahan Kelas VII C SMP Kristen Satya Wacana Salatiga.

Downloads

Published

2018-01-31

How to Cite

Susilowati, P. L., & Ratu, N. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Tahapan Newman dan Scaffolding pada Materi Aritmatika Sosial. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 13–24. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.470

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.