Analisis Kesalahan Konsep Pecahan pada Siswa Kelas VII A SMP Negeri 13 Satu Atap Tanjungpinang

Authors

  • Alifah Yulianingsih Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Febrian Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Alona Dwinata Universitas Maritim Raja Ali Haji

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i2.501

Keywords:

kesalahan konsep, pecahan, SMPN 13 satap TPI, concept error, fractional

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan konsep pecahan pada siswa dengan menganalisis lebih dalam kesalahan yang siswa lakukan saat mengerjakan beberapa soal yang diberikan, sehingga studi ini mengambil desain studi kasus, dengan mengambil subjek studi siswa kelas VII A SMP Negeri 13 Satu Atap Tanjungpinang yang berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes dan wawancara, tes yang digunakan merupakan tes jawaban singkat dan tes uraian yang berjumlah 14 soal dengan indikator soal yang berbeda-beda, untuk membantu peneliti mengetahui lebih dalam  cara berfikir siswa saat mengerjakan tes maka digunakan instrumen wawancara terstruktur terbuka dengan bantuan alat perekam suara (audio recorder). Hasil analisis yang dilakukan ditemukan bahwa siswa melakukan kesalahan konsep dihampir semua soal dengan persentasi kesalahan di soal 1 sebesar 62%, soal 3 sebesar 80%, soal 4 sebesar 25%, soal 5 sebesar 50%, soal 6a dan 6c sebesar 83%, soal 6b, 6d, 6e sebesar 100%, dan soal cerita di soal 8 dan 9 sebesar 86% dan 7%.

This study aims to find out the fraction of the concept of fractions in students by analyzing more in the mistakes that students make while working on some given questions, so this study takes the case study design, by taking the subject of the study of class VII A SMP Negeri 13 Satu Atap Tanjungpinang which amounted to 30 people. The instruments used were tests and interviews, the tests used were a short answer test and a 14-description test with different problem indicators, to help researchers know more about the way students think when doing the test and then used an open structured interview instrument with the help audio recorder. The result of the analysis found that the students made the mistake of the concept in almost all the problems with a percentage of error in problem 1 at 62%, problem 3 at 80%, problem 4 at 25%, about 5 by 50%, about 6a and 6c by 83% 6b, 6d, 6e by 100%, and the story in problem 8 and 9 is 86% and 7%.

References

Arifani, N.H., As’ari, A.R., & Abadyo. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Timss Menurut Teori Newman: Studi Kasus Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Tanjungbumi Bangkalan. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY. Yogyakarta. 05 November 2016.

Arifin, Z. (2014). Evaluasi Pembelajaran: Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Hadar, M.N,. Zaslavsky, O,. & Inbar, S. (1987). Journal for Research in Mathematics Education. An Empirical Classification Model for Errors in High School Mathematics. 18(1). 3-14.

Hadi, S. (2016). Pembelajaran Konsep Pecahan Menggunakan Media Komik Dengan Strategi Bermain Peran Pada Siswa SD Kelas IV Semen Gresik. Diunduh Pada Tanggal, 20.

Prabawati, M. N. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematik Mahasiswa Calon Guru Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 113–120.

Rawambaku, H. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan: Dasar-Dasar Analisis Dan Pengolahan Data Statistik. Jakarta: Libri.

Runtukahu, J.T., & Kandou, S. (2014). Pembelajaran Matematika Dasar Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Suryaningrum, E. A., & Febrian, F. (2016). Dual Mode Error Analysis: Penyelesaian Permasalahan Luas Permukaan Serta Volume Prisma Dan Limas Siswa Kelas Viii Smp. Jurnal Gantang, 1(2), 25–38.

Downloads

Published

2018-05-30

How to Cite

Yulianingsih, A., Febrian, & Dwinata, A. (2018). Analisis Kesalahan Konsep Pecahan pada Siswa Kelas VII A SMP Negeri 13 Satu Atap Tanjungpinang. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 199–206. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i2.501

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.